Inilah Pendiri dari 5 Aplikasi yang Sering Digunakan di Gadgetmu

Ingin Coba Bisnis tapi Selalu Gagal? Yuk Coba Tanyakan 5 Hal Ini ke Dirimu

Sekarang ini semakin banyak aplikasi yang berseliweran. Pasalnya aplikasi-aplikasi ini banyak yang gratis dan dapat diunduh sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Beberapa aplikasi tersebut sudah sangat kita kenal dalam keseharian karena digunakan banyak orang. Setiap harinya aplikasi-aplikasi ini membantu kita untuk tetap terhubung atau eksis di dunia maya. Mau tau siapa saja para pendiri aplikasi yang sering digunakan di gadget-mu? Yuk lanjut bacanya…

1.      Facebook

Inilah Pendiri dari 5 Aplikasi yang Sering Digunakan di Gadgetmu
via wikimedia.org

Siapa yang enggak tahu aplikasi pertemanan yang satu ini? Facebook adalah social networking sekaligus media sosial yang paling populer. Situs jejaring sosial yang didirikan tahun 2004 ini didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-teman sekelasnya di Universitas Harvard sebagai tugas kuliah. Siapa sangka bisa jadi bisnis trilyunan dolar.

Walau ia enggak menyelesaikan kuliahnya, Mark terus mengembangkan keterampilannya dalam pemograman dan juga mendedikasikan waktunya untuk membangun Facebook. Di akhir tahun 2004 Facebook berhasil memiliki 1 juta pengguna dan per Januari 2018 mencapai 2,2 milyar pengguna aktif setiap bulannya di seluruh dunia.

2.      Instagram

Inilah Pendiri dari 5 Aplikasi yang Sering Digunakan di Gadgetmu
via nbcnews.com

Aplikasi yang namanya adalah penggabungan dari kata Instant Camera dan Telegram ini dirancang pertama kali oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010. Sebelumnya aplikasi berbagi foto dengan fasilitas edit yang juga jejaring sosial ini dinamakan Burbn, Inc. Pada tanggal 9 April 2012, Instagram diambil alih oleh Facebook dengan nilai sekitar USD 1 miliar. Sekarang pengguna aplikasi Instagram sudah mencapai 1 milyar pengguna.

3.      WhatsApp

Inilah Pendiri dari 5 Aplikasi yang Sering Digunakan di Gadgetmu
via wikipedia.com

Aplikasi ini dibuat oleh Jan Koum dan Brian Acton yang dulunya bekerja di Yahoo! Sempat ditolak untuk bekerja di Facebook, mereka mendapatkan pencerahan setelah membeli iPhone dan melihat adanya peluang di App Store. Akhirnya mereka mendirikan WhatsApp yang berasal dari kata “What’s up” pada tanggal 24 Februari 2009 yang merupakan hari ulang tahun Jan Koum.

Pada 19 Februari 2014, Facebook mengakuisisi WhatsApp dengan harga 19 milyar dolar Amerika Serikat. Salah satu pendiri dan juga CEO WhatsApp Jan Koum menggundurkan diri pada tanggal 1 Mei 2018

4.      LINE Messenger

Inilah Pendiri dari 5 Aplikasi yang Sering Digunakan di Gadgetmu
via cryptoinvestor.asia

Aplikasi LINE messenger yang memiliki banyak emoji/stiker lucu ini ditemukan oleh seorang pria berkebangsaan Korea Selatan yaitu Lee Hae Jin. Ia adalah pendiri Naver Corp, sebuah perusahaan search engine terpopuler di Korea Selatan.

Lee mendapat inspirasi untuk menciptakan LINE messenger pada tahun 2011 sesaat setelah terjadi gempa dan tsunami di Jepang. Saat itu jaringan telepon terputus sehingga orang harus menggunakan jaringan internet untuk menelepon. Semenjak saat itu LINE menjadi aplikasi messenger terpopuler di Jepang dengan jumlah pengguna 215 juta di seluruh dunia.

5.      Telegram

Inilah Pendiri dari 5 Aplikasi yang Sering Digunakan di Gadgetmu
Pavel Durov via Chris Ratcliffe/Bloomberg.com

Sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia karena diduga digunakan oleh jaringan teroris, aplikasi pesan Telegram diprakarsai oleh dua bersaudara yaitu Pavel Durov dan Nikolai Durov dari negara beruang merah, Rusia. Aplikasi berbasis could ini di launching pada tanggal 14 Agustus 2013.

Aplikasi perpesanan yang mengutamakan privasi ini sudah merangkul lebih dari 100 juta pengguna. Sebelum sukses dengan aplikasi Telegram, mereka pernah membangun sosial media VKontakte yang mirip dengan Facebook. Namun sayangnya situs tersebut harus berakhir di tahun 2014 karena tekanan dari pemerintah Rusia.

Kalau kamu jeli, ada banyak peluang yang ada di era digital ini. Tertarik untuk buat aplikasi yang bisa digunakan orang banyak? Yuk share aplikasi apa yang kira-kira kamu ingin buat di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply