10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi

Apakah kamu pernah berhadapan dengan seseorang yang sedang marah atau emosi? Pasti enggak menyenangkan bukan? Saat itu pasti perasaan kamu campur aduk dari bingung, takut, enggak nyaman, atau bahkan jadi ikutan marah. Seringkali kamu jadi enggak bisa berpikir jernih untuk mencari solusi. Daripada ketularan, yuk baca 10 tips berikut agar kamu bisa menghadapi orang yang marah atau emosi.

1.    Tetap tenang dan diam

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Tetap tenang menghadapi orang marah via pixabay.com

Ketika ada orang yang sedang marah, jangan sampai amarah orang tersebut mempengaruhimu atau memancing amarahmu juga. Cobalah untuk tetap tenang dan berpikir positif agar kamu bisa tetap berpikir jernih ketika berkomunikasi dengan orang tersebut.

2.    Dengarkan

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Dengarkan apa yang membuat dia marah via pixabay.com

Jangan langsung merespon dengan menyalahkan atau mengoreksi orang yang sedang marah. Apa yang ia sedang lakukan adalah mengeluarkan isi hati dan pikirannya. Terlepas apa yang dikatakannya benar atau enggak, biarkan dia merasa lega dengan meluapkannya. Kalau dia sudah lega, kemungkinan dia akan lebih bisa diajak berkomunikasi.

3.    Jangan melawan atau menentang

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Orang marah cenderung tidak mendengarkan perkataan orang lain via pixabay.com

Orang yang sedang marah akan susah untuk mendengarkan atau menerima pendapat dari orang lain. Apalagi yang bertentangan dengan pendapatnya. Ketika kamu terpancing untuk marah, maka kamu hanya akan membuang energimu dengan sia-sia dan akan menimbulkan masalah baru

4.   Berlatih tidak terpengaruh

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Jangan dimasukkan ke hato via pixabay.com

Terkadang ketika orang lain marah, bisa jadi, kamu hanyalah pelampiasan dari amarahnya untuk hal lain. Namun, tentunya sebagai manusia kamu bisa kesal juga. Jadi, alih-alih memasukkan setiap perkataannya ke dalam hati, alihkan pikiranmu dengan mempertanyakan apa yang menyebabkan orang tersebut marah.

5.   Bicara dengan tenang dan pelan

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Bicara dengan tenang via pixabay.com

Ketika kamu diberikan kesempatan untuk merespon, responlah dengan suara yang tenang dan pelan. Perhatikan nada bicaramu agar enggak memancing amarah orang tersebut. Tunjukkan simpatimu agar ia melunak.

6.   Gerakan tubuh yang tidak provokatif

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Gerakan tubuh yang provokatif hanya akan menambah panas via pixabay.com

Jangan membuat gerakan tubuh yang provokatif seperti menunjuk-nunjuk atau melotot. Hal itu hanya akan menambah emosi orang tersebut. Sebaliknya, jika melihat situasi mulai kondusif, kamu bisa memberikan gestur menenangkan seperti tersenyum atau menyentuh pundak orang tersebut (kecuali atasan). Cobalah berkomunikasi dengan tenang dan berikan masukan untuk menenangkan amarahnya.

7.    Lindungi diri dan carilah bantuan

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Percaya intuisimu jika amarahnya tidak terkendali segera menjauh via pixabay.com

Orang yang sedang marah atau emosi dapat melakukan hal-hal yang berbeda dari kebiasaannya. Ketika orang yang emosi tersebut sudah membuatmu merasa terpojok bahkan sampai mengancammu, segera pergi dan cari bantuan.

8.    Diskusi dan cari solusi

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Bicarakan dengan tenang via pixabay.com

Coba renungkan sumber dari permasalahan yang ia kemukakan. Setelah mengetahuinya, ajak ia bicara dan berdiskusi mengenai pemecahan masalahnya secara baik-baik.

9.    Akui kesalahan jika salah, dan akui kemarahan orang lain

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Jangan takut mengakui kesalahan via pixabay.com

Jika penyebabnya adalah kesalahanmu, segera akui kesalahan tersebut. Jangan malu atau sungkan untuk mengakui kesalahan. Mungkin hal ini dapat mengurangi amarahnya.

10.  Belajar bijak

10 Tips Menghadapi Orang yang Marah atau Emosi
Bijak menghadapi anak-anak yang marah via pixabay.com

Ketika menghadapi kemarahan anak-anak, jangan pernah membalasnya dengan perkataan kasar ataupun melakukan tindakan agresif seperti memukul, menyubit atau menyentil. Ada baiknya kita mendengarkan alasan mereka marah.

Beritahukan kepada mereka bahwa enggak apa-apa untuk marah dan beritahu juga cara bagaimana menangani emosi seperti menahan nafas dan menghitung sampai 10. Kemudian berikan jawaban, pengertian serta alasan yang baik dan rasional dari permasalahan yang dihadapinya.

Apakah kamu pernah berurusan dengan seseorang marah kepadamu? Bagaimana kamu menghadapinya?


 

Leave a Reply