Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Kontemplasi Diri

Hidup yang menuntut serba cepat membuat harimu seperti robot. Bergerak dari aktivitas satu ke aktivitas lain tanpa meluangkan waktu sedikit saja untuk dirimu. Mobilitas yang semakin padat membuatmu lupa pentingnya kontemplasi. Biar hidupmu enggak seperti robot, berikut 5 tips yang perlu kamu lakukan ketika kontemplasi diri.

1. Memikirkan Kembali Tujuan Hidup

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Kontemplasi Diri
via pexels.com

Hampir semua orang memiliki tujuan hidup. Kebanyakan dari mereka pasti ingin hidup yang bahagia. Untuk mewujudkan itu, kamu menjadi pekerja keras. Tak ada yang salah, malah bagus agar mimpimu semakin dekat.

Tapi jika keseharianmu sudah penuh dengan rutinitas yang justru membuatmu lupa pada tujuan hidup, sebaiknya pikirkan kembali apakah selama ini langkahmu sudah mengarah ke tujuan awal? Coba luangkan waktu sekitar 10-25 menit untuk merenung apa yang sudah kamu lakukan seharian, dan apa yang mesti dikejar besok saat hendak tidur dengan suasana lampu kamar yang temaran.

2. Cari Tahu Kekurangan dan Kelebihan Diri

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Kontemplasi Diri
via pexels.com

Mendikte kekurangan diri berbeda dengan mengetahui kelebihan diri. Jika kelebihan diri bisa kamu dapatkan dengan pujian yang datang dari rekan kantor, teman, atau saudara, maka tak ada salahnya kamu juga meminta mereka untuk menyebutkan apa saja kekuranganmu selama ini.

Dengan begitu, kamu akan melihat dirimu yang lain dari kacamata orang lain yang bisa saja tidak kamu sadari sebelumnya. Sebelum mengakhiri percakapan dengan mereka, pastikan tanya langkah apa yang harus kamu ambil untuk mengubah kekurangan itu menjadi suatu kelebihan.

3. Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Kontemplasi Diri
via pixabay.com

Mengakui kesalahanmu adalah sikap paling bijak. Dengan menyadari bahwa ada tindakan yang seharusnya tidak boleh kamu lakukan. Besoknya, kamu akan memfilter diri agar bertindak tidak ceroboh lagi.

4. Menertawakan Hidup dan Bersyukur

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Kontemplasi Diri
via pexels.com

Salah satu refleksi dalam diri ketika sendiri adalah dengan menertawakan nasib. Kehidupan berat yang selama ini kamu jalani akan terasa ringan jika kamu menertawakannya. Mungkin akan ada semacam drama, di mana kamu meratapi dulu tapi kemudian, ketika kamu berhasil menertawakan kehidupanmu sendiri, artinya kamu berhasil mengatasinya.

Sementara mensyukuri kehidupan yang sedang kamu jalani akan membuatmu menjadi pribadi yang tak gampang mengeluh. Jadi, mulai sekarang, ketika kamu ingin merenungi nasibmu, jangan lupa bersyukur pada apa yang sudah kamu dapatkan selama ini.

5. Sudahkah Bermanfaat Bagi Orang Lain?

via pixabay.com

Yang tak boleh ketinggalan dari proses kontemplasi adalah rasa berbagi. Apakah kesibukan yang selama ini kamu jalanin sudah memberikan manfaat bagi orang lain di sekitar, misalnya keluarga, tetangga, dan teman? Jika belum, segera pikirkan tindakan apa yang mesti kamu lakukan untuk bisa bermanfaat bagi mereka, sebab, tanpa dukungan mereka, mungkin kamu tidak bisa seperti sekarang.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat kontemplasi diri. Tak hanya saat sendiri, saat bersama teman atau di jalanan sekalipun bisa menjadi waktu bagimu merefleksikan diri.


 

Leave a Reply