Productivity Hacks: 12 Cara Menghasilkan Konten Secara Cepat

Kamu yang mengaku sebagai seorang penulis pasti pernah mengalami writer’s block atau kesulitan menghasilkan konten yang bagus. Pasalnya menulis adalah pekerjaan kreatif yang idelanya tidak bisa dipaksa dan tergantung pada mood. Namun tentu saja kalau kamu sehari-hari harus menghasilkan konten dan seringkali dipaksa menuruti deadline, tentu saja tidak bisa mengikuti mood. Artikel ini cocok bagi kamu yang melakukan pekerjaan di bidang tulis-menulis dan seringkali harus berpacu dengan deadline. Ternyata ada tips dan trik cara menulis cepat. Yuk intip bagaimana cara menghasilkan konten secara cepat!

1) Menulislah Saat Kamu Mendapatkan Serangan ‘Grogi’

Productivity Hacks: 12 Cara Menghasilkan Konten Secara Cepat
flickr.com

Riset mengatakan saat kita grogi dan tertekan atau terburu-buru kita justru akan lebih kreatif. Hal ini disebut  last minutes writing. Jika kita merupakan orang yang suka begadang, coba menulis lebih awal. Tetapi jika kita orang yang suka menyelesaikan pekerjaan di bawah jam delapan malam, coba menulis saat menjelang tidur. Dijamin di waktu-waktu tertekan seperti itu kita lebih cepat menghasilkan tulisan.

2. Menulis Adalah Pilihan

Menulis atau tidak sama sekali! Jadikan itu motto dan kebiasaanmu! Dengan mind set yang tepat bahwa menulis adalah pilihan, kamu dikondisikan untuk berkomitmen dan bertanggung jawab atas pilihanmu. Jangan heran kalau tiba-tiba produktivitasmu meningkat.

3. Nyalakan Timer

Productivity Hacks: 12 Cara Menghasilkan Konten Secara Cepat
via pxhere.com

Untuk bisa fokus dan tidak terdistraksi oleh hal-hal lain seperti membalas mention Twitter atau menonton video kucing ada baiknya kita menyalakan timer selama 25 menit untuk membantu kita fokus. Dalam waktu tersebut kita dilarang melakukan hal selain fokus menulis. Setelah 25 menit kita usai nyalakan timer lagi sampai tiga kali dan kita layak mendapatkan istirahat berupa distraksi menyenangkan seperti membaca gosip terhangat di Instagram.

4) Berkomitmen Terhadap Tulisan Kita

Bagaimana caranya? Dengan membuat writing plan. Biasakan untuk menulis rencana kita malam hari sebelum tidur lalu pada esoknya kita siap menyelesaikan pekerjaan kita itu.

5) Mengendapkan Tulisan

Productivity Hacks: 12 Cara Menghasilkan Konten Secara Cepat
via pixabay.com

Self editing diperlukan untuk memperbaikan berbagai kesalahan yang kita tulis. Lakukan itu setelah tulisan kita selesai namun, kita membutuhkan waktu istirahat sebelum membaca ulang tulisan kita. Inilah yang dimaksud dengan mengendapkan tulisan.

6) Bagi Rencana Dalam Tahapan-Tahapan Kecil

Dengan mengerjakan hal-hal kecil tanpa kita sadari kita akan menyelesaikan pekerjaan yang besar. Agar kita bisa melihat progress pekerjaan kita ada baiknya membaginya ke dalam tahapan-tahapan kecil mulai dari outline, proses menulis, revisi, dan editing. Dalam satu waktu selalu fokus untuk menuntaskan satu pekerjaan sebelum berpindah ke pekerjaan yang lainnya.

7) Usahakan Untuk Selalu Memiliki Mood Menulis Yang Bagus

Productivity Hacks: 12 Cara Menghasilkan Konten Secara Cepat
via pixabay.com

Lakukan berbagai ritual dan aktifitas yang dapat meningkatkan mood dan produktifitasmu. Sebaliknya hindari hal-hal yang membuatmu malas dan menurunkan tingkat profuktifitasmu. Menulis itu seni, dan seni tidak bisa dipaksa.

8) Hindari Melakukan Riset Saat Sedang Menulis

Lakukan riset sebelum kamu memulai menulis. Kamu bisa memperbaiki kekurangan tulisanmu setelah kamu selesai menulis. Jika kamu terlalu lama melakukan riset saat sedang mengerjakan tulisanmu, niscaya tulisanmu itu tidak akan pernah selesai.

9) Buat Jembatan Untuk Tulisanmu Selanjutnya

Menghubungkan satu tulisan dengan tulisan yang lain selain menyenangkan juga membuat kita selalu memiliki ide-ide segar. Apa yang dimaksud dengan jembatan tulisan? Jembatan tulisan adalah penghubung dalam transisi satu kalimat atau paragraf atau bab ke lainnya. Bagaimana cara bikinnya? Gampang kok, mbah Google selalu siap membantu.

10) Selamatkan Draft-mu Yang Jelek

Productivity Hacks: 12 Cara Menghasilkan Konten Secara Cepat
via pixabay.com

Tidak menyelesaikan project menulis yang kita buat adalah hal terburuk yang dapat dilakukan oleh seorang penulis. Ambil draft tulisan yang menurutmu jelek, olah ulang, perbaiki dan selesaikan. Hal ini juga bisa meningkatkan kedewasaanmu sebagai penulis.

11) Slow Down

Setelah tadi kita bekerja dengan sangat cepat saatnya kita melambatkan  proses bekerja kita. Rilekskan pikiran yang jenuh, karena pikiran yang segar bagi penulis adalah hal yang penting. Sesekali diam untuk memijat-mijat kepala dan rileks tidak ada salahnya sebelum melanjutkan bekerja, asalkan kita sadar dengan timing dan tidak terlalu larut di sini.

12) Brain Exercise

Untuk mengoptimalkan performa kita dalam menulis, olah raga otak sebagaimana mengistirahatkannya sangat diperlukan.  Apa yang harus kamu lakukan untuk olah raga otak? Banyak sekali. Dari bermain puzzle, bermain game strategi sampai belajar bahasa asing bisa kamu lakukan. Sesuaikan saja dengan kondisi dan kesukaanmu.


 

Leave a Reply