Yuk Icip-Icip 7 Makanan Artisan Indonesia ini

Akhir-akhir ini kita sering dengar kata artisan disandingkan dengan berbagai produk. Pada industri makanan, label artisan selalu dikonotasikan dengan makanan berkualitas tinggi dengan harga mahal. Arti makanan artisan sendiri adalah makanan yang diproduksi dengan cara non-industri.

Prosesnya dilakukan secara perlahan dan alami, daripada diproduksi secara masal. Seringkali diwariskan secara turun temurun di dalam keluarga dan perlu dilestarikan. Kalau kamu penasaran, rekomendasi 7 Makanan Artisan Indonesia ini bisa kamu cicipi.

1. Rosalie Cheese

Berlokasi di Jl. Benda Raya No. 8B1, Kemang, Jakarta. Keju artisan yang dimiliki Ayu Linggih ini menggunakan bahan-bahan segar terdiri hanya dari susu, ragi dan garam. Tanpa campuran pengawet dan pewarna.

Pemasok susu mereka juga sangat menjaga kualitas susu, higienitas peternakan dan produk, serta kesehatan sapi-sapi mereka. Teknik pembuatannyapun menggunakan cara tradisional. Enggak heran Rosalie Cheese mendapatkan label keju artisan.

Produk yang paling diminati adalah black and white cheese, yaitu keju asam dengan taburan kelapa kering di bagian atas. Produk lainnya adalah keju chevre, black pepper goat cheese (susu kambing), mozzarella, bocconcini, halloumi (susu sapi) dan  keju the dancing duo yang terbuat dari susu kambing dan sapi.

2. Viavia Resto dan Bakery

Kalau kamu penggemar film “AADC 2” pasti kenal dengan tempat ini. Kelezatan rotinya memang sempat tertangkap dalam film tersebut saat karakter dalam film tersebut icip-icip roti lezat dari Viavia  Resto dan Bakery. Tempat ini menyediakan beragam roti, kue serta makanan barat dan Indonesia.

Terletak di Jl. Menukan, Karangkajen, Jogja, semua makanan yang berada di sini dibuat secara alami dan terbatas. Dibuat tanpa MSG dan bahan-bahan non alami lain, Viavia memang mengutamakan kesehatan. Tempatnya pun dibuat agar alami dan ramah. Tanpa AC dan antar kursi dibuat dekat supaya pengunjung dapat saling bercakap-cakap.

3. LIN Artisan Ice Cream

A post shared by linicecream (@linicecream) on

Kalau kamu ke Kemang dan penyuka es krim, kamu perlu mampir ke sini. LIN adalah outlet es krim pertama yang memakai Liquid Nitro di indonesia. LIN itu sendiri merupakan singkatan dari LIquid Nitro.

Proses pembuatannya dilakukan langsung di depan pelanggan dan hanya membutuhkan waktu 2 menit saja dari mencampur bahan sampai membekukannya. Bahan bakunya tentu saja alami. Kalau kamu pesan es krim stroberi, maka perasa dan pewarnanya hanyalah buah stroberi yang dicampur langsung di depanmu.

LIN menawarkan dua jenis es krim, yaitu gelato yang terbuat dari campuran susu segar dan krim serta sorbet yaitu es krim berbahan mentah alami, seperti Tea Essence Aromatic, Vanilla Choco Rice, Cheesy Cheese, Ultimate Chocolate, dan Passion Fruit.

4. Mazaraat Artisan Cheese

Keju Mazaraat adalah pembuat keju yang perlu diacungi jempol. Berlokasi di Jalan Rotowijayan 24, Kadipaten, Yogyakarta, Mazaraat Artisan Cheese benar-benar memenuhi semua persyaratan keju artisan.

Dimiliki oleh Muhamad Najmi atau Jimi, keju buatannya alami, sehat, berkualitas, dan dapat ditelusuri proses pembuatannya. Teknik pembuatan kejunya sesuai dengan tradisi asli dipelajari oleh Jimi melalui nenek-neneknya.

Dibuat menggunakan empat bahan alami, yaitu susu segar, enzim rennet, kultus bakteri keju, dan garam laut murni. Keju disimpan dengan suhu yang lebih dingin daripada AC, tetapi lebih hangat daripada lemari es agar teksturnya tepat.

Keju yang dijual dibuat dalam skala kecil agar kualitasnya terjaga. Bahkan Jimi menolak untuk menjual keju yang akan dibawa pembeli dengan waktu perjalanan terlalu lama sehingga mengurangi kualitas keju.

5. BEAU

BEAU adalah toko roti dan kue kering yang dimiliki oleh pastry chef Talita Setyadi. Bermula dari impiannya untuk membawa budaya roti dari negara-negara Barat yang berkualitas tinggi dan sehat serta alami ke Indonesia. Talita hanya menggunakan bahan-bahan lokal dan segar, tanpa pengawet, pewarna buatan dan bahan tambahan seperti pengembang kue.

Saat ini BEAU memiliki lebih dari 100 varian artisan pastry. Namun roti sourdough tetap menjadi primadona. Sourdough merupakan roti yang dibuat dengan bantuan ragi alami sehingga rasanya unik dan lebih sehat. Talita juga selalu mencoba memasukkan unsur Indonesia dalam setiap kreasinya. Salah satunya adalah cake Mont Violet yang bahan dasarnya terbuat dari ubi ungu.

6. Pipiltin Cocoa

A post shared by Pipiltin Cocoa (@pipiltincocoa) on

Pipiltin terletak di Jalan Barito 2 No. 5 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan namun popularitasnya sudah sampai mancanegara. Didirikan oleh dua kakak beradik Irfan Helmi dan Tissa Aunilla, yang bermula dari aspirasi mereka melihat Indonesia sebagai penghasil coklat ke 3 terbesar dunia namun belum berhasil menjadi penghasil produk coklat berkualitas.

Mereka bekerjasama langsung dengan petani coklat Indonesia dan mengolah coklat mereka sendiri dari awal. Biji coklat yang digunakan adalah biji coklat unggulan dari Indonesia. Seperti misalnya Pidie Jaya, Aceh dan Tabanan, Bali yang terkenal sebagai penghasil biji coklat terbaik.

Semua proses dari pemilihan biji kopi, pemanggangan dan pengolahan dilakukan dengan hati-hati. Hasilnya adalah coklat, cake, dan kue-kue berkualitas tinggi dengan rasa serta presentasi terbaik.

7. Eatalia

A post shared by – EATALIA – (@eat_eatalia) on

Etalia berlokasi di Jl. Lengkong Besar, Bandung dan memiliki spesialisasi makanan Italia dengan bahan segar. Berbagai kreasi pizza yang gurih bahkan manis dapat ditemukan di sini. Uniknya, kamu bisa menemukan Pizza hitam dengan isian keju maupun pizza manis dengan topping red velvet cake yang terkenal itu. Pasta dan adonannya dibuat sendiri dengan bahan segar dan alami.

Apakah kamu tahu makanan artisan lainnya di Indonesia yang bisa kamu rekomendasikan? Yuk share rekomendasimu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply