Workshop Blogger: Penulisan Search Engine Optimization

Tanggal 7 Agustus 2018 kemarin Bank Mandiri mengadakan Workshop Blogger: Penulisan Search Engine Optimization di Mandiri Inkubator Bisnis, Melawai, Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh 30 orang blogger di Jakarta yang pastinya senang banget diundang ke acara ini. Mau tau acaranya seperti apa? Yuk baca terus.

 

Acara dibuka dengan sambutan dari Corporate Communications Bank Mandiri yang mensponsori acara ini. Semua blogger nampak nyaman dan bersemangat karena ruang pertemuan dan konferensi di Mandiri Inkubator Bisnis ini memang desainnya modern dan kekinian banget. Semua kebutuhan para blogger untuk berkreasi tersedia dan semua kegiatan workshop jadi mudah.

 

Sebelum memulai pelatihan SEO, para blogger diberikan info mengenai Mandiri Online yang cocok untuk pekerja mobile seperti para blogger. Pembicara adalah Fushiko Binar Ardani, First Senior Manager at PT. Bank Mandiri Persero (tbk).

Dalam kesempatan ini Fushiko membagikan informasi mengenai manfaat dan keuntungan menggunakan Mandiri Online atau lebih akrab dipanggil mandol. Pasalnya, Mandiri Online memang dikembangkan untuk memberikan kemudahan online.

Sesuai dengan motonya, Mandiri Online ini adalah layanan keuangan masa kini yang #MudahBeneran. Hanya dengan satu pin dan username kita bisa akses semua transaksi. Metode otentikasi aman dan nyaman, dengan mobile approval yang enggak perlu token.

Sebelumnya ada macam-macam sarana transaksi online seperti STIK, Mandiri ESSD, Mandiri SMS ketik, dan lain-lain. Sekarang semua transaksi non fisik tersebut terintegrasi menjadi Mandiri Online. Di dalam acara ini ditekankan juga untuk segera beralih ke Mandiri Online dan enggak menggunakan Mandiri Mobile lagi. Pasalnya Mandiri Mobile sekarang sudah enggak ada di Playstore. Artinya, produk ini enggak legal dan nasabah enggak akan mendapat update maupun keuntungan lebih.

Lagipula semua keuntungan kenyamanan dan keamanan sudah tersedia di Mandiri Online. Kamu hanya perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk pendaftaran Mandiri Online karena alasan keamanan dan penerapan good corporate governance. Namun setelah terdaftar dan aktif, banyak hal dapat kamu lakukan dengan Mandiri Online.

Kamu bisa menaikkan limit kartu kredit  lewat mandol, membuat Tabungan Rencana Mandiri dimana kamu bisa menabung sesuai target dengan jangka waktu sampai 20 tahun, minimal tabungan  hanya Rp 100 ribu dan otomatis cair tanpa harus ke kantor cabang Bank Mandiri. Bahkan, sebentar lagi kamu bisa beli reksadana lewat Mandiri Online lho .

Selain itu, Mandiri Online juga dapat mendukung perubahan perilaku berbelanja yang baik karena semua transaksi dan pengeluaran tercatat dalam History. Fitur ini tentu saja enggak bisa didapatkan semudah dan secepat dengan Mandiri Online. Kamu jadi bisa memonitor dan mengontrol pengeluaranmu.

 

Akhirnya para blogger disuguhi oleh main event dari acara ini, yaitu penulisan Search Engine Optimization (SEO)! Para blogger yang hadir di workshop ini adalah blogger profesional yang enggak cuma iseng-iseng lagi. Jadi tentu saja berguna banget buat mereka. SEO juga sangat penting bagi perusahaan dan badan yang ingin memaksimalkan kehadiran atau presence mereka di masyarakat publik.

Pelatihan dimulai dengan penulisan copywriting dan content writing. Banyak orang yang belum terlalu paham dengan perbedaannya, padahal sangat penting. Content writing adalah proses penulisan yang mampu menuangkan lebih banyak informasi dan lebih mendalam. Sedangkan Copywriting adalah proses penulisan yang mampu menulis beberapa kata yang padat, menarik dan informatif. Hal yang sama juga dapat diterapkan dalam penulisan SEO, dimana SEO haruslah singkat, namun mampu menarik banyak pencari informasi. Oleh sebab itu menulis SEO memerlukan kelihaian.

Setelah itu tentu saja para blogger diajak untuk melihat lebih dalam hal-hal teknis dalam platform penulisan mereka. Salah satu platform yang dipakai dalam acara ini adalah WordPress sedangkan tool optimalisasi SEO yang dijadikan contoh adalah Yoast. Mereka diajak melihat dengan detil bagaimana caranya mereka bisa mengoptimalisasi traffic blog mereka melalui hal-hal yang sebelumnya enggak terpikirkan. Misalnya, tahukah kamu kalau menulis SEO di paragraf pertama artikelmu dapat menaikkan optimalisasi SEO?

 

Semua blogger nampak tertarik dan serius mengikuti pelatihan ini. Terbukti saat sesi tanya jawab, banyak blogger yang semangat bertanya. Ternyata walaupun sehari-hari mereka sibuk berkutat dengan dunia tulis-menulis secara digital, namun enggak semua blogger paham betul mengenai optimalisasi SEO. Pasalnya memang penulisan SEO adalah hal yang teknis banget.

 

Para blogger juga mendapatkan pengumuman perdana Lomba Blog dan SEO Bankmandiri.co.id dengan total hadiah belasan juta rupiah. Pemenang bisa mendapatkan Laptop, Smartphone, Action Camera, mandiri e-cash dan masih banyak lagi. Ruangan workshop langsung riuh rendah dengan semangat para blogger.

Tema artikel tentu saja Mandiri Online dan peserta lomba harus menuliskan kalimat “Kemudahan transaksi menggunakan mandiri online” dengan mencantumkan tiga anchor text yang diberikan. Para blogger yang hadir di workshop ini mendapatkan keuntungan besar. Selain mendapatkan informasi paling awal, mereka juga sudah mendapatkan banyak informasi mengenai Mandiri Online dan ilmu optimalisasi penulisan serta penggunaan SEO dari workshop ini.

 

Akhirnya acara diakhiri tentu saja dengan foto-foto bersama. Namanya juga para blogger, pasti senang seru-seruan bareng. Yang pasti semua orang mendapatkan ilmu baru dan pengalaman menyenangkan di workshop blogger ini. Sampai ketemu di acara-acara selanjutnya!


 

Leave a Reply