5 Tips Tetap Produktif saat Bekerja di Rumah

Mungkin kamu adalah seorang entrepeneur atau freelancer yang seringkali harus bekerja di rumah atau karyawan yang harus membawa pekerjaan ke rumah karena ada pekerjaan kantor yang belum selesai. Berarti kamu pasti sudah pernah merasakan suka-duka bekerja di rumah. Walaupun terdengar nyaman, namun seringkali rasa nyaman, rasa malas atau distraksi lainnya malah membuatmu kurang produktif. Berikut adalah tips yang dapat kamu lakukan agar kerjamu tetap produktif saat bekerja di rumah.

1. Membuat ruang kerja senyaman mungkin

via flickr.com

Agar kamu betah bekerja di rumah, pilihlah lokasi yang tepat untuk bekerja. Apabila kamu memiliki ruang kerja, lebih baik apabila kamu bekerja disana. Apabila kamu tidak memilik ruangan kerja khusus, kamu dapat memilih ruang tamu, ruang keluarga atau halaman rumah sebagai alternatif. Tapi sebaiknya jangan bekerja di kamar tidur, karena kamu mungkin terbawa suasana dan menjadi malas bekerja.

Selain itu, kamu dapat menghias tempat bekerjamu sehingga membuatmu lebih betah bekerja. Kamu dapat meletakkan hiasan seperti foto, pajangan, dan vas bunga. Siapkan juga cemilan yang dapat menahan rasa lapar sebelum waktu makan tiba sehingga kamu mampu bekerja tanpa terganggu. Siapkan pula perabotan dan perlengkapan yang mendukung pekerjaanmu.

2. Menetapkan waktu kerja

via flickr.com

Bekerja dirumah memang memberi kita kebebasan waktu. Tetapi agar kita tetap produktif, jadwalkan berapa lama waktu kita bekerja. Sebagai contoh, jam 8 pagi sampai jam 12 siang atau jam 1 siang sampai 5 sore atau bahkan jam 6 sore sampai jam 10 malam. Tentukan sendiri di waktu mana kamu merasa sangat produktif.

3. Buat daftar kerjaan

via flickr.com

Buatlah secara detail apa saja yang harus kamu kerjakan hari ini, minggu ini dan bulan ini. Tuliskan pula target dari pekerjaanmu. Hal ini akan membantumu bekerja secara terarah, teratur, dan mencapai tujuan pekerjaan dengan baik. Daftar pekerjaan tersebut dapat dicatat sehingga tidak ada satu pun pekerjaan yang terlewatkan dan jangan lupa tulis deadline dari masing-masing pekerjaan tersebut.

4. Menyauhkan diri dari gangguan

via flickr.com

Bekerja di rumah mungkin tidak sehening di kantor. Suara anak tetangga menangis, suara kendaraan berlalu-lalang di depan rumah, suara tv, suara handphone berdering seringkali terdengar. Untuk itu, pilihlah lokasi yang cukup tenang dan jauhkan diri dari televisi dan handphone. Handphone sebaiknya dimatikan atau di silent selama bekerja sehingga tidak menggangu aktivitas bekerjamu.

5. Menyediakan waktu istirahat

via pxhere.com

Walaupun kerjaan yang harus kamu kerjakan banyak, sempatkan untuk beristirahat. Istirahat dapat membuat otak dan tubuh kita kembali segar dan siap untuk melakukan perkerjaan kembali. Selain itu, istirahat juga dapat menghilangkan kebosan akibat bekerja terlalu lama.

Waktu untuk istirahat sebaiknya berkisar 10-15 menit, dan untuk waktu jam makan siang sekitar 30-60 menit. Kamu bisa meregangkan otot, merilekskan pikiran, makan atau menikmati hiburan seperti menonton, bermain handphone atau tidur sejenak atau bercengkrama dengan orang lain.

Sudahkah kamu bekerja secara produktif walau di rumah? Beri tahu kami di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply