7 Cara Kamu Bisa Mulai Mempraktekkan Gaya Hidup Zen

Zen is not some kind of excitement, but concentration on our usual everyday routine.” – Shunryu Suzuki

Pernah nggak kamu denger atau baca tentang Zen? Kalau kamu adalah anak muda yang suka baca-baca, kemungkinan besar kamu pernah seenggaknya mendengar. Biasanya orang akan mengasosiasikan kata Zen dengan para Biksu dari Jepang yang hidup dengan penuh kesederhanaan.

Zen memang merupakan filosofi Jepang yang dipraktekkan oleh para Biksu Jepang namun diadopsi banyak orang di seluruh dunia. Pasalnya gaya hidup Zen ini dianggap baik bagi kesehatan jiwa dan raga. Nggak kurang selebriti seperti Madonna sampai Hugh Jackman pernah mempraktekkan gaya hidup Zen ini. Penasaran ingin mencoba? Yuk baca terus.

1. Lakukan segala hal dengan tidak tergesa-gesa dan penuh pemikiran

via maxpixel.freegreatpicture.com

Mulai lakukan semua hal dengan tidak tergesa-gesa dan penuh pemikiran. Nggak usah buru-buru dan ingin cepat selesai. Ini adalah suatu konsep yang asing bagi manusia modern saat ini. Namun dengan latihan semuanya mungkin.

Fokus pada apa yang kamu lakukan saat itu. Kalau perlu, berikan jadwal rutin untuk semua kegiatan utamamu seperti waktu mandi, waktu makan, waktu olah raga, waktu bekerja, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dan fokus mengerjakannya.

2. Kerjakan satu demi satu

Kamu pasti sudah sering dengar kalau multi tasking itu nggak bagus untuk produktivitas. Hal ini dibenarkan oleh filosofi Zen. Ketika kamu makan, ya makan saja. Ketika sedang bekerja, fokus bekerja. Jangan berusaha untuk mengejakan tugas lain. Selesaikan dulu tugas yang sedang kamu lakukan, baru kerjakan hal lain.

Kalau kamu terpaksa mengerjakan hal lain sebelum satu pekerjaan selesai, seenggaknya rapihkan dan sisihkan tugas tersebut. Misalnya kamu sedang bikin sarapan tapi bos memanggil, simpan dulu makananmu dan rapihkan sebentar alat masakmu sebelum pergi ke kantor.

3. Buat semua tindakan menjadi sarana meditasi

via pixabay.com

Jangan kira meditasi itu berarti duduk diam dan nggak melakukan apa-apa. Kamu bisa bermeditasi dengan semua kegiatan. Terutama pada kegiatan-kegiatan yang kamu anggap membosankan. Kalau kamu sering kesal dan bosan karena harus menyapu rumah tiap hari, coba lakukan meditasi menyapu.

Fokuskan pikiranmu pada kegiatan menyapu dan lakukan dengan perlahan tapi pasti. Percaya nggak percaya, hasilnya sama dengan meditasi yoga dan rumahmu jadi lebih bersih.

4. Ciptakan ritual

via pexels.com

Masih berhubungan dengan poin di atas, coba ciptakan ritual -ritual kecil dalam hidupmu. Lakukan ritual rutin yang akan membuatmu lebih bersemangat dan membuat hidupmu lebih baik. Bisa olah raga ringan atau shalat. Apapun yang kamu mau. Luangkan saja waktumu dan tentu saja, lakukan dengan nggak tergesa-gesa.

5. Tersenyum dan layani sesama

via media.defense.gov

Para Biksu yang mempraktekkan Zen menjadikan tersenyum dan derma bakti kepada sesama sebagai bagian hidup yang sangat penting. Hal ini mengajarkan kerendahan hati dan menjauhkan sifat egois. Kamu nggak harus langsung angkat koper untuk pergi membantu penduduk di daeraah terpencil.

Kamu bisa lakukan hal-hal kecil untuk membantu sesama di sekelilingmu. Tersenyumlah kepada pelayan toko yang melayanimu. Bantu teman kerjamu untuk meringankan pekerjaannya. Kalau kamu tertarik menjadi sukarelawan kegiatan sosial, lakukan saja.

6. Luangkan waktu sendiri

via army.mil

Dalam keseharian para Biksu, meditasi duduk atau Zazen adalah bagian terpenting. Tiap hari mereka meluangkan waktu untuk melakukan Zazen. Meditasi ini berguna untuk melatih kesadaran diri. Kamu bisa melakukan ini atau melakukan kegiatan lain seperti berlari atau bahkan mencucui piring. Asal kamu melakukannya secara rutin dan secara sengaja melatih kesadaran diri.

7. Less is more

via staticflickr.com

Coba lihat jadwalmu, apakah penuh dengan berbagai tugas yang kamu sendiri sampai malas menyelesaikannya? Periksa juga apakah lemarimu penuh dengan baju yang baru dipakai sekali atau kulkasmu penuh dengan makanan nggak sehat? Ini waktunya kamu mulai mempraktekkan hidup Zen dan hidup lebih sederhana.

Agar bisa hidup lebih sederhana pertama-tama kamu perlu memikirkan apa yang benar-benar kita perlukan dalam hidup. Dengan membersihkan hal-hal yang nggak penting, kamu jadi memberikan ruang dan energi lebih untuk hal-hal yang benar-benar penting bagimu.

Apa yang penting bagi tiap orang berbeda. Rumusnya adalah, kalau sesuatu nggak terlalu penting, maka kamu bisa hidup tanpanya. Apakah kamu benar-benar memerlukan Iphone versi terbaru atau baju tren terkini? Apakah hidupmu akan berantakan kalau kamu nggak memenuhi harimu dengan berbagai tugas?

Kalau kamu melakukan lebih sedikit, tugas maka kamu akan bisa melakukannya dengan nggak tergesa-gesa dan lebih sempurna. Sertakan waktu jeda antara jadwal kegiatan sehingga kamu bisa lebih tenang dan ada waktu lebih kalau tugas tersebut ternyata butuh waktu lebih.

Periksa lemarimu dan lihat baju apa saja yang paling kamu butuhkan dalam keseharian. Bisa baju yang paling nyaman untukmu atau baju yang harus kamu miliki untuk melakukan aktivitasmu. Donasikan atau jual baju-baju yang kamu rasa akan lebih berguna jika dimiliki orang lain. Lakukan hal yang sama untuk hal-hal lain dalam hidupmu.

Apakah kamu tertarik untuk hidup lebih tenang dengan mencoba gaya hidup baru Zen?


 

Leave a Reply