7 Tips Memaksimalkan Personal Branding di Media Sosial

Media sosial merupakan sebuah media online yang sangat digandrungi bahkan sudah susah untuk dilepaskan dari masyarakat. Bukan hanya oleh anak muda, tapi anak kecil sampai orang tua pun menyukainya. Banyak orang menghabiskan waktunya berjam-jam untuk berkutat di media sosial.

Pasalnya media sosial memiliki banyak kegunaan. Pencarian informasi baik mengenai berita maupun profil seseorang saat ini banyak dilakukan melalui media sosial. Sehingga membangun personal branding di media sosial adalah hal yang penting.

Personal branding sendiri memiliki arti sebuah persepsi bagaimana orang lain memandang diri kita yang berkaitan dengan passion, kemampuan dan kepribadian diri kita. Berikut adalah 7 tips untuk membuat profil diri yang baik dan memaksimalkan personal branding di media sosial.

1. Memilih nama yang username yang netral

via pixabay.com

Pilihlah nama yang menunjukkan nama kamu yang sebenarnya. Selain itu, pilihlah nama username/id sosial mediamu denga nama yang simpel, gampang diingat dan gampang ditemukan oleh orang. Sebagai contoh artis bernama Chelsea Elizabeth Islan memiliki nama username di sosial medianya yaitu @chelseaislan.

Jangan menggunakan nama yang terkesan pamer atau norak, seperti: @BudiGanteng atau @DesySelaluCeria. Jangan pula menggunakan nama artis seperti @BudiBieber atau @DesiHadid. Karena nama seperti itu mungkin akan dipandang buruk dan tidak profesional oleh orang lain.

2. Menggunakan nama yang sama di semua media sosial

via flickr.com

Gunakan nama yang sama di semua media sosial yang kamu punya. Misalkan kamu menggunakan nama Budi Santoso dengan username @BudiSantoso, terapkan lah username itu baik di facebook, twitter, instagram, youtube dan media sosial lainnya. Hal ini dilakukan agar mempermudah orang yang ingin mencari informasi tentangmu atau bahkan perusahaan yang ingin memperkerjakanmu.

3. Lengkapi profil

via pixabay.com

Mungkin profil dirimu hanya akan dilihat sekilas oleh orang lain. Oleh karena itu, kamu harusnya memaksimalkan profilmu yang walau hanya dilihat beberapa detik sudah meyakinkan. Meyakinkan yang saya maksud antara lain: berkompeten, gampang disukai dan bisa dipercaya. Untuk memaksimalkan profil, kamu dapat melengkapi seluruh fasilitas yang ada di media sosial seperti: foto profil, foto cover, bio, dan links.

4. Memperbaharui profil diri

via flickr.com

Selain melengkapi profil diri seperti yang saya jelaskan di poin no 3, pastikan juga kamu selalu memperbaharui profil dirimu. Dengan mengupdate profil diri, hal ini akan meyankinan orang yang melihat profilmu bahwa akun sosial mediamu aktif dan dikelola oleh dirimu sendiri dengan baik.

5. Aktif memposting

via flickr.com

Selain aktif memperbaharui profil diri, kamu juga harus aktif memposting. Semakin banyak yang kamu posting, semakin banyak orang yang akan mengenalimu dan menyukaimu. Tetapi pastikan kamu memposting dalam jumlah yang cukup.

Cukup berarti tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Walaupun sebaiknya aktif dalam memposting, pastikan postinganmu tidak terlalu banyak yang menyebabkan teman/followersmu merasa menjadi terganggu dan menganggapmu postinganmu sebagai spam.

Selain itu, kenalilah passion dan keahlianmu. Apakah kamu seorang designer, fotografer, traveller, reviewer, movie addict dan sebagainya? Posting-lah sesuai dengan passion-mu sehingga kamu personal branding-mu lebih jelas dan terlihat professional.

6. Aktif berinteraksi

via flickr.com

Kamu dapat membangun interaksi dengan teman media sosialmu dengan menjawab pertanyaan dari teman, follower di sosial media kita terutama yang berhubungan dengan keahlian kita. Selain itu, kita me-retweet/me-like/men-share postingan mereka sehingga terjalin komunikasi yang baik.

7. Melakukan evaluasi

via flickr.com

Setelah semua poin diatas telah kita lakukan, hal yang kita lakukan selanjutnya adalah mengevaluasi. Evaluasi ini bertujuan menilai seberapa baik kualitas maupun kuatitas akun media sosial kita. Dengan melakukan evaluasi, kita dapat mengetahui kelemahan aku media sosial kita sehingga kita dapat memperbaikinya.

Kamu dapat memakai berbagai jenis measurement tools yang dapat dicari di search engine baik secara gratis maupun berbayar. Beberapa contoh measurement tools yang dapat kamu pakai adalah: Sprout Social, Social Bakers dan Kiss Metrics.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu kamu untuk meningkatkan personal branding kamu di media sosial. Dari tips di atas, tips mana yang belum kamu lakukan?


 

Leave a Reply