Esmod Jakarta Class of 2018 Creative Show

Industri kreatif adalah bidang usaha yang enggak akan mati tergerus perubahan jaman. Soalnya, sampai kapanpun enggak akan ada mesin yang bisa menggantikan kreativitas manusia. Itu sebabnya Bank Mandiri berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Terutama industri fashion yang mampu mendorong perekonomian negara dan dapat dilakukan unit usaha besar maupun kecil dan menengah.

Kali ini Mandiri menjadi sponsor acara fashion show yang diadakan untuk merayakan kelulusan mahasiswa dan mahasiswi Esmod Jakarta yaitu Esmod Jakarta Class of 2018 Creative Show. Uniknya, acara yang diadakan pada hari Rabu, 1 Agustus 2018 ini diadakan di museum, yaitu Museum Bank Mandiri Kota. Pemilihan lokasi fashion show di museum ini merupakan pertama kalinya.

 

Esmod Jakarta Class of 2018 Creative Show

Tak hanya sekedar pertunjukan fashion di runway, FAV tahun ini mengadakan kompetisi terbuka untuk pemula bagi kategori umum. Acara yang bertajuk “Fashion Art Vibes” (FAV) ini mengusung “When Rookie Meet Expert“.

 

Esmod Jakarta Class of 2018 Creative Show

 

Para lulusan Esmod Jakarta ini mempertunjukkan kreasi mereka tanpa dibatasi oleh tema. Apalagi untuk mengikuti tren internasional, tahun ini Esmod Jakarta menambahkan sportwear dan streetwear dalam spesialisasinya yang meliputi menswear, kidswear, womens ready to wear, dan new couture. Adapun koleksi yang ditampilkan kali ini menurut Koordinator program akademik Esmod Patrice Desilles adalah pakaian anak, pria, wanita, ready to wear, dan lingerie.

 

Class of 2018 ESMOD Jakarta menyajikan lebih dari 140 tampilan busana hasil karya 46 desainer muda yang disajikan apik dengan iringan Kimokal yaitu duo pop elektronik. Busana yang ditampilkan sangat sangat variatif, dari art wear bergaya Korea, bohemian, playful ala Jepang, koleksi ready to wear dengan cutting unik sampai gothic.

 

Selain menampilkan para desainer jebolan Esmod Jakarta, pagelaran busana ini juga membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin terlibat dalam FAV melalui Fashion Competition. Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan platform bagi para designer muda untuk dapat menunjukkan hasil karya terbaiknya ke hadapan publik.

Para desainer muda baik yang memiliki pendidikan desainer atau tidak berkompetisi dan membuat satu karya yang luar biasa. Mereka dipandu oleh beberapa coach dari beberapa bidang ilmu yang berbeda.

Sebanyak 13 peserta terpilih setelah melewati proses wawancara dan coaching class oleh Elvara Subiakto dan Ria Juwita (PR & Communication), Sayed Muhammad (Entrepreneur), Jordan Marzuki (Art Director/Conceptor) dan juga designer ternama seperti Tri Handoko, Jeffry Tan dan Mayang Idbariza. Para peserta memperebutkan gelar Face of FAV #02 dan akan menerima hadiah bernilai total ratusan juta rupiah termasuk beasiswa pendidikan di Esmod Jakarta.

 

Acara ini juga berkolaborasi dengan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang pendirinya merupakan Alumni Esmod Jakarta yakni Dynand Faris. Pada hari Sabtu tanggal 4 Agustus puluhan karya kostum karnaval JFC berparade mengelilingi Lotte Shopping Avenue.

Sedangkan alasan Esmod Jakarta memilih Museum Bank Mandiri adalah sebagai bentuk dukungan program pemerintah untuk restorasi bangunan tua. Gaya modern dari fashion show yang digelar dengan bangunan museum Bank Mandiri Kota vintage, tua, dan kuno menghasilkan perpaduan yang unik dan luar biasa!


 

Leave a Reply