5 Manfaat Madu yang Perlu Kamu Tahu

Tahukah kamu kalau para arkeolog di tahun 2015 menemukan peninggalan peradaban masa lalu yang berusia 5.500 tahun dan madu adalah salah satunya? Hebatnya, madu tersebut masih segar dan dapat dikonsumsi! Nggak heran banyak yang bilang kalau madu itu adalah makanan para dewa.

Keajaiban madu nggak berhenti sampai sana. Madu ini memiliki berbagai macam khasiat yang nggak kalah bahkan melebihi obat-obatan yang beredar bebas di pasaran. Mau hidup sehat dan alami? Yuk cek 5 manfaat madu yang perlu kamu tahu ini.

1. Sumber antioksidan

via maxpixel.freegreatpicture.com

Madu mengandung banyak antioksidan penting yang sangat berguna bagi tubuh. Antioksidan tersebut adalah fenol, enzim dan kandungan seperti flavonoid dan asam organik.

Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi dari komponen-komponen ini memberikan madu khasiat antioksidan yang dimilinya. Antioksidan yang tinggi menurunkan resiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker serta membuat tubuh sehat dan awet muda.

2. Mengobati luka dan masalah kulit

via maxpixel.freegreatpicture.com

Madu juga berkhasiat ketika dioleskan pada kulit. Terdapat catatan sejarah bahwa orang Mesir kuno telah mengoleskan madu untuk menyembuhkan luka pada kulit dan luka bakar dan masih digunakan sampai saat ini.

Efek mengeringkan dari gula yang terkandung dalam madu dan khasiat antibakteri madu merupakan kombinasi yang menciptakan efek yang mampu menyembuhkan luka dan menyehatkan kulit. Sebanyak 26 studi menyatakan bahwa madu efektif mengobati luka bakar yang sudah dalam tahap penyembuhan, dan luka operasi yang terinfeksi sebesar 43,3%, dan 97% luka pada penderita diabetes.

Madu juga mampu mengobati masalah kulit lain seperti psoriasis, hemroid dan luka herpes. Rupanya khasiat anti bakteri, anti inflamasi dan kemampuannya untuk memberi nutrisi pada jaringan luka membuat madu sangat bermanfaat.

3. Meringankan alergi

via pxhere.com

Kalau kamu sering bersin-bersin karena debu atau serbuk bunga, maka kamu bisa mengkonsumsi madu. Madu memiliki khasiat anti inflamasi, maka madu bisa meringankan gejala alergi. Madu memiliki sejumlah kecil serbuk bunga sehingga bertindak sebagai semacam vaksin.

Serbuk sari yang terkandung di dalam madu akan terdeteksi oleh tubuhmu sebagai ancaman yang harus ditangani. Tubuhmu akan bereaksi dengan membentuk antibodi. Karena jumlah serbuk sari hanya sedikit terkandung dalam madu maka sistem kekebalan tubuhmu berhasil menangani alergen sekaligus membentuk antibodi.

4. Menyembuhkan batuk

via pixnio.com

Madu memiliki khasiat yang setara dengan satu dosis dekstromertofan dalam menyembuhkan batuk dan membuat tidurmu lebih nyenyak. Tentu saja madu lebih alami dan sehat daripada obat batuk yang dijual di pasaran.

5. Anti bakteri dan jamur

via pxhere.com

Semua jenis madu mengandung zat antibakteri karena lebah pembuat madu menghasilkan enzim yang membuat hidrogen peroksida. Zat ini memiliki berbagai macam kegunaan dan salah satunya adalah sebagai antiseptik.

Apakah kamu suka madu dan mengkonsumsinya secara teratur? Yuk share manfaat yang kamu dapatkan setelah mengkonsumsinya di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply