5 Tips agar To-Do-List Makin Berfaedah

Ingin agar hidupmu selalu produktif? Ingin bekerja dengan efektif dan efisien tanpa membuang-buang waktu? Solusinya adalah dengan mengatur dan merencanakan segala sesuatunya terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan membuat to-do-list harian, yaitu daftar kegiatan yang harus kamu kerjakan dalam sehari. Pembuatan to-do-list ini bertujuan agar kamu dapat fokus pada tugas-tugasmu. Berikut 5 tips agar To-Do-List makin berfaedah untuk meningkatkan produktivitasmu.

1. Buat to-do-list setiap malam.

via pixabay.com

Membuat to-do-list pada pagi hari atau bahkan beberapa saat sebelum memulai pekerjaan. Adalah kebiasaan yang buruk, cara ini akan membuatmu terburu-buru dan pada akhirnya ada pekerjaan yang bisa terselip lalu tidak akan terselesaikan.

Oleh karena itu waktu yang lebih baik untuk membuat to-do-list  adalah di malam hari. Kamu disarankan untuk membiasakan membuat to-do-list  pada malam hari. Hal ini dilakukan karena kamu akan memiliki lebih banyak waktu luang di malam hari dan dapat berpikir santai dan tidak tergesa-gesa.

Maka dari itu, kamu dapat meluangkan 5-10 menit di malam hari untuk membuat daftar pekerjaan untuk esok hari. Kamu dapat menuliskannya di notes atau menggunakan aplikasi di gadget kamu.

2. Urutkan Berdasar Prioritas

via flickr.com

Kamu mungkin memiliki banyak pekerjaan di saat yang bersamaan. Tapi, jangan masukkan semuanya di list-mu. Untuk membuat to-do-list yang baik kamu harus membuat urutan pekerjaan kamu berdasarkan prioritas.

Pilihlah tugas yang paling mendesak untuk dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu baru kamu dapat mengerjakan tugas selanjutnya. Hal ini dilakukan agar pekerjaan-pekerjaan penting dapat terselesaikan terlebih dahulu.

3. Buat Tugas dengan Spesifik

via wikimedia.org

Buatlah tugas sespesifik mungkin agar menghindari kebingungan. Semakin detail tugas-tugas yang kamu tuliskan di list-mu, semakin mudah kamu mengerjakannya. Daripada menulis “SKRIPSI!”, tulislah “Kumpulkan data dari laporan keuangan” atau “Cek hasil uji olah data“. Daripada menulis “Rapikan dapur”, tulislah “cuci piring, isi ulang sabun cuci, bersihkan kompor”.

“SKRIPSI!” atau “Rapikan dapur” bukanlah tugas, melainkan proyek. Menuliskan proyek pada list milikmu malah akan bisa membingungkanmu. Selain itu, kamu juga akan lebih cepat mengerjakan sesuatu ketika sudah tahu dengan rinci apa tugasmu itu.

4. Perkirakan Waktu Pengerjaan Tugas

via maxpixel.net

Penting untuk mencantumkan alokasi waktu yang diperlukan untuk mengerjakan setiap tugas. Dengan melakukan kegiatan ini, Kamu akan mengetahui total waktu untukmu menyelesaikan semua tugas dan dapat mengatur waktu lebih baik. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah menentukan waktu istirahat dan berapa lamanya.

Dengan kegiatan ini, Kamu akan membuat waktu yang produktif dan tidak membuang waktu untuk aktivitas yang kurang penting. Umumnya, perkiraan masing- masing waktu akan dituliskan di samping kanan pekerjaan.

5. Batasi tugas

via flickr.com

Saat membuat to-do list harian, batasi maksimal 7 tugas. Mengapa? Karena apabila kamu menuliskan tugas-tugas yang sudah kamu sadari tidak akan dapat kamu selesaikan pada hari itu, bisa-bisa kamu malah jadi stress. Kamu akan mengganggap kalau kamu gagal atau pemalas karena salah satu pekerjaan tak terselesaikan. Padahal karena memang waktu yang tidak memungkinkan.

Selain itu, tugas yang kamu harus selesaikan pun relatif lebih sedikit sehingga kamu tidak terbebani. Bagaimana dengan tugas-tugas lain? Tulis saja di daftar lain sehingga kamu tidak melupakannya. Nah, ketika kamu telah menyelesaikan tugas yang ada di to-do list harian, baru kerjakan tugas yang ada di daftar lainnya atau masukkan dalam to-do list hari berikutnya.

Setelah melihat beberapa tips membuat To-Do-List Harian Efektif di atas, diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dalam pengerjaan tugas kamu. Cobalah praktikan kelima tips di atas sehingga kamu dapat merasakan bekerja yang lebih produktif.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply