Menentukan Tujuan dengan Bijak Menggunakan Metoda S.M.A.R.T Goals 

Pernah enggak kamu merasa sudah berusaha tapi pencapaian yang kamu dapatkan rasanya hanya sedikit? Mungkin saat ini kamu merasa kalau hidupmu seperti enggak terarah dan tanpa tujuan? Kaya iya, kamu bisa mencoba metoda S.M.A.R.T Goals.

Metoda S.M.A.R.T Goals ini dapat memperjelas ide-idemu, memfokuskan upayamu, menggunakan waktu dan sumber dayamu secara produktif, dan akhirnya meningkatkan kesempatanmu dalam mencapai impianmu dalam hidup. SMART itu sendiri adalah singkatan dari langkah-langkah yang harus kamu cermati agar sesuai namanya, kamu mampu menentukan tujuan yang pintar.

1. Specific (spesifik)

Metoda S.M.A.R.T Goals 
via staticflickr.com

Menurut metoda ini, tujuanmu harus jelas dan simpel. Kalau enggak kamu akan susah fokus dan merasa termotivasi untuk mencapainya. Agar cukup spesifik, ketika sedang menentukan tujuan kamu perlu menanyakan pertanyaan 5W, yaitu what (apa yang ingin aku capai?), Why (kenapa tujuan ini penting?), Who (siapa yang terlibat?), Where (dimana?), dan Which (apa sumber daya yang dibutuhkan dan apa batasannya?).

2. Measurable (terukur)

via pexels.com

Tujuan yang terukur memungkinkan kamu dapat mengawasi perkembanganmu agar tetap fokus dan tetap termotivasi untuk menyelesaikan tiap langkah. Kalau kamu sudah punya ukuran kesuksesan yang ingin kamu capai, kamu akan tetap bersemangat ketika sedikit demi sedikit tujuanmu sudah mulai terlihat.

Agar kamu dapat membuat tujuan yang terukur, kamu perlu menanyakan tiga pertanyaan ini: berapa banyak, berapa lama dan bagaimana aku tahu kalau tujuanku sudah tercapai?

3. Achievable (dapat dicapai)

via defense.gov

Dalam menentukan tujuan, kamu harus realistis. Kamu perlu optimis dan memberikan standar tinggi, namun dapat dicapai olehmu. Tujuan yang dapat dicapai akan bisa menjawab dua pertanyaan ini, bagaimana aku akan mencapai tujuan ini dan seberapa realistisnya tujuan ini berdasarkan hambatan-hambatan yang ada seperti faktor finansial?

4. Relevant (relevan)

via staticflickr.com

Kamu juga perlu memastikan bahwa tujuanmu memang penting bagimu dan sejalan dengan tujuan penting lainnya. Coba jawab lima pertanyaan berikut: Apakah tujuan tersebut bermanfaat? Apakah waktunya tepat? Hasil yang didapat apakah sudah sesuai dengan upaya dan sumber daya yang dikeluarkan? Apakah aku adalah orang yang cocok untuk meraih tujuan ini? Apakah dapat diterapkan pada lingkungan sosial dan ekonomi yang aku tinggali? Kalau semua jawabannya adalah ya, maka tujuanmu sudah relevan.

5. Time bound (ada batas waktu)

via pixabay.com

Setiap tujuan pasti memerlukan tenggat waktu agar kamu bisa fokus mencapai tujuanmu. Tenggat waktu dan jadwal akan menghindarkan hal-hal atau tugas-tugas simpel jadi melampaui prioritas utamamu. Hal ini menghindarkan waktumu terbuang percuma. Coba jawab empat pertanyaan berikut untuk menentukan jangka waktumu: Kapan harus tercapai? Apa yang dapat kulakukan 6 minggu atau 6 bulan dari sekarang? dan apa yang bisa kulakukan hari ini?

Apakah kamu tertarik untuk mencoba Metoda S.M.A.R.T Goals ini? Selamat mencoba!


 

Leave a Reply