5 Gaya Hidup Desa yang Bisa Diterapkan di Kota

Kata orang tua, sekejam-kejamnya ibu tiri enggak akan sekejam ibu kota. Walaupun kedengarannya hiperbolis, tapi banyak orang yang membenarkan hal ini. Pasalnya kehidupan masyarakat kota besar sangatlah kompleks, biaya tinggi, tingkat stres apa lagi.

Bandingkan dengan gaya hidup desa yang lebih lambat dan dekat dengan alam. Enggak heran orang desa lebih sehat daripada kita-kita ini. Apabila kamu ingin mengurangi stres tinggal di kota dan tetap sehat, kamu bisa menerapkan gaya hidup desa berikut ini:

1. Hidup Sederhana

5 Gaya Hidup Desa yang Bisa Diterapkan di Kota
Piknik bersama teman ataupun keluarga dapat memberikan efek psikologis yang baik untukmu via pixabay.com

Gaya hidup di desa bisa dibilang minimalis. Apa itu hidup minimalis? Hidup minimalis adalah hidup sederhana, engga neko-neko dan juga enggak konsumtif. Coba deh praktekkan gaya hidup minimalis ini. Daripada shopping ke Mall ataupun nongkrong di kafe selama berjam-jam, kamu bisa berjalan-jalan dengan keluarga atau teman-teman ke taman kota.

Selain bisa lebih produktif kamu juga bisa mempunyai waktu yang berkualitas dengan diri sendiri ataupun orang-orang tercinta. Kamu juga bisa banyak menghemat uangmu bukan?

2. Makan Makanan Sehat

5 Gaya Hidup Desa yang Bisa Diterapkan di Kota
cemilan tradisional yang menyehatkan via desawisatadijogja.blogspot.co.id

Masyarakat desa terbukti lebih sehat daripada masyarakat kota karena asupan makanannya adalah yang tumbuh langsung dari bumi dan enggak mengandung zat-zat kimia. Begitu juga dengan cemilan, mereka enggak menggunakan penyedap rasa berlebihan.

Coba terapkan kebijaksanaan lokal ini dan kurangin makanan instan dan junk food. Untuk cemilan kamu bisa makan pisang rebus, ubi rebus ataupun jagung bakar daripada snack yang dijual umum. Dengan begitu kamu enggak gampang terkena penyakit kolesterol atau penyakit-penyakit berat lainnya.

3.     Hemat dan Bijak dalam Menggunakan Energi

5 Gaya Hidup Desa yang Dapat Diterapkan di Kota
Hemat energi, hemat di kantong

Walaupun listrik sudah masuk desa, orang desa masih terbiasa bangun pagi sebelum matahari terbit untuk memulai aktivitasnya. Selain karena biaya listrik yang mahal mereka juga lebih menghargai listrik. Kamu juga bisa melakukan penghematan dan bijak dalam menggunakan energi.

Bangunlah sebelum matahari terbit di pagi hari kemudian lari pagi dan mandilah dengan air dingin untuk menyegarkan badanmu. Matikan lampu-lampu dan keran air apabila sudah enggak digunakan lagi. Selain itu hindari terkoneksi dengan perangkat elektronik seperti gawai, televisi ataupun komputermu selama 24 jam penuh.

4. Bercocok Tanam

5 Gaya Hidup Desa yang Dapat Diterapkan di Kota
Bercocok tanam di rumah dapat dilakukan dengan cara hidroponik via pixabay.com

Banyak masyarakat desa yang masih bercocok tanam. Hasilnya bisa dijual dan mereka juga bisa mengambilnya untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan bercocok tanam, kita juga bisa memastikan bahan makanan kita bersumber dari tumbuhan yang sehat dan enggak mengandung pestisida.

Selain bisa berhemat, dengan bercocok tanam kamu juga bisa mengurangi stress dan penat setelah seminggu bekerja. Selain itu, dengan bercocok tanam kamu jadi bisa sedikit olah raga.

5.     Lebih Banyak Berjalan Kaki

5 Gaya Hidup Desa yang Dapat Diterapkan di Kota
Jalan tidak hanya menyehatkan, tapi juga bisa membuat awet muda via pixabay.com

Masih banyak penduduk desa yang kesehariannya berjalan kaki untuk pergi ke tempat-tempat tujuan. Selain terbiasa juga karena di desa belum banyak kendaraan umum maupun yang memiliki kendaraan pribadi. Hal ini sangatlah berbeda dengan keadaan di kota-kota besar yang padat dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Ternyata kebiasaan masyarakat desa yang berjalan kaki tersebut membawa dampak positif bagi kesehatannya. Terbukti dari suatu penelitian bahwa berjalan kaki dapat bermanfaat untuk awet muda.

Kalau kita melihat banyak lansia diperkotaan yang berusia lebih dari 60 tahun sudah menggunakan tongkat, lain halnya dengan lansia yang berada di pedesaan. Mereka masih bisa berjalan jauh sambil membawa barang dagangan ataupun hasil pertaniannya.

Contoh-contoh gaya hidup desa diatas enggak sulit kalau kamu mau menerapkannya. Gaya  hidup desa seperti apa yang kamu lakukan untuk tetap sehat?


 

Leave a Reply