Perencanaan Bisnis dan One-on-One Coaching

Pada hari ke-dua dari rangkaian pertemuan Pembinaan Wirausaha Muda Mandiri 2018 di Mandiri Inkubator Bisnis, kemarin (25/11) para peserta WMM 2018 mendapatkan materi pelatihan tentang Perencanaan Bisnis (Business Plan) yang kemudian dilanjutkan dengan sesi pembinaan atau One-on-One Coaching.

Dalam membuat suatu usaha dan menjalankannya diperlukan paduan agar usaha tetap dalam jalur yang diinginkan. Oleh karena itu para pengusaha pemula harus mengetahui apa itu Business Plan dan fungsinya dalam menjalankan dan mengembangkan suatu usaha.

Apa itu Business Plan?

Perencanaan Bisnis dan One-on-One Coaching
Kelas pembinaan Membuat Perencanaan Bisnis

Saat memiliki ide untuk membangun sebuah usaha kebanyakan orang akan memiliki banyak ide dan rencana. Untuk fokus dalam membangun dan menjalankan sebuah usaha yang akan dilakukan maka diperlukan sebuah business plan.

Business plan atau perencanaan bisnis layaknya blue print atau road map yang akan dilalui oleh pelaku usaha untuk mencapai tujuan usahanya tersebut. Dokumen perencanaan bisnis ini berisikan visi, misi, penyandang dana, produk, target pasar, strategi marketing, analisis industri dan tingkat persaingan, laporan keuangan, resume dari nilai-nilai perusahaan atau latar belakang perusahaan, penawaran dan lampiran.

Sebuah business plan juga dapat memperlihatkan keadaan sekarang dan juga masa depan yang dikehendaki. Dengan business plan maka para pelaku usaha akan lebih mudah menjalankan usaha, mengawasi operasional, dan tetap fokus pada tujuan yang telah ditetapkan.

Sebuah business plan dibuat dalam bentuk jangka pendek dan jangka panjang. Dokumen ini juga memperlihatkan seberapa besar keinginan dan kesiapan kamu dalam menjalankan bisnis. Selain itu, bisnis juga akan lebih fokus dan terarah,  bermanfaat untuk mencari sumber dana serta memprediksi masa depan dan menaikkan level bisnis.

Coaching One-on-One

Perencanaan Bisnis dan One-on-One Coaching
Coaching Session per grup

Setelah mendapatkan materi pelatihan, para peserta akan mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan usaha mereka di sesi selanjutnya. Di sesi pembinaan, aktivitas ini dilakukan peserta secara one-on-one dengan seorang coach.

Masing-masing peserta memiliki waktu selama 1 jam bersama seorang coach untuk membahas bisnis yang mereka jalani.  Para peserta bisa “curhat” mengenai permasalahan-permasalahan yang sedang mereka hadapi. Bisa juga menanyakan saran atas ide atau rencana bisnis yang ingin mereka lakukan kedepannya kepada coach.

Dengan pelatihan dan pembinaan di Program Pembinaan Wirausaha Muda Mandiri 2018 ini  dapat memberikan banyak manfaat untuk para wirausaha muda. Selain diharapkan dapat mengembangkan bisnis yang sedang dikembangkan oleh mereka; juga dapat membentuk sikap dan tingkah laku para wirausaha muda mandiri yang sukses.


 

Leave a Reply