BUMN Siaga Gempa Lombok

Saat ini Indonesia sedang berduka dengan bencana gempa yang melanda Pulau Lombok. Gempa telah melumpuhkan kegiatan dan menghancurkan banyak infrastruktur yang ada di pulau tersebut. Bantuan dan dukungan dari berbagai kalangan dan pemerintah pun sudah dikirimkan setelah bencana gempa pertama terjadi pada akhir bulan Juli lalu. Sebanyak 39 BUMN ikut bergerak cepat untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban bencana di Lombok.

Salah satu dari 34 BUMN yang memberikan bantuan tersebut adalah Bank Mandiri. Dalam BUMN Siaga gempa lombok ini, Bank Mandiri berperan sebagai koordinator BUMN dan telah menerjunkan lebih dari 100 relawan. Para relawan ini terdiri dari karyawan Bank Mandiri sendiri dari berbagai kantor cabang untuk membantu penanganan korban gempa.

 

BUMN Siaga Gempa Lombok

Bantuan yang diberikan oleh BUMN Siaga gempa Lombok ini adalah sejumlah fasilitas MCK, dapur umum, dan penampungan pun dibangun untuk memenuhi kebutuhan dasar para korban bencana. Selain itu ada juga bahan makanan pokok, tempat tidur lipat, alat sholat, selimut, obat-obatan, perlengkapan dan susu balita, air bersih, genset, fasilitas kesehatan, perlengkapan shalat, sembako, layanan telekomunikasi, listrik, layanan perbankan, dan layanan energi.

 

BUMN Siaga Gempa Lombok
Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengunjungi pengungsi gempa di Pulau Lombok.

Saat ini ada tiga kantor cabang Bank Mandiri yang tidak dapat beroperasi karena mengalami kerusakan akibat gempa. Cabang tersebut terletak di di Pemenang, Gili Trawangan dan Tanjung. Oleh karena itu, untuk memulihkan layanan perbankan, Bank Mandiri juga menyiapkan layanan perbankan bergerak (Mandiri Mobile) di wilayah Lombok. Sejumlah BUMN di bidang usaha jasa transportasi seperti  PT Pelni (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), dan Garuda Indonesia juga turut aktif dalam memaksimalkan mobilitas masyarakat dan pengiriman logistik bantuan.

 

BUMN Siaga Gempa Lombok
Membangun fasilitas MCK untuk korban gempa di Posko Pengungsian Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB.

Total bantuan yang telah diserahkan adalah Rp 7.906.166.809. Besarnya peran aktif dan inisiatif para BUMN diapresiasi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno. Dengan adanya posko-posko BUMN Siaga di sejumlah daerah terdampak gempa dapat membantu untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dan penanganan korban.

Adapun Posko BUMN Siaga yang dibangun ada sebanyak 37 posko. Posko tersebut tersebar di wilayah Mataram, Kecamatan Gunung Sari, Senggigi, Pemenang, Sembalun, Bayan, Madayin, Kayangan, Sambelia, Tanjung, dan Gangga.

 

BUMN Siaga Gempa Lombok
Fasilitas dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan para korban gempa lombok

Pulau Lombok adalah daerah rawan gempa. Oleh sebab itu nantinya rumah atau bangunan yang akan dibangun kembali akan menggunakan teknologi yang dinamakan RISHA. Teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) ini adalah metode  membangun rumah dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut. Metode ini sudah diterapkan di lebih 60 wilayah di Indonesia, termasuk di D.I Aceh. Untuk itu, nantinya Kementerian PUPR akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pembangunan rumah tahan gempa tersebut.

Dengan sinergi BUMN dalam penanggulangan gempa Lombok diharapkan pemulihan k0ndisi korban dan infrastruktur dapat berjalan lancar dan cepat. Yang pasti, solidaritas bangsa Indonesia terlihat jelas ketika membantu bencana di Lombok ini.


 

Leave a Reply