Jembatan-Jembatan Unik dan Cantik di Indonesia

Di Indonesia, sama seperti di negara-negara lain di dunia, banyak sekali jembatan-jembatan yang dibangun untuk memperlancar arus transportasi dan penghubung dari satu daerah ke daerah lain. Namun selain sebagai penghubung, ternyata jembatan-jembatan ini menjadi perwujudan seni dan budaya daerah sekitar. Enggak heran banyak jembatan-jembatan unik dan cantik yang akhirnya menjadi ikon dari kota-kota tersebut.

1.     Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah  – Kepulauan Riau

Jembatan-Jembatan Unik dan Cantik di Indonesia
Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah via wikimedia.org

Jika kamu berkunjung ke kota Siak, jangan lewatkan jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau dikenal dengan Jembatan Siak. Jembatan yang menjadi penghubung Kota Siak dengan Pekan Baru ini membentang di atas Sungai Siak dengan panjang 1.196 meter dan lebar 16,95 meter. Dari jembatan ini kamu bisa melihat Mesjid Sultan Syarif Hasyim. Pemandangan sunset dan lampu-lampu yang indah pada malam hari di jembatan ini pantang kamu lewatkan.

2.     Jembatan Ampera – Sumatera Selatan


Kalau di San Fransisco ada jembatan merah yang terkenal, Indonesia juga enggak kalah dengan Jembatan Ampera merah yang berada di Palembang. Jembatan Ampera dengan panjang 1.117 meter dan lebar 22 meter adalah landmark dari kota Palembang yang berdiri di atas Sungai Musi yang menghubungkan dua daratan yaitu daerah Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir. Pada malam hari jembatan ini dipenuhi dengan lampu-lampu dan pantulan sinar rembulan yang indah.

3.    Jembatan Kelok Sembilan – Sumatera Barat

A post shared by Kelok Sembilan (@keloksembilan) on

Jembatan Kelok Sembilan adalah jembatan layang dan jalan yang menyambungkan Kota Payakumbuh dengan Provinsi Riau dengan panjang 2.7 meter. Jembatan ini berada di antara bukit yang masih alami dimana kamu akan melewati 9 tikungan tajam dan menanjak. Namun kamu akan dialihkan oleh pemandangannya yang luar biasa. Apabila dilihat dari atas, ruas jalan berjarak 300 meter dengan lebar 5 meter ini terlihat berkelok-kelok seperti sirkuit balap di Monako.

4.    Jembatan Ponulele – Sulawesi Tengah

Jembatan Palu IV atau akrab disebut dengan Jembatan Ponulele oleh masyarakat Palu membentang di atas Teluk Talise. Jembatan ini menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. Uniknya, jembatan yang mempunyai dua lengkungan berwarna kuning ini adalah jembatan lengkung ketiga di dunia selain yang berada di Jepang dan Perancis. Kamu bisa menikmati keindahan jembatan ini dengan lampu warna-warni yang menakjubkan pada malam hari.

5.    Jembatan Merah Putih – Maluku

A post shared by Muthi’ah (@nonamuthiah) on

Jembatan Merah Putih adalah jembatan terpanjang di kawasan Indonesia Timur yang menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) di sisi Utara dan Desa Hative Kecil (Galala) di sisi Selatan. Dibangun dengan konstruksi yang disesuaikan dengan kawasan yang rawan gempa, jembatan ini mempunyai desain kabel pancang. Nama Jembatan Merah Putih ini juga mempunyai simbol perdamaian di Maluku. Kamu bisa menikmati warna warni lampu jembatan ini pada malam hari.

Bagaimana? Keren dan instagramable banget kan jembatan-jembatan tersebut? Tertarik untuk melihat langsung jembatan-jembatan tersebut di atas?


 

 

Leave a Reply