5 Tips Memulai Bisnis Online

Di era informasi dan teknologi sekarang ini, semua hal terasa semakin mudah dan tak ada sekat. Mulai dari komunikasi di dunia maya, transportasi online, transaksi online, mendulang informasi di internet dan masih banyak hal lainnya. Kemudahan-kemudahan dan beragam fasilitas yang ada ada di dunia online tentu membuka banyak kesempatan dan peluang baru. Mulai dari kesempatan mendapatkan penghasilan baru menjadi youtuber, vlogger, blogger, selebgram, selebtwit dan tentunya membuka kesempatan pasar yang lebih luas dengan bisnis online.

Ketika, kita mau memulai bisnis online, apa saja ya yang perlu kita persiapkan untuk menjalankan bisnis ini dengan baik dan berjalan lancar? Berikut 5 tips memulai bisnis online yang bisa kita praktekkan.

1. Tentukan Visi dan Misi-mu dalam Berbisnis Online

Vision Binoculars People Man Discovery Looking

Hal terpenting dan paling mendasar dalam memulai bisnis adalah pola pikir dan visi misi kita dalam membangun dan menjalankannya. Pikiran yang semestinya menjadi fondasi usaha kita harus lah memikili sikap mental dan pikiran positif. Pikirkan dan siapkan segala hal yang dibutuhkan dan jangan ragu-ragu untuk melangkah dan memulai.

Hal-hal yang perlu kita pikirkan dan siapkan ketika akan membangun bisnis antara lain:

  1. Modal
  2. Produk yang akan dijual; cari dan tentukan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga berpotensi besar untuk langsung mendapatkan konsumen.
  3. Pasar yang akan disasar
  4. Strategi pemasaran
  5. Kelangsungan bisnis dan tren bisnis

2. Mulai Berjualan

pixabay.com

Ketika kita sudah melalui tahap pertama dan telah mantap memulai bisnis, maka mulailah untuk menjual dan menjajakan barang dagangan kita. Jangan menunda-nunda. Kerjakan secepatnya!

3. Buat Toko Online

pixabay.com

Ketika barang dagangan sudah siap untuk dipasarkan, gunakanlah channel-channel sosial media yang bisa kita manfaatkan untuk menjajakan barang-barang tersebut. Untuk membuka toko online, tidak lantas kita harus membuat website profesional loh. Bisnis online bisa dimulai dengan sosial media yang kita miliki seperti instagram, facebook, twitter, telegram, BBM, Line, Whatsapp dan bisa juga kita membuka toko di situs marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX dan berbagai pasar online lainnya.

4. Promosi Online

maxpixel.net

Ketika barang dan toko online sudah tersedia tentu kita juga membutuhan promosi dan pangsa pasar yang lebih besar supaya kita bisa menambah dan memperluas ruang lingkup konsumen kita. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan promosi online dengan melakukan sponsor post, endorse, iklan, atau pun job review dengan para blogger.

5. Cari dan Belajar dari Mentor Bisnis

flickr.com

Terus belajar adalah kiat dan usaha yang harus terus dilakukan jika kita mau menjadi pebisnis. Oleh karenanya jangan malas dan segan untuk ikut serta dalam komunitas-komunitas pengembangan bisnis dan carilah guru bisnis yang baik dan bisa membimbing kita untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berbisnis.


 

Leave a Reply