Berbisnis dengan Anak? Yuk Dicoba!

Sebagai orangtua yang berkewajiban mengurus anak, pastilah Anda pernah merasa bosan ketika dari hari ke hari menemaninya dengan aktivitas yang itu-itu saja. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk berbisnis dengan anak. Selain menambah keuntungan finansial, kamu juga bisa mengajarkan pada anak untuk belajar bisnis. Yuk simak beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan bersama buah hatimu.

1. Bisnis Penjualan Kue

Berbisnis dengan Anak? Yuk Dicoba!
via flickr.com

Suka memasak? Hobi? Atau malah kamu ahli dalam membuat masakan. Kamu bisa mengajarkan anakmu berbisnis dengan cara membuat pesanan kue. Baik itu dari kerabat dekat maupun teman di dunia maya. Mereka bisa kamu bimbing dalam membuat kue hasil kreativitas kamu dengannya. Jika kuemu laris, siapa tahu itu bisa menjadi bisnis baru bersama anakmu.

2. Guru Privat

Berbisnis dengan Anak? Yuk Dicoba!
via flickr.com

Jika anakmu tengah kesulitan saat mengerjakan pekerjaan rumah, apa salahnya mereka mendapat bimbingan khusus dari kamu? Terlebih lagi, anak kamu bisa mengajak teman-temannya untuk belajar bersama. Selain menambah keharmonisan, mungkin orang tua lain akan sedikit memberikan penghargaan dari hasil keringat kamu.

3. Kerajinan Tangan

Berbisnis dengan Anak? Yuk Dicoba!
via wikipedia.org

Jika anakmu menyukai hal-hal yang berbau seni, kamu bisa ajak dia untuk membuat sesuatu dari tangan kecilnya. Bersamanya, kamu bisa mengolah suatu barang yang tak terpakai menjadi barang berguna. Selain itu, kamu juga bisa menerima pesanan kecil-kecilan dari tetangga tersebut. Mulai dari menawarkan jasa hingga menjual barang jadi. Jika sukses, kamu bisa mengembangkan usahamu bersama anak di daerahmu.

4. Event Organizer

Berbisnis dengan Anak? Yuk Dicoba!
via pixnio.com

Saat berulang tahun, anakmu pasti akan merengek dan meminta perayaan di hari kelahirannya. Dari sana, kamu bersama anakmu bisa membuat pernak-pernik, mulai dari topi ulang tahun, kue ulang tahun, hingga kertas yang dijadikan hiasan. Jika tetanggamu tertarik dengan hasil yang kamu buat, pastilah mereka menginginkan jasa dari kamu bersama sang buah hati.

5. Perawatan Hewan Peliharaan

Berbisnis dengan Anak? Yuk Dicoba!
via wikimedia.org

Kamu suka hewan? Rumahmu dipenuhi banyak hewan-hewan lucu nan menggemaskan? Sang buah hati pun sering bermain bersama hewan peliharaanmu? Kebetulan sekali. Kamu bisa mengajak sang buah hati untuk merawat berbagai hewan peliharaanmu. Baik itu dari kebersihannya, tempat tinggalnya, hingga bahan makanan yang jadi konsumsinya.

Dari sana, kamu bisa mengajarkan bagaimana cara menyayangi binatang. Terlebih, jika kamu juga menjalankan bisnis dengan jual beli makanan sang hewan, tempat tinggal, aksesoris, hingga si binatang itu sekalipun. Selain bertepatan dengan hobi, kamu juga bisa meraup untung besar.

Tertarikkah kamu dengan tips-tips di atas? Apa salahnya jika mengajarkan bisnis pada buah hati sejak dini bukan?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Dicky Prastya. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply