5 Entrepreneur Sukses yang Dulu Sering Gagal, Salah Satunya Pernah 2 Kali Jadi Gelandangan!

Kegagalan bukan sesuatu yang harus dihindari karena memang bisa menjadi batu loncatan untuk maju. Siapa sih yang enggak kenal dengan kisah sukses Bill Gates, Steve Jobs dan Mark Zuckerberg? Ketiganya drop out dari universitas namun akhirnya malah berhasil menjadi orang-orang terkaya di dunia.

Lalu, kamu jadi enggak semangat karena sudah lulus kuliah dan bisnismu belum sukses juga? Tentu saja enggak dong. Mereka semua punya satu kesamaan bukan dari label atau gelar, namun dari kegigihan dan kerja keras mereka. Kamu entrepreneur muda yang ingin mencari inspirasi? Yuk baca 5 entrepreneur sukses yang dulu sering gagal ini.

1. Jack Ma

Entrepreneur Sukses yang Dulu Sering Gagal
via wikimedia.org

Siapa sih yang enggak kenal Jack Ma sang pendiri Alibaba ini. Setelah berhasil mengalahkan kepopuleran e-bay, dia terus menerus menciptakan penemuan pemasaran lainnya. Bahkan dia berhasil mengadakan hari belanja online terbesar di dunia yang bahkan mengalahkan penjualan pada Black Friday dan Thanksgiving jika digabung!

Kekayaannya saat ini? Jangan ditanya, 39 Miliar Dolar AS! Tapi tahukah kamu, kalau Jack Ma dulu selalu mengalami kegagalan walaupun bekerja keras? Jack Ma pernah ditolak oleh universitas impiannya setelah belajar keras selama 12 tahun belajar bahasa Inggris dengan bersepeda ke kota sebelah. Dia akhirnya diterima di kampus dengan rating paling rendah di kotanya.

Enggak menyerah, dia aktif di kampusnya dan lulus dengan baik. Namun, ketika dia melamar pekerjaan, dia ditolak pada 30 pekerjaan yang dilamarnya. Enggak menyerah, dia melamar menjadi pegawai KFC, dan dari 24 pegawai yang melamar, 23 diterima dan Jack Ma satu-satunya yang ditolak. Menyerah? Tentu saja enggak!

Pada tahun 1995, ketika mengunjungi temannya di Seattle, Jack pertama kali melihat komputer.” Saat itulah ia menemukan dunia web yang menginspirasinya untuk menciptakan bisnis pertamanya, China Yellow Pages.

Bisnis ini menjadi cikal bakal dari ide Jack Ma untuk membuat Alibaba yang menjadi salah satu perusahaan raksasa di dunia. Jack baru memulai usahanya tersebut saat umurnya 40 tahun! Jadi, enggak ada alasan untuk berhenti berusaha dan enggak ada kata terlambat kan?

2. Oprah Winfrey

Entrepreneur Sukses yang Dulu Sering Gagal
via wikimedia.org

Pembawa acara nomor 1 di dunia ini adalah perempuan kulit hitam pertama di dunia yang berhasil menjadi milyader. Kekayaannya saat ini mencapai 3 miliar dolar AS. Namun kehidupannya banyak diwarnai kegagalan. Dari masa kecilnya yang berasal dari keluarga sangat miskin sampai kariernya yang berkali-kali mengalami kegagalan besar.

Dia pernah dipecat dari pekerjaan besar pertamanya sebagai pendamping pembawa berita. Kemudian dia harus melakukan berbagai pekerjaan remeh. Pada pekerjaan-pekerjaan remeh tersebut pun dia selalu mengalami kegagalan karena enggak pernah berhasil menjalankan tugas dengan baik.

Oprah mengingat saat-saat tersebut sebagai kegagalan terbesar dalam hidupnya. Namun Oprah enggak pernah patah semangat. Orang lain akan meninggalkan pekerjaan dan berganti haluan. Oprah tetap percaya kalau dia bisa sukses di bidang yang dia pilih. Akhirnya dia mendapatkan kesempatan menjadi pembawa acara People are Talking dengan Richard Sher.

Sebenarnya posisi ini adalah penurunan karier besar-besaran dalam karier jurnalistik, namun Oprah enggak malu. Ternyata dia cocok dengan konsep acara semacam ini dan mendapatkan respon yang baik. Inilah yang membawanya ke acara Oprah Winfrey yang melambungkan namanya seperti sekarang ini.

3. John Paul Dejoria

Entrepreneur Sukses yang Dulu Sering Gagal
via staticflickr.com

John Paul DeJoria adalah pendiri dari produsen minuman keras tequila Patrón Spirits Co. dan perusahaan produk rambut Paul Mitchell Systems. Kekayaannya kini mencapai 3 miliar Dolar AS. Namun tahukah kamu kalau dia pernah dua kali menjadi gelandangan?

Kerja kerasnya yang tiada henti serta semangatnya untuk penghidupan yang lebih baik memacu John untuk terus bangkit. Lahir dari keluarga imigran AS yang miskin, hidup John sudah keras dari kecil. John pernah menjual shampo dari rumah ke rumah.

Kemudian dia bermitra dengan Paul Mitchell pada tahun 1980 dan mengubah bisnis yang awalnya hanya senilai 700 Dolar AS menjadi kerajaan bisnis seperti yang sekarang ini. Bisnisnya kini berkembang menjadi banyak lini perusahaan dengan pemasukan tahunan yang stabil sebesar 1 miliar Dolar AS setiap tahunnya.

4. Bob Sadino

Entrepreneur Sukses yang Dulu Sering Gagal
via wikimedia.org

Bob Sadino adalah sosok yang lucu dan agak nyentrik. Walaupun ia adalah seorang miliuner dengan jumlah pegawai 1.600 orang, namun ia tidak pernah jemawa. Pakaian kesukaannya adalah kaos dan celana pendek. Sombong dan angkuh jauh dari kesehariannya yang sederhana.

Menurutnya seseorang harus selalu menjaga kesederhanaannya dan tidak boleh angkuh hanya dengan menjadi seorang pengusaha kaya. Hal ini terlihat dari masa lalunya yang penuh kegagalan namun dia enggak pernah menyerah. Tanpa pengalaman bekerja, ia bersedia melakukan berbagai macam pekerjaan, mulai dari menjadi supir, tukang batu, kuli sampai peternak ayam.

Ketika ia pertama kali menjalani bisnis nya di bidang telur ayam negeri, banyak yang menganggap dia gila. Karena saat itu di Indonesia bisnis telur ayam mendominasi. Ia kemudian mencari cara lain dengan memasarkan produknya ke orang asing. Inilah yang memulai bisnis Kemfood dan Kemchick yang menghantarkannya ke kesuksesan. Apakah kamu sudah siap bekerja keras seperti Bob Sadino?

5. Susi Pudjiastuti

Entrepreneur Sukses yang Dulu Sering Gagal
via wikimedia.org

Perempuan besi yang satu ini adalah sosok yang luar biasa. Hanya dengan berbekal ijazah SMP, dia berhasil menjadi pengusaha ikan kaya di Pangandaraan dengan aset senilai 1 triliun Rupiah. Beliau memang berasal dari keluarga yang kurang mampu sehingga harus bekerja keras dalam meraih impiannya.

Dia menyadari, dengan latar belakang dan kegagalannya dalam menyelesaikan sekolah, dia perlu bertekad untuk mencapai kesuksesan melebihi kalau dia memiliki gelar pendidikan. Hasil dari kerja keras dan ketekunannya? Kamu bisa lihat sendiri kesuksesannya sampai menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Dari lima entrepreneur di atas, siapa yang paling menginspirasimu? Yuk, tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini berikut dengan alasannya.


 

Leave a Reply