5 Keluarga Bawang dan Manfaatnya

Makanan Indonesia terkenal kaya dengan aneka rempah-rempah. Salah satu rempah-rempah yang paling sering digunakan untuk masakan tentu saja adalah bawang. Berbagai macam bawang umum digunakan untuk memberikan rasa dan harum yang menggoda.

Bahkan, kalau harus menyebut masakan Indonesia yang enggak menggunakan bawang, kita mungkin akan mengerutkan dahi dan berpikir keras. Walaupun setiap hari kita memakannya, tahukah kamu macam-macam keluarga bawang dan manfaatnya? Kalau enggak, baca terus karena kamu perlu tahu.

1.     Bawang Merah

5 Keluarga Bawang dan Manfaatnya
via pixabay.com

Bagi yang suka makan baso atau nasi uduk pastinya enggak mau melewatkan taburan bawang merah goreng yang wangi dan renyah di atasnya. Bawang merah yang digunakan untuk masakan biasanya akan menambah enak dan wangi pada makanan.

Selain itu manfaat bawang merah masih banyak loh. Tumbuhan ini memiliki kandungan flavanol, polifenol, vitamin C, potasium, fola, vitamin A, vitamin B6, dan Mangan.

Kandungan tersebut memberikan banyak manfaat dalam memperbaiki sirkulasi dan metabolisme darah merah, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung dan mengontrol diabetes. Bawang merah juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan mejaga kestabilan hormon.

2.     Bawang Putih

5 Keluarga Bawang dan Manfaatnya
via pixabay,com

Para penggemar Drakor pasti sudah tahu kalau di drama-drama Korea mereka sering memasukkan bawang putih ke dalam gulungan daun dan daging yang kemudian dimakan. Nah ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Tumbuhan ini kaya akan nutrisi dan kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan Mangan untuk meningkatkan imun tubuh dan mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti Jantung, Kolesterol, Kanker, Alzheimer dan Demensia.

Kalau kamu menginginkan kulit yang halus dan rambut yang indah seperti orang Korea, kamu harus rajin mengkonsumsi bawang putih untuk melindungi kerusakan sel-sel tubuh dan mencegah penuaan dini.

3.     Bawang Bombai

5 Keluarga Bawang dan Manfaatnya
via pixabay.com

Di Indonesia bawang bombai enggak digunakan sebanyak bawang merah atau bawang putih. Namun makanan akan terasa lebih enak dan wangi jika menggunakan bawang yang satu ini.

Walau jarang digunakan pada makanan sehari-hari, bawang yang satu ini memiliki banyak manfaat seperti menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah sembelit, anti virus. Selain itu bawang bombay dapat menormalkan kadar asam lambung di dalam lambung, memperkuat tulang karena ada kandungan kalsium dan meningkatkan Hemoglobin (Hb).

Nah kalau kamu ingin kulitmu bebas dari jerawat, kamu bisa menggunakan bawang bombai sebagai obat jerawat dan juga sebagai masker untuk mencegah kulit kering. Tapi jangan sampai kena mata ya saat menggunakannya di wajah.

4.     Daun Bawang

5 Keluarga Bawang dan Manfaatnya
via pixabay.com

Banyak makanan yang menggunakan daun bawang sebagai taburan seperti mie ayam atau bubur ayam. Untuk kamu yang enggak suka pakai taburan daun bawang, mungkin kamu harus coba untuk menggunakannya sesekali karena daun bawang mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh.

Dengan memakan daun bawang dapat mencegah penyakit anemia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi ibu hamil memakan daun bawang yang mengandung asam folat akan sangat berguna untuk perkembangan janin. Tumbuhan ini juga bagus untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A.

5.     Daun Kucai

5 Keluarga Bawang dan Manfaatnya
via pixabay.com

Kucai atau daun kucai ini lebih sering digunakan di makanan khas Tiongkok. Tumbuhan satu ini kaya dengan kandungan mineral dan vitamin. Memasukkan daun kucai ke dalam makanan enggak hanya memberikan rasa yang lezat, tapi juga dapat meningkatkan nafsu makan, membantu pencernaan, menjaga kesehatan hati, lambung , dan mata.

Nah, sudah tahu kan kalau keluarga bawang di atas enggak hanya membuat masakan enak tapi juga dapat menjaga kesehatanmu? Dari lima keluarga bawang di atas, mana yang paling kamu suka dan sering gunakan?


 

Leave a Reply