5 Spot Wisata Utama Pulau Lombok

Pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata Indonesia. Pemerintah ingin sektor pariwisata dapat menjadi pemasukan tambahan bagi devisa negara. Didukung dengan keindahan dan keasrian alam Indonesia, sektor pariwisata sangat menjanjikan potensinya di masa depan. Salah satu daerah di Indonesia Timur yang menjadi tujuan wisata adalah Pulau Lombok.

Pulau yang berada diantara Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat ini memang sedang naik daun. Banyak wisatawan baik lokal maupun turis asing yang tertarik mengunjungi Pulau Lombok ini. Banyak sekali spot menarik di Lombok yang indah dan menawan mulai dari gunung, pantai, pulau kecil, hingga air terjun. Berikut ini adalah 5 tempat wisata di pulau lombok yang wajib kalian semua kunjungi.

1. Pantai Tangsi / Pink Beach

Pantai Tangsi terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pasir Pantai Tangsi ini memang berwarna pink dan terlihat sangat cantik khususnya pada pagi dan siang hari dimana sinar matahari cerah. Warna pink ini sendiri berasal dari campuran pasir putih dan pasir merah yang berasal dari koral serta pecahan cangkang organisme laut foraminifera yang berwarna kemerahan.

Untuk saat ini infrastruktur dan fasilitas di sekitar Pantai Tangsi ini memang belum mumpuni. Tidak terdapat warung, toilet atau hotel di pantai ini. Kamu hanya dapat menemui beberapa orang yang menjual minuman di Pantai. Untuk aksesnya sendiri masih sulit, kamu dapat memilih rute darat dengan jalan yang berlubang atau rute air melalui pelabuhan Tanjung Luar.

2. Gunung Rinjani

Di Pulau Lombok terdapat gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung berapi ini menjadi gunung favorit para pendaki dunia karena keindahan panoramanya yang sangat luar biasa. Di gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak yang indah, menariknya di danau ini terdapat pula ikan hidup sehingga kamu dapat merasakan serunya memancing di pegunungan.

Untuk menuju puncak gunung rinjani memerlukan waktu sekitar 4 hari 3 malam. Kamu perlu menyiapkan fisik dan mental yang prima sebelum memutuskan mendaki gunung berapi ini. Sebaiknya berolahragalah setiap hari sebelum melakukan pendakian.

Walau jalur pendakian sangat berat, namun pemandangan yang disajikan benar-benar menakjubkan. Kamu akan tidur dibawah bintang – bintang dimalam hari dan menyaksikan sunrise serta lautan awan di pagi hari.

Adapun saat terbaik untuk mendaki gunung Rinjani adalah bulan April hingga Desember karena Taman Nasional Gunung Rinjani akan ditutup pada bulan Januari hingga Maret saat curah hujan tinggi.

3. Pulau Gili Lombok

Gili sendiri adalah sebutan bagi pulau – pulau kecil yang berada di sekitar pulau Lombok. Beberapa pulau yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan adalah Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan yang terletak di lepas Barat Pulau Lombok.

Pulau-pulau ini memang indah dan masih asri, pantainya putih bersih dan airnya juga sangat jernih. Berbagai kegiatan air dapat kamu lakukan disini seperti snorkeling, diving, berenang atau menaiki perahu berkeliling pulau.

Belum lagi kawasan disekitar pulau Gili ini juga merupakan habitat bagi beragam satwa laut. Tidak heran Pulau Gili menjadi destinasi wisata utama di Lombok.

Selain ketiga pulau kecil diatas terdapat pulau kecil lain yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pulau ini bernama Gili Kedis, pulau kecil ini tidak berpenghuni dan berada di pesisir barat daya pulau Lombok. Walaupun tidak sepopuler Gili Air, Gili Meno, maupun Gili Trawangan pulau satu ini sungguh menarik untuk dikunjungi.

Ukurannya memang kecil hanya perlu waktu sekitar 10 menit untuk mengelilinginya. Meskipun mungil, namun pulau ini ditumbuhi berbagai tanaman dan memiliki pemandangan yang menawan serta alami. Pulau ini sangat sepi sehingga kamu berasa seperti sedang mengunjungi pulau pribadi.

4. Air terjun Benang Kelambu

#airterjunbenangkelambu #waterfall #wonderfulindonesia🇮🇩

A post shared by ariev alviant (@arievalviant) on

Air terjun Benang Kelambu terletak di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Air terjun yang satu ini unik dan beda daripada yang lainnya.

Keunikannya adalah aliran air yang turun dari tebing tidak langsung jatuh kebawah, melainkan melewati celah-celah tumbuhan merambat yang tumbuh lebat disekitar tebing seperti tirai yang menggantung di udara. Pemandangan ini menjadi sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Airnya sendiri sangat segar dan dingin yang berasal dari danau Segara Anak. Akses untuk menuju air terjun benang kelambu ini memang sudah beraspal, namun kondisinya kurang bagus. Namun tidak perlu takut bosan karena kamu akan dimanjakan dengan suasana pedesaan serta perkebunan kopi dan coklat.

5. Pantai Tebing

Pantai tebing berlokasi di Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Spot yang satu ini sangat unik serta mengagumkan. Tebing ini merupakan Grand Canyon-nya Indonesia.

Tebing ini tinggi menjulang dihamparan pantai berpasir hitam yang luas. Tekstur tebing ini bergelombang dan tidak merata. Dikatakan bahwa tebing ini terbentuk pada tahun 1257 saat terjadi erupsi besar gunung Rinjani tua atau Samalas. Endapan awan yang membawa berbagai materi vulkanik panas bertemu dengan dinginnya air lautan. Kemudian terlontarlah ke daratan san membentuk bukit tebing di sekitar pantai.

Bagi kamu yang suka olahraga ekstrim, Tebing ini dapat dijadikan sebagai spot rock climbing. Kabar baiknya, akses masuk ke pantai ini cukup mudah kamu dapat menggunakan moda transportasi pribadi maupun angkutan umum.

Tadi adalah lima spot menarik yang wajib kamu kunjungi apabila berwisata ke Pulau Lombok. Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang dapat kita eksplor dan jelajahi. Karena setiap bagian di Pulau Lombok ini selalu menyimpan cerita yang unik dan menarik.

Apakah kamu tertarik mengunjungi Pulau Lombok? Atau mungkin kamu ingin menambahkan tempat-tempat menarik lainnya di Pulau Lombok? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini ya.


 

Leave a Reply