5 Destinasi Moskow yang Perlu Kamu Tengok

Rusia yang terkenal sebagai negara beruang merah ini memang belum menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia. Walaupun popularitasnya makin meningkat, namun visa yang gampang-gampang susah serta tiket pesawat yang mahal bisa bikin banyak traveler Indonesia mundur teratur.

Padahal, Rusia memiliki banyak destinasi wisata yang harus dikunjungi seenggaknya sekali seumur hidup. Kalau kamu tertarik untuk mulai eksplorasi negara Eropa Timur ini, berikut 5 destinasi di kota cantik bernama Moskow atau Moskwa yang bisa kamu jadikan permulaan untuk perjalananmu lainnya di Eropa Timur.

1. Katedral St. Basil

via pixabay.com

Bangunan yang satu ini hampir sama populernya dengan Eiffel maupun menara Pisa. Berlokasi di Red Square yang merupakan pusat sejarah pemerintahan Rusia, kamu akan bergabung dengan banyak turis lain yang ingin menikmati keindahan katedral ini.

Saat siang katedral ini sangat cantik dengan warna-warni yang disinari sinar matahari. Saat malam, lampu-lampunya membuat katedral ini nampak seperti istana dongeng. Katedral ini dibangun oleh salah satu kaisar Rusia yang terkenal keji yang dijuluki Ivan the Terrible.

Arsitektur dan warnanya yang unik merupakan perpaduan dari gaya khas Rusia. Legenda mengatakan bahwa Ivan memerintahkan semua arsitek yang terlibat dalam pembangunan untuk dibuat buta agar enggak bisa menciptakan bangunan yang lebih indah. Untungnya ini hanya mitos.

Kini, katedral ini menjadi museum yang harus kamu kunjungi. Pusat katedral ini memiliki atap indah yang menjulang tinggi dengan gaya ikonostasis abad ke 16. Kamu juga bisa berjalan di sepanjang galeri sempit dan berkelok-kelok dengan berbagai lukisan indah.

2. Galeri Tretyakov

via kremlin.ru

Museum ini dipenuhi dengan berbagai lukisan maestro Rusia seperti Kandinsky, Chagall and Malevich. Galeri ini memiliki 62 ruangan dan 100.000 karya seni yang memperlihatkan perkembangan seni lukis Rusia dari abad 10 sampai akhir abad 19. Kamu jelas perlu menyiapkan waktu seharian untuk benar-benar menikmati karya seni harta negara Rusia ini.

3. Musoleum Lenin

via staticflickr.com

Berdekatan dengan Katedral St. Basil di Red Square, kamu akan menemukan Musoleum Lenin. Di sini kamu akan melihat mumi dari Vladimir Ilyich Lenin, pendiri dari Uni Soviet.

Saat dia meninggal karena stroke di tahun 1924 pada umur 53 tahun, banyak yang menangisi dan ingin melihat jasadnya sampai berminggu-minggu lamanya. Akhirnya, tercetuslah ide untuk mengawetkan jasad bapak komunisme Soviet tersebut sebagai peninggalan suci.

4. Teater Balet Bolshoi

via wikimedia.org

Kalau kamu ke Moskow, pastikan untuk menonton teater Bolshoi. Gedung teaternya sendiri dipuji memiliki keindahan yang luar biasa dengan auditoriumnya yang memiliki 6 lantai dan penuh ukiran emas yang berkilauan.

Teater historis ini dirancang oleh Joseph Bové dan mengalami beberapa kali restorasi untuk mengembalikan keindahannya. Sebelum revolusi Rusia, ikon Rusia ini adalah bagian dari Teater Kekaisaran bersama dengan Teater Maly dan beberapa teater di Saint Petersburg (Teater Hermitage, Teater Bolshoi, Teater Mariinsky dan lain-lain).

via kremlin.ru

Selain itu, kualitas pertunjukannya enggak usah ditanya lagi. Balet Bolshoi adalah perusahaan balet internasional yang sangat terkenal dan tertua di dunia. Dengan lebih dari 200 penari dan berbagai cabang di dunia serta penampilan yang selalu maksimal dan memukau, bisa dipastikan kunjunganmu akan sangat mengesankan.

5. Stasiun Kereta Bawah Tanah Moskow

destinasi Moscow
via wikimedia.org

Kalau kamu berpikir buat apa lihat terminal kereta, kamu perlu buru-buru ke Moskow Metro. Selain merupakan transportasi tercepat dan termurah, pemandangan yang biasa kamu lihat di stasiun kereta lainnya enggak akan kamu temui di sini.

Alih-alih, kamu akan melihat arsitektur dan dekorasi layaknya di istana mewah. Stasiun ini dihiasi dengan pilar marmer, ukiran rumit, karya seni berusia ratusan tahun, dan lukisan adiluhur pada langit-langitnya. Jangan harap kamu lihat penerangan industrial yang ala kadarnya.

Kamu akan dimanjakan dengan penerangan lampu kandil yang indah. Sudah banyak fotografer ternama yang mengabadikan keindahan stasiun ini. Siapkan kamera gawaimu ya.

Apakah kamu tahu destinasi menarik lainnya di Moskow yang ingin kamu lihat? Yuk share keinginanmu tersebut di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply