5 Hal Penting Selain Gaji yang Wajib Diperhitungkan

Jujur deh, pada saat mendapatkan penawaran kerja pasti ada satu hal penting yang paling menarik perhatianmu, yaitu gaji yang akan diterima. Namun, studi membuktikan bahwa dalam pekerjaan, ternyata gaji bukanlah hal terpenting untuk kepuasan bekerja.

Oleh sebab itu gaji besar enggak bisa kamu jadikan alasan utama untuk menerima pekerjaan. Berikut adalah lima hal penting selain gaji yang wajib diperhitungkan sebelum kamu menerima suatu pekerjaan:

1.     Lokasi

5 Hal Penting Selain Gaji yang Wajib Diperhitungkan
via pixabay.com

Riset menunjukkan bahwa lokasi kantor sangat menentukan kebahagiaan hidup seseorang. Enggak heran karena sebagian besar hidup seseorang banyak yang dihabiskan pada pekerjaan. Oleh sebab itu kamu perlu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Berapa lama perjalanan dari rumahmu ke kantor, transportasi apa yang harus digunakan, biaya transportasi, harga sewa kosan atau kontrakan kalau kamu harus tinggal dekat kantor?

Jika kamu mendapat penawaran kerja di luar kota, akan lebih banyak lagi pertimbangan yang harus kamu pikirkan. Seperti biaya pindahan, biaya hidup dan perbandingan gaji di kota lamamu dengan di kota dimana kantormu berada.

2.     Keuntungan

5 Hal Penting Selain Gaji yang Wajib Diperhitungkan
via pixabay.com

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang  memperhatikan kebutuhan karyawannya seperti jaminan kesehatan, keseimbangan kerja, pengembangan diri dan lain sebagainya. Tanyakan pada calon perusahaan tempatmu akan bekerja, apa saja keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan.

Sebagai contoh, apakah ada penghargaan atas prestasi, makan siang, uang lembur, fleksibelitas kerja, cuti selain cuti per tahun (ulang tahun, paid vacationsabatical leave), program kesehatan seperti keanggotaan gym, bonus, komisi, dan lain sebagainya.

3.     Kesempatan untuk berkembang dan naik jabatan

5 Hal Penting Selain Gaji yang Wajib Diperhitungkan
via pixabay.com

Perusahaan yang menginginkan karyawannya maju dan berkembang akan berinvestasi kepada para karyawannya seperti dengan memberikan pelatihan-pelatihan. Tanyakan apakah ada kesempatan untuk mengembangkan diri dengan mengikuti kursus dan pelatihan yang akan menunjang pekerjaanmu.

Selain itu apakah ada kesempatan untuk naik jabatan sebagai kesempatan untuk mengembangkan karirmu lebih jauh. Dengan memiliki jabatan baru maka kamu kan lebih tertantang untuk melakukan yang lebih baik bagi kemajuan karir dan perusahaan.

4.     Budaya organisasi

5 Hal Penting Selain Gaji yang Wajib Diperhitungkan
via pixabay.com

Selama delapan jam sehari atau lebih kamu akan berada di dalam kantor. Oleh karena itu budaya organisasi dapat mempengaruhi kinerja. Kamu harus memperhatikan apakah budaya organisasi dan orang-orang di dalam perusahaan tersebut akan membuatmu berkembang.

Enggak sedikit karyawan keluar karena ketidakcocokan dengan sesama karyawan atau atasan. Kamu bisa menanyakan bagaimana budaya organisasi yang ada di dalam perusahaan dan bagaimana interaksi antar satu departemen dengan departemen lainnya.

5.     Hak kepegawaian

5 Hal Penting Selain Gaji yang Wajib Diperhitungkan
via pixabay.com

Tanyakan apa saja hak-hak kepegawaian yang akan kamu terima selama bekerja di perusahaan tersebut. Seperti gaji, fasilitas, asuransi kesehatan dan keselamatan kerja (perlindungan), tunjangan hari tua, tunjangan anak, cuti, dan pengembangan kompentensi.

Demikian lima hal penting yang wajib diperhitungan selain gaji. Menurutmu hal penting apa lagi yang harus diperhatikan selain gaji?


 

Leave a Reply