5 Mitos Entrepreneurship yang Perlu Kamu Waspadai

Nampaknya entrepreneurship sedang naik daun saat ini. Setiap orang bercita-cita memiliki bisnis sendiri dan setiap elemen masyarakat sepertinya mendukung sekali lahirnya bisnis-bisnis baru. Sayangnya, hal ini memunculkan berbagai mitos entrepreneurship yang bikin banyak orang malah salah kaprah. Banyak yang akhirnya merasa salah mengambil keputusan atau bahkan bangkrut! Biar kamu enggak buru-buru terjun bebas ke dunia entrepreneurship, yuk baca dulu yang di bawah ini.

1. Bebas stres kerja

5 Mitos Entrepreneurship yang Perlu Kamu Waspadai
via pxhere.com

Banyak yang memulai entrepreneurship karena sudah bosan dan capek dengan stres kerja di kantor. Mereka merasa hidupnya terbuang sia-sia duduk di meja sepanjang hari. Banyak yang akhirnya tergiur untuk memiliki bisnis sehingga bisa menentukan jam kerjanya sendiri. Muncullah mitos bahwa menjadi entrepreneur berarti bebas dari stres kerja.

Jadi entrepreneur enggak menjamin hidupmu jadi lebih bebas stres dan bahagia. Seseorang bisa saja bahagia bekerja sebagai pegawai.  Banyak entrepreneur sukses bahkan mulai merintis bisnisnya baru setelah sukses menjadi pegawai.

Banyak yang sebenarnya lebih bahagia bekerja kantoran tanpa ketidakpastian, resiko usaha dan beban seorang entrepreneur. Jadi, sebelum buru-buru keluar kerja untuk jadi entrepreneur, sebaiknya pastikan dulu apa komitmen yang bersedia kamu ambil.

2. Entrepreneur adalah single fighter

5 Mitos Entrepreneurship yang Perlu Kamu Waspadai
via pexels.com

Ada yang bilang kalau jalan hidup seorang entrepreneur adalah jalan yang sepi. Katanya, seorang entrepreneur harus berjuang sendirian untuk bisa sukses. Semua orang memang harus bergantung pada kemampuan sendiri, namun sesungguhnya entrepreneurship membutuhkan upaya tim.

Studi membuktikan bahwa kerja tim lebih mungkin sukses daripada usaha individu. Begitupun entrepreneur yang sukses adalah mereka yang memiliki kemampuan bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain untuk mengembangkan bisnisnya. Kalau kamu mau jadi entrepreneur yang sukses, kamu harus mengembangkan jaringan yang kuat dan dukungan dari tim yang solid.

Kalau kamu enggak punya rekan bisnis buatlah lingkaran pertemanan atau komunitas yang bisa mendukung impianmu. Bergabunglah dengan komunitas entrepreneur di daerahmu atau sewa co-working space yang cocok dengan bisnismu agar bisa bertemu dengan banyak orang yang sesuai dengan impianmu.

3. Harus menciptakan sesuatu yang baru

5 Mitos Entrepreneurship yang Perlu Kamu Waspadai
via wikimedia.org

Banyak yang berpikir bahwa mereka enggak akan bisa sukses berbisnis kalau enggak menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. Padahal itu enggak benar. Suatu bisnis bisa sukses karena mampu mengidentifikasi kelemahan jasa lain dan memberikan apa yang pelanggan mau. Suatu bisnis juga bisa menonjol di antara bisnis serupa lainnya karena menerapkan teknologi terbaru.

Coba lihat Google dan Facebook. Google melampaui mesin pencari yang sudah ada lebih dulu karena mampu memecahkan kekurangan pendahulunya. Facebook juga menjadi media sosial terbesar karena mampu memberikan yang lebih baik dari media sosial yang sudah ada dari dulu.

Jadi, kalau ide bisnismu sudah dilakukan oleh perusahaan lain, jangan menyerah. Cari kelemahan bisnis yang sudah ada untuk memberikan yang lebih baik, atau pelajari arah tren untuk menemukan ide bisnis yang lebih baik.

4. Pendidikan tinggi tidak penting dalam berbisnis

5 Mitos Entrepreneurship yang Perlu Kamu Waspadai
Via pexels.com

Pasti enggak sekali dua kali kamu dengar kalau seorang entrepreneur itu yang penting pengalaman dan keahliannya, bukan ijazahnya. Padahal studi membuktikan bahwa perusahaan yang dibangun oleh lulusan perguruan tinggi menghasilkan penjualan dan penyerapan tenaga kerja dua kali lebih banyak daripada perusahaan yang dibangun oleh non lulusan perguruan tinggi.

Faktanya, seorang entrepreneur lebih baik jika mampu menyelesaikan pendidikan primer. Ranking universitas atau bidang kuliah enggak berperan terlalu signifikan untuk kesuksesan entrepreneur.  Suka enggak suka, edukasi seorang pendiri perusahaan memang mempengaruhi tingkat kesuksesan suatu bisnis.

5. Kalau sesuai passion pasti sukses

5 Mitos Entrepreneurship yang Perlu Kamu Waspadai
via pxhere.com

Mitos terakhir ini rasanya paling sering kita dengar. Sayangnya, mitos ini juga paling sering menghasilkan korban. Mengikuti passion-mu tanpa memahami realitas dan resiko bisnis sama saja mencari masalah.

Beberapa orang berhasil membuat bisnis yang sesuai passion-nya dan sukses mendulang keuntungan. Orang-orang lainnya bekerja dulu di suatu perusahaan sampai memiliki kemampuan finansial untuk membuat bisnis yang sesuai passion-nya. Dua-duanya sah-sah saja. Yang kamu harus hindari adalah mengejar passion tanpa memiliki pasar dan pengetahuan yang tepat lalu bangkrut dan harus bekerja di pekerjaan yang enggak kamu sukai.

Nah bagaimana dengan kamu sendiri? Siap untuk mulai berbisnis tanpa diganggu oleh mitos-mitos yang salah? Ingat selalu, mulailah bisnis dengan alasan dan pengetahuan yang tepat. Semangat!


 

Leave a Reply