28 Wirausaha Muda Mandiri Mengikuti Program Pembinaan Bisnis Mandiri 2018

Setelah mengadakan WMM Bootcamp 2018 selama beberapa hari di bulan September lalu, 28 usahawan muda terbaik yang telah terpilih di ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018 kembali melanjutkan Program Pembinaan Bisnis Mandiri 2018. Pada bulan Oktober ini sampai dengan beberapa bulan ke depan, mereka akan diberikan pembekalan dan pelatihan tentang bisnis agar bisa mengatur dan mengembangkan usahanya.

Para usahawan muda tersebut memiliki usaha di berbagai macam kelompok usaha seperti Industri perdagangan dan jasa, sosial, digital financial technology, teknologi non digital, teknologi digital, kreatif, dan boga. Bagi pebisnis pemula yang memulai suatu usaha belum tentu mengetahui serba-serbi entrepreneur dan apa yang yang harus diketahui didalam menjalankan usahanya tersebut.

Peserta Wirausaha Muda Mandiri Kembali Mengikuti Program Pembinaan Bisnis Mandiri 2018
Program Pembinaan Bisnis Mandiri 2018 – Hari 1.

“Naik Kelas” di Program Pembinaan Bisnis Mandiri

Tema pelatihan pada hari pertama program pembinaan bisnis mandiri adalah “Propel your Business to the Next Level”. Pembicara yang membagikan ilmu dan mengasah karakter para wirausahawan muda mandiri ini adalah Yunita Tanuwijaya dari Action Coach Business Accelerator.

Beliau menjelaskan mengenai apa itu entrepreneur, apa usaha yang dijalani, siapa saja konsumen kita, apa keunikan kita. Selain itu tentunya sebagai seorang entrepreneur, kita harus memiliki target, visi, misi dan juga tujuan agar usahamu selalu dalam jalurnya.

Mengutip kata-kata bijak dari Jenderal asal Tiongkok yang juga seorang ahli strategi, “Know yourself and you will win all battles.” . Kutipan ini bisa diartikan; untuk menjadi seorang entrepreneur kita harus mengenal kemampuan diri kita dan bisnis yang kita geluti agar kita bisa menguasai pasar. Selain itu kita juga harus mengenal kelemahan dan kekuatan musuhmu untuk tetap bertahan di dunia usaha.

Menjadi seorang entrepreneur tidaklah mudah. Dibutuhkan mental yang kuat untuk bertahan membangun ataupun mempertahankan usaha yang dibangun. Di sini kita harus memiliki kekuatan diri seperti Ownership, Accountable, Responsible dan menghindari Blame, Excuses, Denial.

Peserta Wirausaha Muda Mandiri Kembali Mengikuti Program Pembinaan Bisnis Mandiri 2018
Program Pembinaan Bisnis Mandiri 2018 – Hari 1.

Saat membangun sebuah usaha, tidak ada seorang entrepreneur yang langsung berhasil dan menjadi milyarder. Sekalipun seperti entrepreneur terkenal dari negeri Tiongkok, Jack Ma, pernah mengalami penolakan dan kegagalan sebelum sukses dengan Alibaba dan menjadi milyarder.

Dari kondisi jatuh bangun atau kegagalan yang dialaminya, seorang entrepreneur sejati akan terus belajar untuk memperbaiki kondisinya tersebut. Oleh karena itu, seorang entrepreneur harus tetap terus belajar agar terus maju dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Membuat suatu usaha tidak hanya sekedar membuat tujuan dari passion kita, tapi juga sebuah Legacy yang akan terus dikenal oleh banyak orang kedepannya.

Itulah sekelumit ilmu dasar untuk menjadi entrepreneur handal yang diberikan pada para wirausaha muda mandiri di pertemuan pertama. Menarik bukan? Nantikan pertemuan selanjutnya dalam Program Pembinaan Bisnis Mandiri 2018.


 

 

 

 

 

 

Leave a Reply