5 Barang Biasa yang Bernilai Mahal di Luar Negeri

Banyak dari kita yang ingin hidup di luar negeri. Padahal apabila dilihat dari biaya hidup, Indonesia termasuk negara dengan biaya hidup yang murah. Banyak barang yang sangat terjangkau jika dibeli di Indonesia menjadi sangat mahal apabila dibeli di luar negeri. Untuk kamu yang sedang diaspora ke luar negeri dan berjiwa entrepreneur, mungkin kamu bisa menjual barang-barang di bawah ini karena untungnya akan berkali-kali lipat. Berikut adalah 7 benda biasa di Indonesia namun menjadi barang yang mahal di luar negeri.

1. Mie Instan

5 Barang Biasa yang Bernilai Mahal di Luar Negeri
via wikimedia.org

Mie instan dapat dikatakan sebagai makanan wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mengapa tidak? Hampir semua orang seringkali makan mie instan dan menyukai mie instan. Kepraktisannya dalam dihidangkan menjadi pilihan utama apabila tidak memiliki banyak waktu atau tidak dapat memasak. Selain itu harganya yang murah membuat makanan ini menjadi sangat populer.

Di Indonesia, dengan uang Rp 2.000 kita sudah bisa membeli mie instan. Di Jepang misalnya, harga satu buah mie instan 85 yen atau setara dengan Rp 9.000, 4 kali lipat dari harga di Indonesia. Bahkan di Amerika, untuk satu bungkusnya senilai Rp 25.000. Wah dengan uang sebanyak itu, kalau di Indonesia, sudah dapat 10 bungkus mie instan.

2. Sandal Jepit

5 Barang Biasa yang Bernilai Mahal di Luar Negeri
via wikimedia.org

Sandal jepit seringkali menjadi pilihan untuk dipakai ketika berjalan-jalan. Rasa nyaman dan praktis membuat sendal jepit menjadi favorit banyak orang. Sejak salah satu anggota boyband Korea memakai sendal jepit Indonesia, sendal jepit menjadi terkenal dan dijual sampai ke luar negeri. Sendal jepit tersebut dijual di situs ebay dengan harga 20 USD atau setara dengan Rp 260.000.

3. Tempe

5 Barang Biasa yang Bernilai Mahal di Luar Negeri
via wikimedia.org

Salah satu lauk khas Indonesia ini di Indonesia harganya sekitar Rp 1.000 – Rp 5.000 untuk sepotongnya. Ketika sampai di luar negeri menjadi 1,8 Euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp 27.000 per potongnya. Hal ini disebabkan karena masyarakat Eropa tidak dapat membuat tempe sendiri dan harus mengimpornya dari Indonesia.

4. Gorengan

5 Barang Biasa yang Bernilai Mahal di Luar Negeri
via wikimedia.org

Gorengan seringkali menjadi camilan kita untuk sehari-hari. Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau membuat makanan ini digemari oleh segala usia. Di Indonesia, untuk sepotong gorengan harganya Rp 700 – Rp 1.000. Padahal di Belanda, satu buah gorengan bisa dihargai sampai 5 Euro atau setara dengan Rp 70.000. Jadi sangat bersyukur ya, dengan harganya yang murah di Indonesia, kita jadi bisa sering-sering menikmati makanan ini.

5. Bahan Bakar Minyak

5 Barang Biasa yang Bernilai Mahal di Luar Negeri
via pixabay.com

Bahan bakar minyak atau yang dikenal dengan BBM merupakan kebutuhan utama bagi yang mempunyai kendaraan bermotor. Banyak masyarakat Indonesia yang sering mengeluh apabila harga bahan bakar minyak naik. Sebenarnya harga BBM di Indonesia terbilang murah. Di Belanda, untuk 1 liternya, harga BBM dipatok dengan harga sekitar Rp 19.000. Untuk di Turki sendiri lebih mahal lagi, yakni sekitar Rp 22.000 untuk setiap liternya.

Kita harus banyak-banyak bersyukur ya dengan harga-harga murah di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk bisnis berjualan barang-barang tersebut ke luar negeri?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply