Pelajari Cara Membuat Acar untuk Gaya Hidup Sehat Ala Milenial

Akhir-akhir ini di medsos lagi tren gaya hidup sehat dan membuat sendiri makanan yang biasanya bisa tinggal dibeli. Tren ini muncul seiring dengan makin tingginya kesadaran generasi milenial untuk memperbaiki kualitas hidup mereka. Salah satu yang paling trendi adalah bikin acar sendiri.

Acar memang mengandung kandungan probiotik yang menyehatkan pencernaan usus, dan antioksidan. Kandungan nutrisinya juga masih lengkap karena enggak melalui proses pemasakan. Selain sehat, tampilannya yang alami dan cantik membuat banyak orang tertarik untuk membuatnya sendiri. Kalau kamu ingin mencoba tren ini, yuk baca cara membuat acar di bawah ini.

1. Pilih dan persiapkan sayuran favoritmu

via maxpixel.freegreatpicture.com

Semua sayuran bisa dibuat jadi acar, tapi sayuran yang enak untuk dibuat jadi acar biasanya yang renyah seperti timun, wortel atau lobak. Pilih sayuran yang segar agar kualitas acarmu bagus.

Cuci dan potong sayuran pilihanmu. Selalu potong ujung sayuran karena enzim pada ujung sayur bisa membuat acarmu jadi lembek. Beberapa sayuran seperti bit, kubis, wortel, dan jahe akan terasa lebih baik setelah dilakukan teknik yang dinamakan blanching.

Gunakan 16 cangkir air setiap 450 gram sayur untuk melakukan blanching. Masukkan sayuran ke dalam panci dengan air mendidih. Tutup panci dan biarkan selama 2 menit kemudian angkat dan masukkan kedalam mangkuk berisi air es. Biarkan sejenak lalu angkat dan keringkan.

2. Pilih wadah

via pexels.com

Memilih wadah acar adalah tahapan yang paling menyenangkan. Berbagai pilihan botol dan kaleng cantik kini sudah banyak dijual dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa tambahkan pita atau label nama yang cantik. Jadilah dekorasi keren yang instagrammable!

Tapi jangan lupa. Selain wadah yang cantik, kamu juga harus memilih yang sesuai cocok. Pilih wadah tahan suhu tinggi dan memiliki tutup yang dapat tertutup dengan baik.

3. Pilih bumbu

via staticflickr.com

Tambahkan dengan bumbu rempah dan herbal agar acarmu makin enak aroma dan rasanya. Kamu bisa gunakan hampir semua bumbu herbal dan rempah-rempah yang kamu sukai. Dari bawang putih, oregano, ketumbar, daun salam, lada dan lain sebagainya. Jangan takut untuk berkreasi!

4. Buat cairan acar

via staticflickr.com

Cairan acar ini diperlukan untuk mengubah sayuranmu menjadi acar. Kamu bisa mengikuti berbagai resep cairan acar yang bisa kamu temukan tapi untuk awalnya kamu bisa coba resep yang bisa digunakan untuk semua sayuran ini: rebus sampai mendidih 1 cangkir cuka putih, 2 sendok makan garam, 2 sendok teh gula dan 2 sendok makan rempah atau bumbu herbal pilihanmu, serta 2 cangkir air.

5. Langkah terakhir

via pixabay.com

Tuang cairan acar kedalam wadah pilihanmu sampai 1,5 dari bagian atas wadah sehingga sayuran terendam sempurna. Tutup wadah dan taruh dalam kulkas seenggaknya 24 jam sebelum dikonsumsi. Acar yang sudah jadi bisa disimpan sampai 1 bulan.

Apa acar favoritmu? Yuk tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply