5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mempersiapkan Liburanmu Jauh-Jauh Hari

Apa makna traveling bagi kalian? Sebagian mungkin menganggap traveling sebagai kebutuhan tersier yang mewah, tetapi ada juga yang menganggapnya sebagai reward setelah kerja keras mereka, mereka layak mendapatkan liburan sebagai hadiah untuk diri mereka sendiri.

Nah, bagi orang-orang yang menganggap traveling sebagai reward biasanya memiliki waktu yang lebih terbatas dari orang-orang lain seperti para digital nomad. Dengan waktu yang lebih terbatas tersebut tentunya kita ingin liburan kita sesempurna mungkin, tetapi hal tersebut bisa saja tidak terealisasi jika kita tidak mempersiapkannya dengan seksama. Berikut alasan kenapa kita harus mempersiapkan liburanmu dari jauh-jauh hari.

1. Menunda perencanaan pangkal batal liburan

via pxhere.com

Sejak awal kamu sudah tahu kapan waktu liburmu, kenapa menunda merencanakannya? Menunda apapun bukan hal yang baik termasuk menunda membuat rencana perjalanan sejak awal tahun. Mulailah dari melingkari kalendermu untuk melihat berapa lama waktu yang kamu miliki untuk berlibur dan kapan.

2. Bisa punya back-up plan

via flickr.com

Kamu bisa memilih lebih awal destinasi yang kamu inginkan dan membuat alternatif destinasi jika rencana A dan B gagal. Memiliki back up plan itu perlu bahkan saat kita merencanakan liburan.

Setelah kita tahu kapan kita akan berlibur dan berapa lama kita bisa menentukan destinasi yang kita inginkan supaya liburan bisa kita habiskan dengan maksimal entah itu hanya dengan bersantai-santai dan rileks ataupun melakukan berbagai aktivitas yang seru.

3. Lebih paham destinasi

via flickr.com

Kamu bisa melakukan riset yang lebih banyak mengenai destinasi yang kamu inginkan. Salah satu bagian terbaik dari perjalanan adalah saat kita merencanakannya. Dengan memilih destinasi lebih awal kita menjadi punya kesempatan lebih banyak untuk mencari tahu tujuan wisata kita itu. Dan jika dirasa kurang cocok kita bisa memilih destinasi alternatif yang mungkin tidak kalah serunya.

4. Bisa mencicil biaya liburan

via pixnio.com

Kamu bisa menentukan budget lebih awal dan mencicilnya pelan-pelan. Pilih destinasi yang sesuai budget-mu, jangan memaksakan diri. Jangan sampai sepulang liburan kita dililit tagihan yang maha banyak dan menjadi budak untuk melunasi tagihan-tagihan itu sepulangnya dari sana.

Dengan mengetahui destinasi yang kita inginkan lebih awal kita bisa tahu berapa budget yang akan kita keluarkan mulai dari tiket perjalanan, hotel, aktivitas, makan, transportasi, sampai budget untuk oleh-oleh dan shopping.

5. Tiket dan akomodasi sudah aman

via flickr.com

Kamu tidak takut tidak jadi liburan karena kehabisan tiket, tidak ada kamar hotel yang kosong, ataupun khawatir harus membayar sampai dua-tiga kali lipat dari harga normal karena melakukan last minutes book.

Kebanyakan yang dialami para reward hunter yang kurang melakukan perencanaan ini adalah semua tiket dan kamar hotel sudah tidak lagi tersedia untuk tanggal yang mereka inginkan. Padahal mereka tahu setiap tahun mereka libur di tanggal tersebut. Jika pun ada hotel ataupun tiket harga yang masih tersedia harganya overbudget sehingga membuat mereka urung untuk pergi berlibur.


 

Leave a Reply