5 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki oleh Staf HRD

Divisi Human Resources Develompent (HRD) adalah salah satu divisi terpenting yang tugasnya menangani manajemen sumber daya karyawan perusahaan. Tentunya menangani SDM tidaklah mudah. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh staf HRD untuk melakukan kerjanya.

Tugas utamanya dimulai dari rekruitmen karyawan, administrasi personalia, pelatihan dan pengembangan karyawan, hingga mengurus kompensasi dan tunjangan karyawan. Bagi kamu yang ini bekerja sebagai staf di Divisi HRD, yuk cek beberapa kemampuan dasar yang wajib kamu miliki berikut.

1.     Mulitasking dan Multitalent

5 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki oleh Staf HRD
via pixabay.com

Pekerjaan HRD sendiri beragam dan paling berhubungan dengan banyak orang. Karyawan HRD tak hanya fokus di satu pekerjaan saja.  Seperti dalam proses perekrutan karyawan, mereka juga harus mengatur jadwal wawancara calon karyawan, menyiapkan tes, menyiapkan pelatihan, dan melakukan pengawasan.

Kesemuanya dilakukan hampir bersamaan dan tidak saja mengandalkan ilmu manajemen tapi juga psikologi. Oleh sebab itu, karyawan HRD dituntut untuk menguasai kemampuan multitasking dan multitalent di dalam sebuah perusahaan.

2.     Penyelesaian Konflik dan Menemukan Solusi Masalah

5 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki oleh Staf HRD
via pixabay.com

Berurusan dengan para karyawan memang agak sulit untuk dilakukan. Staf HRD sendiri berfungsi untuk menciptakan suasana nyaman dan kondusif untuk para pegawai perusahaan.

Sangat penting bagi kamu yang bekerja di divisi HRD untuk mencari solusi terhadap sebuah permasalahan yang sedang terjadi. Kamu harus bisa mencari win-win solution dan tidak memihak pada siapapun. Jangan sampai seorang staf HRD malah menambah runyam permasalahan.

3.     Manajemen Organisasi

5 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki oleh Staf HRD
via pixabay.com

Memiliki hubungan lebih dengan para karyawan memang menjadi makanan sehari-hari seorang staf HRD. Tak ayal, beberapa karyawan memang memiliki penilaian dan pemikiran sendiri.

Perbedaan kepala masing-masing itulah yang menyebabkan munculnya sebuah ego di dalam suasana kantor. Maka, seorang staf HRD harus professional dalam menghadapi sebuah konflik masing-masing individu. Mereka wajib memiliki sikap tegas dan disiplin.

4.     Fokus pada Sebuah Pekerjaan

5 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki oleh Staf HRD
via pixabay.com

Seperti yang diketahui, pekerjaan staf HRD memang sangat berat dan banyak. Selain itu, pekerjaan divisi ini juga berbeda-beda. Oleh karenanya, staf HRD haruslah fokus dengan setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Minimal, mereka harus teliti dan mencatat apa saja yang sudah dikerjakan. Setelahnya, lakukan evaluasi terhadap hasil, apakah sudah maksimal atau tidak. Lakukanlah secara terus menerus untuk meminilarisir kesalahan dalam bekerja.

5.     Bijaksana

5 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki oleh Staf HRD
via pixabay.com

Sudah tak asing lagi jika staf HRD menjadi tempat pelampiasan untuk para karyawan perusahaan. Divisi HRD lah yang menjadi jembatan antara seorang karyawan dengan berbagai jabatan di setiap divisi.

Untuk itu, seorang karyawan HRD haruslah professional, adil, serta mampu menjaga rahasia. Jangan sampai hal yang sudah kamu lakukan malah merugikan banyak pihak.

Jika kamu ingin melamar menjadi staf HRD, cobalah memiliki sifat-sifat di atas. Selamat mengasah kemampuan!


 

Leave a Reply