Tips Aman Menggunakan Earphone

Kamu yang sering mengisi waktu mendengarkan musik pasti akrab dengan alat yang satu ini. Earphone memang sangat penting saat kita ingin mengusir rasa bosan baik di rumah, kantor ataupun saat macet di kendaraan umum. Namun, kadang kita enggak sadar kalau kita sudah menggunakannya terlalu lama. Bukan mau menakut-nakuti, tapi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, infeksi telinga sampai tuli. Berikut adalah tips aman menggunakan earphone yang harus kamu perhatikan agar terhindar dari gangguan pendengaran:

1.     Jenis Alat Pendengar

Alat pendengar portabel yang kita kenal dengan nama earphone ini mempunyai bentuk yang kecil dan simpel sehingga mudah dibawa di dalam tas ataupun kantong. Tak ayal banyak orang yang membawa alat ini kemana saja ketika mereka pergi.

Tips Aman Menggunakan Earphone
Jenis-jenis alat pendengar via aganponsel.com

Selain earphone ada jenis alat pendengar lainnya yang dapat kamu gunakan seperti:

  • Headphone bentuknya lebih besar dan menutupi telinga
  • Handsfree dilengkapi dengan microphone yang sering kita gunakan apa bila terhubung dengan gawai
  • Backphone sama seperti headphone namun dipasang dari belakang kepala.
  • Headset adalah alat pendengar yang terhubung dengan PC.

Dibandingkan dengan earphone, menggunakan headphone dianggap lebih baik karena saat menggunakannya telinga kamu masih terkena udara. Selain itu, saat daun telinga dan kepalamu merasakan panas atau sakit, kamu akan melepas headphone-mu. Sedangkan earphone lebih enggak terasa sehingga dapat tinggal di telingamu lebih lama.

2.     Cara Penggunaan

Tips Aman Menggunakan Earphone
cara memakai earphone yang benar via thesun.co,uk

Walaupun pemakaiannya sangatlah sederhana, namun masih banyak orang yang enggak mengetahui cara penggunaan earphone yang benar. Penggunaan earphone yang benar adalah dengan memasangnya dari arah belakang ke depan lubang telinga dengan cara melilitkannya di daun telinga. Cara ini bertujuan agar earphone enggak gampang jatuh.

Ada beberapa kondisi yang enggak dianjurkan untuk menggunakan alat ini, yaitu:

  • Saat gawaimu sedang mengisi daya. Di saat mengisi daya, maka aliran listrik statis dapat mengalir ke dalam tubuh melalui alat pendengar.
  • Ketika kamu akan tidur. Durasi tidur yang lebih dari satu jam akan membuat telingamu tersiksa dengan suara yang keluar dari alat pendengar ini. Otakmu juga jadi enggak bisa beristirahat.
  • Saat lingkungan sedang ramai seperti stasiun kereta, terminal bis, atau di pesawat terbang. Di kondisi ini, kamu akan cenderung menaikkan volume earphone agar suara dari luar enggak terdengar. Namun, volume yang keras ini akan meningkatkan resiko telingamu mengalami gangguan pendengaran yang permanen atau bahkan tuli.
  • Saat menyetir kendaraan. Situasi ini enggak saja berbahaya bagi kesehatan pendengaranmu, namun juga keselamatanmu. Ketika kamu menggunakan earphone, maka kamu enggak akan menyadari situasi yang ada disekelilingmu seperti suara klakson atau suara orang.

3.     Volume

Tips Aman Menggunakan Earphone
Jangan pasang volume earphone-mu melebihi 60% atau 80db via pixabay.com

Walaupun earphone dikhususkan untuk mendengar secara pribadi, namun kamu enggak bisa menaikkan volume suara seenaknya. Ketika mendengarkan musik melalui alat pendengar ini sebaiknya volume yang dipasang enggak melebihi 60% persen atau 80 desibel agar telinga enggak nyeri atau sakit.

4.     Durasi

Tips Aman Menggunakan Earphone
Pasang timer untuk menghentikan musik apabila melewati batas aman via gadgethacks.com

Perhatikan durasi pemakaian earphone-mu. Pemakaian earphone dalam waktu yang lama akan mengganggu pendengaran. Lamanya pemakaian yang disarankan adalah selama 1 jam per hari.

Apabila kamu memakai alat ini dengan durasi yang lama, berikan waktu istirahat untuk telingamu selama ½ sampai 1 jam. Kalau enggak, maka telingamu beresiko mengalami gangguan pendengaran.

5.     Perawatan

Tips Aman Menggunakan Earphone
Bersihkan earphone-mu secara rutin via imore.com

Walaupun kamu jarang memakai alat yang satu ini, pastikan kalau earphone-mu selalu dibersihkan dari debu, kotoran dan juga minyak. Hal ini enggak saja bertujuan untuk kebersihan semata, tapi juga kesehatan telinga dan kualitas suara yang dihasilkan oleh earphone.

Kamu bisa melepas karet penyumpal pada earphone, kemudian membersihkan lempengan besi dan lubang karetnya. Lalu bersihkan lubang pada earphone dengan cotton bud atau kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol atau sikat gigi yang halus.

Apakah kamu mempunyai tips lainnya untuk menggunakan earphone dengan aman dan nyaman? Beri tahu kami di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply