Tips Hindari “Kanker” di Tanggal Tua

Sejarah memang tidak pernah mencatat kapan dan siapa yang mencetuskan istilah tanggal tua. Namun, satu hal yang dipahami bersama bahwa saat seperti inilah kondisi seseorang mulai terbatas karena gaji mau habis, sedangkan tanggal gajian belum juga datang. Ibarat sebuah permainan, kondisi ini adalah masa injury time sebelum kembali menerima gaji.

Hampir semua orang pernah mengalami kehabisan uang di tanggal tua. Apakah kamu pernah mengalami kantong kering atau kanker di tanggal tua? Tenang, kamu tidak akan lagi mengalami kondisi seperti itu lagi, jika kamu bisa melakukan langkah berikut ini.

 

1. Utamakan kewajiban dan kebutuhan

via wikipedia.org

Sesuatu yang menjadi kewajiban mutlak harus dilakukan. Begitu pun dalam mengelola keuangan. Setiap orang memiliki tiga alasan melakukan pengeluaran, yakni karena wajib, butuh, dan ingin.

Pengeluaran yang bersifat wajib adalah pengeluaran yang dalam kondisi apapun harus dibayar. Jika tidak dilakukan maka akan ada konsekuensinya.

Kebutuhan adalah pengeluaran yang harus dibayar tetapi jika tidak dibayar, maka tidak menyebabkan masalah yang cukup signifikan. Hanya saja ada beberapa fungsi yang berhenti. Sebagai contohnya, ketika kuota internet kamu habis dan tidak segera kamu isi, maka kamu tidak bisa berselancar di dunia maya.

Sementara keinginan adalah segala pengeluaran yang jika tidak kamu lakukan maka tidak masalah dan tidak ada fungsi yang terhenti. Yang sering menjadi masalah, banyak orang yang sulit membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

 

2. Gunakan rekening lain

via wikimedia.org

Pengeluaran yang wajib dan butuh terkadang tidak datang bersamaan, misalnya kewajiban membayar cicilan kendaraan awal bulan, kemudian di tengah bulan kuota internet kamu habis. Sementara keinginan untuk membeli hal lain selalu ada setiap saat.

Hal yang kamu bisa lakukan adalah menggunakan rekening yang berbeda. Rekening yang pertama bisa kamu gunakan untuk menerima gaji dan membayar yang wajib terlebih dahulu. Sementara rekening kedua bisa digunakan untuk membeli keinginan kamu.

 

3. Kendalikan diri di awal bulan

via pixabay.com

Banyak orang ketika baru gajian langsung khilaf, karena merasa sedang banyak uang. Namun, ketika sudah memasuki pertengahan bulan apalagi tanggal tua, mereka baru sadar, sedangkan itu sudah terlambat. Maka dari itu, mengendalikan diri di awal bulan menjadi sesuatu yang mutlak kamu lakukan jika kamu tidak ingin menederita “Kanker” alias kantong kering di tanggal tua.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kantong kamu tidak kering saat tanggal tua. Selamat mencoba.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Fahrudin Mualim. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply