5 Kebiasaan Jelek yang Dapat Mengganggu Rekan Kerja

Siapa sih yang mengenal dirimu lebih baik dari kamu sendiri? Logis kan, karena kamu dari lahir sampai saat ini sudah menjadi kamu sendiri. Namun, terkadang karena sudah terlalu terbiasa kita jadi enggak melihat hal negatif dari diri kita. Kamu mungkin enggak menyangka kalau beberapa kebiasaanmu adalah kebiasaan jelek yang harus dihentikan.

Selain dapat merugikan diri sendiri, kebiasaan jelek juga akan mempengaruhi bahkan mengganggu orang lain. Berikut adalah daftar dari kebiasaan jelek yang bisa mengganggu orang lain. Apa kamu memiliki kebiasaan jelekmu dibawah ini?

1.       Bau

5 Kebiasaan Jelek yang Dapat Mengganggu Rekan Kerja
via pixabay.com

Apakah kamu naik kendaraan umum yang penuh dengan penumpang? Tentu enggak ada orang yang senang ketika mencium bau yang enggak sedap ketika sedang berdempetan di kendaraan umum yang tertup dan sempit. Hal yang sama terjadi Ketika kamu sampai di kantor. Apalagi kalau ruangan kantormu berpendingin udara, maka bau yang enggak sedap bisa tinggal lama.

Ada baiknya setelah kamu sampai di kantor, kamu pergi toilet dulu dan merapikan atau mengganti pakaianmu dan menggunakan wewangian. Dengan menjaga kebersihan baju dan alas kaki maka penciuman rekan sekerjamu enggak akan terganggu.

2.       KEPO

5 Kebiasaan Jelek yang Dapat Mengganggu Rekan Kerja
via pixabay.com

Kalau kamu adalah orang yang selalu penasaran, mungkin kamu merasa bahwa semua orang dan segala isinya adalah misteri yang harus kamu pecahkan. Namun, kamu perlu membedakan keingintahuanmu dengan “kepo“.

Pernah enggak kamu merasa risih kalau ada rekan kerja yang selalu kepo dengan apa yang kamu lakukan di layar komputer? Kesel enggak kalau kamu sedang bicara lewat telepon pribadi atau dengan rekan kerja yang lain ada yang pasang telinga ikut mendengarkan? Sebal kan?

Kata Kepo sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang artinya pengen tahu hal-hal yang kurang penting. Sedangkan kalau bahasa kerennya KEPO adalah singkatan dari Knowing Every Particular Object. Di Barat sendiri istilah orang yang kepo ini ada juga loh, yaitu FOMO (Fear of Missing Out). Kalau kamu merasa sebagai orang kepo, yuk coba ubah kebiasaan ini.

3.       Ngobrol berlebihan

5 Kebiasaan Jelek yang Dapat Mengganggu Rekan Kerja
via pixabay.com

Berbicara dengan rekan kerja atau telepon pada jam kerja memang enggak dilarang. Tapi ketika topik pembicaraan beralih ke hal-hal yang enggak penting atau enggak berhubungan dengan pekerjaan, hal ini akan menjadi gangguan ke rekan kerja yang berada di sekitar mejamu. Coba kurangi mengobrol yang enggak berhubungan dengan pekerjaan, apalagi dengan suara keras.

4.       Membuat suara-suara mengganggu

5 Kebiasaan Jelek yang Dapat Mengganggu Rekan Kerja
via pixabay.com

Suara-suara dengan volume yang cukup keras enggak hanya akan mengganggu tapi juga bisa memecah konsentrasi rekan kerja. Apalagi kalau rekan kerjamu adalah tipe yang membutuhkan kesunyian. Perhatikan volume suara dan juga ringtone-mu. Usahakan untuk sesedikit mungkin mengeluarkan suara yang mengganggu.

5.       Curhat berlebihan

5 Kebiasaan Jelek yang Dapat Mengganggu Rekan Kerja
via pixabay.com

Setiap orang pasti punya masalahnya masing-masing. Kalau kamu ada perasaan yang mengganjal memang sebaiknya enggak dipendam sendiri. Jika kamu sangat butuh meluapkan uneg-unegmu buat sesi curhat ke rekan kerja atau menelpon sahabatmu. Namun, usahakan enggak lebih dari 5 menit. Kalau masih belum cukup, buatlah janji bertemu setelah jam kerja.

Nah, apakah kamu atau rekan kerja yang memiliki kebiasaan jelek yang dapat mengganggu yang lain di kantor?


 

Leave a Reply