5 Cara Mudah Hidup Hemat Tanpa Harus Menderita

Banyak cara mudah hidup hemat, tapi kebanyakan orang berpikir bahwa hidup hemat pasti menderita. Sesungguhnya kita bisa melakukan hal-hal kecil yang mudah agar bisa berhemat. Uang yang tadinya keluar untuk hal tidak perlu, dapat dimanfaatkan untuk ditabung.

Dengan menabung, keuangan kita akan menjadi baik dan masa depan kita akan terjamin. Selain itu, apabila terjadi hal darurat, kita tidak perlu panik karena telah memiliki uang cadangan. Berikut 5 cara mudah hidup hemat yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Bawa botol minum dari rumah

5 Cara Mudah Hidup Hemat Tanpa Harus Menderita
Botol minum. Photo by Tofros.com from Pexels

Membeli minum air mineral sebotolnya seharga Rp 3.000 – Rp 4.000. Untuk seharinya kamu bisa menghabiskan 2 botol. Pengeluaranmu akan bertambah sekitar Rp 7.000 hanya untuk air mineral.

Biasakan membawa botol minum dari rumah yang sudah diisi penuh jika ingin keluar rumah termasuk ketika berjalan-jalan. Dengan membawa botol minum, kamu dapat mengisinya apabila sedang di rumah teman atau apabila ada fasilitas penyediaan air minum gratis.

Membawa persediaan air pun akan mencegah kamu membeli minuman ketika sedang berada di cafe/mall. Air mineral disana cukup menguras dompet karena harganya sekitar Rp 15.000 – Rp 40.000

2. Bawa bekal dari rumah

5 Cara Mudah Hidup Hemat Tanpa Harus Menderita
Bekal makan siang via pixabay.com

Sebelum berpergian, makanlah dahulu di rumah. Hal ini berguna untuk mengurangi pengeluaranmu. Perut yang kenyang pun dapat mengantisipasi kamu untuk jajan-jajan makanan dan menghindari laper matamu.

Apabila masih merasa kenyang sebelum berangkat, kamu dapat membawa makanan bekal yang dapat dimakan nanti. Untuk kamu yang terpaksa membeli makanan karena tidak ada makanan di rumah, kamu dapat memilih membeli makanan di warteg atau pedagang di pinggir jalan agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

3. Bawa uang tunai secukupnya

5 Cara Mudah Hidup Hemat Tanpa Harus Menderita
Bawa uang tunai secukupnya. Photo by Jess Watters from Pexels

Tentukan budget pengeluaranmu, usahakan untuk menggunakan uang di bawah budget yang telah ditentukan. Ketika ingin keluar rumah, bawalah uang tunai secukupnya sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

Hal ini dilakukan untuk menghindari membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Uang dari hasil penghematanmu juga dapat kamu tabung sehingga tabunganmu terus bertamabah banyak.

4. Hemat dalam berbelanja

5 Cara Mudah Hidup Hemat Tanpa Harus Menderita
Daftar barang yang ingin kamu beli via wikipedia

Sebelum berbelanja, buatlah terlebih dahulu daftar barang yang ingin dibeli. Cobalah untuk berbelanja sesuai dengan daftar yang telah dibuat. Kamu boleh memanfaatkan potongan harga apabila barang tersebut memang barang yang kamu butuhkan. Jangan sampai tergiur barang promo yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

5. Bataskan kebiasaan hangout

5 Cara Mudah Hidup Hemat Tanpa Harus Menderita
Main game di rumah nggak kalah seru. Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Tentukan berapa kali kamu kongkow di luar, contohnya maksimal 1-2x dalam sebulan. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaranmu karena pengeluaran hangout bisa dibilang cukup banyak, mulai dari transportasi, makan dan minum. Selain itu, kamu juga akan tergiur untuk membeli barang-barang menarik hati yang kamu mungkin lihat.

Apabila enggak hangout, kamu dapat menghabiskan waktu dengan hiburan rumahan seperti menonton tv atau bermain game. Kamu pun dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengerjakan tugas atau untuk mengembangkan hobimu.

Demikian lima cara untuk menghemat pengeluaranmu sehingga uang atau tabunganmu dapat menjadi lebih banyak. Dari tips diatas, tips mana yang belum kamu lakukan?

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply