5 Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor

Apakah kamu pernah merasa kelabakan karena terlalu banyak yang harus diselesaikan di kantor? Atau mungkin kamu merasa banyak sekali gangguan yang kamu dapatkan ketika kamu bekerja sampai-sampai kerjaanmu enggak selesai-selesai? Mau meningkatkan produktivitas di kantor? Yuk simak lima cara di bawah ini agar kamu bisa lebih produktif di kantor:

1.     Persiapkan Malam Sebelumnya

5 Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor
Buat daftar ‘to do list’ menurut prioritas dan set waktu pengerjaan via unspalsh.com

Sebelum kamu tidur, coba tuliskan apa saja yang mau kamu kerjakan esok hari. Dengan membuat daftar tersebut, kamu dapat memilah mana saja yang harus kamu prioritaskan untuk kamu kerjakan terlebih dahulu. Buatlah target waktu untuk mengerjakan masing-masing tugas, contohnya 25 menit per tugas.

Berikan waktu istirahat di antara pekerjaan tersebut selama 5 menit. Jangan lupa untuk membawa daftar ini sebagai pengingat apa saja yang harus kamu lakukan di kantor. Dengan begitu waktumu enggak akan terbuang sia-sia dan kamu akan lebih mudah mengatur waktumu selama di kantor.

2.     Datang Lebih Pagi

5 Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor
Pergi ke kantor lebih pagi untuk menghindari macet via unsplash.com

Yang ada di dalam pikiran kita saat pagi hari berangkat menuju kantor pasti adalah kemacetan lalu lintas dan transportasi yyang penuh sesak. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah berangkat lebih pagi dari rumah untuk menghindari itu semua.

Walaupun awalnya terasa malas, namun lama-lama kamu akan terbiasa dan kamu akan mendapat banyak keuntungan. Dengan bangun pagi, kamu bisa menikmati saat kantormu masih lengang. Kamu jadi bisa konsen mulai mengerjakan pekerjaan yang sudah kamu susun malam sebelumnya.

3.     Istirahat dan Makan Siang

5 Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor
Nikmati jam istirahatmu dengan makanan yang sehat via pixabay.com

Setelah kamu menyelesaikan tugas pertama, istirahatlah lima menit untuk melakukan peregangan di kursi atau berdiri di dekat meja. Kalau kamu merasa sudah terlalu banyak duduk, kamu bisa berjalan ke pantry dan mengambil minum. Kelamaan duduk juga dapat menyebabkan dehidrasi loh.

Jangan lupa untuk pergi meninggalkan meja kerjamu saat jam istirahat. Kamu bisa makan bekal makan siangmu di pantry atau keluar gedung untuk menghirup udara segar. Dengan begitu otak dan otot-ototmu akan merasa rileks kembali dan siap untuk mulai bekerja lagi.

4.     Meminimalisasi Gangguan

5 Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor
Kamu akan tertarik untuk mengecek gawaimu setiap saat via unsplash.com

Taruhlah gawaimu di dalam laci dan letakkan daftar ‘To Do List’ kamu agar terlihat lebih jelas. Mulailah pekerjaanmu dari atas daftar tersebut. Apabila ada tambahan tugas dari atasanmu, jangan sungkan untuk menanyakan kapan batas waktu untuk menyerahkannya, agar kamu tetap dapat melakukan pekerjaan sesuai prioritas.

Pastikan tugas-tugas yang ada di dalam daftarmu sudah kamu urutkan sesuai dengan prioritas. Jadi, STOP multitasking. Karena multitasking bukan saja memperlambat penyelesaian pekerjaanmu, namun dampak jangka panjangnya akan menyebabkan kamu gampang lupa.

5.     Letakkan sesuatu yang bisa memotivasimu

5 Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor
Tatapan kucing kesayanganmu yang membuatmu semangat bekerja dan ingin cepat pulang via pixabay.com

Di saat energimu sudah habis atau rasa kantuk melanda, kamu bisa melihat sekililing meja kerjamu. Apabila enggak ada pemandangan yang bisa memotivasimu, besok kamu taruh foto pasangan, keluarga atau binatang peliharaanmu di atas meja ya. Selain foto kamu bisa menaruh pohon kaktus kecil yang katanya bisa menyerap energi negatif. Ini akan menambah semangatmu kembali untuk mengerjakan tugas-tugas.

Apa caramu untuk meningkatkan produktivitasmu di kantor? Apakah ada yang sama dengan cara di atas?


 

Leave a Reply