5 Destinasi Berkemah di Berbagai Belahan Dunia yang Harus Didatangi Penggemar Berkemah

Kamu senang menikmati alam sepanjang hari dan mengelilingi api unggun di malam hari? Kamu ingin tertidur di bawah langit berbintang dan terbangun karena sinar matahari terbit masuk ke celah tenda? Berarti kamu perlu berjalan-jalan dan mengunjungi 5 destinasi berkemah di berbagai belahan dunia ini.

1. Miyajima, Jepang

5 Destinasi Berkemah di Berbagai Belahan Dunia yang Harus Didatangi Penggemar Berkemah
via wikimedia.org

Miyajima dikenal juga sebagai Pulau Dewa-Dewi karena keindahan alamnya yang enggak usah dipertanyakan lagi. Selain itu, berbagai fasilitas bagi pencinta alam di sana sangat terjamin. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai rute mendaki gunung yang indah untuk menuju puncak Gunung Misen yang mempesona.

Pencinta alam akan menikmati rute Omoto yang melewati formati batu raksasa Fui dan Iwaya Taishi yang dikelilingi oleh pohon-pohon cemara berusia ratusan tahun. Kalau kamu berniat untuk melewatkan malam di alam bebas, ada banyak bumi perkemahan dan kabin-kabin cantik untuk pilihan akomodasimu.

2. Dubai, Uni Emirat Arab

5 Destinasi Berkemah di Berbagai Belahan Dunia yang Harus Didatangi Penggemar Berkemah
via staticflickr.com

Dubai yang terkenal dengan kehidupan mewah dan gurun pasirnya sekilas enggak tampak seperti tempat yang menarik untuk berkemah. Padahal, kalau kamu mengaku sebagai penggila berkemah, kamu perlu mencoba berkemah di padang pasir Dubai. Serius!

Di padang pasir Dubai ada etnis Beduin yang merupakan suku yang bermukim di padang pasir Semenanjung Arab. Walaupun modernisasi dan teknologi berkembang pesat di kota Dubai, suku ini masih banyak yang hidup dengan cara lama mereka yaitu sebagai suku nomadis dan penggembala.

Kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman berkemah yang berbeda, kamu harus merasakan berkemah bersama suku Beduin. Walaupun disarankan untuk mencari pemandu wisata atau tur yang terpercaya, kamu tetap bisa merasakan sekelumit kehidupan suku Beduin yang otentik.

Kamu bisa makan malam dengan domba bakar dan menikmati Shisha serta pertunjukan tarian perut. Malamnya, kamu bisa tidur di tenda suku beduin dengan karpet arab yang indah. Siang harinya, kamu bisa selancar pasir dan mengendarai unta. Pokoknya pengalaman seribu satu malam deh!

3. Taman Nasional Gunung Cook, Selandia Baru

5 Destinasi Berkemah di Berbagai Belahan Dunia yang Harus Didatangi Penggemar Berkemah
via wikimedia.org

Kalau ngomongin berkemah, kamu enggak bisa melewatkan Selandia Baru. Yak! Negara Hobbit ini alamnya memang indah luar biasa. Enggak heran Peter Jackson memilihnya sebagai lokasi film dengan alam yang fantastis itu.

Gunung Cook atau Aoraki dalam bahasa Maori adalah gunung tertinggi di Selandia Baru. Alamnya yang sangat indah ini menjadi kebanggan negara ini. Pemandangan dari lokasi perkemahan di Gunung Cook dideskripsikan oleh banyak orang sebagai pemandangan yang saking indahnya enggak seperti ada di bumi. Penasaran?

4. Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat

via staticflickr.com
Taman nasional Yellowstone di Amerika Serikat ini kaya dengan air panas dan belerang. Ekosistem alaminya adalah salah satu yang paling terjaga di dunia. Terdapat 67 spesies mamalia dan 330 spesies burung di sini. Selain berkemah dan mendaki gunung, kamu bisa melakukan banyak aktifitas lain. Kamu bisa bersepeda, hang gliding, bungee jumping, ekskavasi gua, dan lain sebagainya.

5. Danau Gunung Tujuh, Kerinci

via wikimedia.org

Danau Gunung Tujuh di Kerinci, Provinsi Jambi ini adalah danau tertinggi di Asia Tenggara dan merupakan situs Warisan Dunia. Danau ini terbentuk dari letusan gunung merapi purba yang kini menjadi danau.

Untuk dapat kesini, pengunjung dapat menuju desa Pelompek. Dari Sungai Penuh di Desa Pelompek lamanya perjalanan sekitar 1 jam. Mendaki Danau Gunung Tujuh enggak akan memerlukan terlalu banyak energi karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Letaknya enggak jauh dari Kayu Aro, sebagai titik awal pendakian ke Gunung Kerinci.

Kamu akan melalui hutan hujan tropis yang indah sepanjang rute menuju danau ini. Kalau kamu berkemah, siap-siap disambut matahari terbit dan pemandangan yang sangat indah ketika bangun pagi.

Apakah kamu suka berkemah? Yuk share pengalaman yang paling kamu suka saat berkemah di kolom komentar di bawah ini.


Leave a Reply