Do’s & Don’ts Membuat Hashtag yang Perlu Kamu Ketahui

Tentunya kamu sering melihat tanda ini “#”  di berbagai media sosial kan? Yup tanda pagar atau akrab dengan sebutan tagar/Hashtag ini memang enggak bisa lepas dalam keseharian kita ber-sosmed. Tanda ini digunakan sejak tahun 2007 di Twitter untuk mempermudah dalam pencarian dan atau mengikuti berita yang sedang trending.

Dengan tagar, kamu bisa update berita teranyar, topik terbaru, acara, tempat yang lagi happening, promosi menarik dan banyak lainnya. Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk mempromosikan dirimu atau produkmu. Sekarang hashtag sudah digunakan diberbagai media sosial dan kamu wajib paham Do’s & Don’ts membuat hashtags berikut ini:

Tanda Tagar via pixabay.com

DO’S

1.      Riset

Selalu lakukan riset sebelum menggunakan sebuah hashtag. Hal ini akan menghindarkan kamu dari kesalahan dalam penempatan hashtag.

2.      Ikuti kaidah

  • Sesuai dengan konten postingan.
  • Sederhana.
  • Enggak lebih dari 3 kata.
  • Unik dan mudah diingat.
  • Taruh hashtag di belakang kontenmu.

3.      Gunakan gambar yang sesuai

Postingan foto dengan menggunakan hashtag yang sesuai akan menarik orang untuk melihatnya. Hal ini juga bisa menambah follower kamu.

4.      Cek ulang

Jangan lupa untuk mengecek kembali hashtag yang kamu gunakan. Kamu juga bisa mengecek atau tracking siapa saja yang telah menggunakan hashtag tersebut.

 

DONT’S

1.      Menggunakan spasi

Ketika menuliskan hashtag jangan menggunakan spasi. Hal ini akan membuat hashtag-mu enggak lengkap dan kemungkinan kamu menggunakan hashtag yang enggak sesuai dengan konten.

2.      Membuat hashtag terlalu panjang

Membuat hashtag yang terlalu panjang hanya akan membuat karakter postinganmu habis. Hal ini juga akan menyulitkan para follower untuk membacanya.

3.      Menggunakan ‘#’ pada setiap kata

Menggunakan banyak tanda ‘#’ di setiap kata di postinganmu hanya akan mempersulitmu dalam menulisnya. Jadi tulislah hashtag dengan seperlunya.

4.      Mendompleng hashtag populer

Menggunakan hashtag yang sedang trending saat ini namun isinya enggak sesuai dengan konten postinganmu? Selain enggak akan membantu kontenmu populer, postinganmu juga jadi enggak berbobot..

5.      Menggunakan hashtag orang lain

Menggunakan hashtag orang lain untuk digunakan di postinganmu hanya akan membuat postinganmu sulit untuk dilacak. Buatlah hashtag yang unik untuk mempermudah pelacakan.

 

Do's & Don'ts Membuat Hashtag yang Perlu Kamu Ketahui
Hashtag di Media Sosial via pixabay.com

Tips Penggunaan Hashtag di Platform Media Sosial

Twitter: Gunakan satu atau dua hastag pada sebuah postingan untuk meraih perhatian follower.

Instagram: Gunakan lebih dari sepuluh postingan untuk meraih perhatian follower.

Facebook: Gunakan hashtag walau hanya satu untuk menaikkan postinganmu.

 

#SelamatMencoba


 

Leave a Reply