5 Tipe Konsumen yang Perlu Kamu Ketahui

Setiap orang adalah calon pembeli potensial yang mempunyai sifat serta karakter yang berbeda-beda. Jadi diperlukan pendekatan yang berbeda-beda untuk mencapai suatu kesepakatan. Dengan mengetahui tipe konsumen maka para penjual dapat mengetahui bagaimana mereka harus memperlakukan calon pembeli dengan tepat. Berikut adalah tipe-tipe konsumen dan bagaimana melakukan pendekatan yang baik:

1. Tipe Konsumen yang Suka Menawar

via staticflickr.com

Tipe konsumen ini mempunyai hobi menawar dan pantang menyerah untuk mendapatkan harga serendah-rendahnya. Biasanya konsumen ini berani menawar berdasarkan perbandingan harga terendah yang ia ketahui dari toko lainnya.

Tips untuk menghadapi konsumen dengan tipe seperti ini adalah hadapi dengan sabar dan profesional. Kamu bisa menekankan bahwa produk yang kamu jual mempunyai kualitas dan performa yang baik.

2. Tipe Konsumen Kritis

via flickr.com

Tipe konsumen yang satu ini membekali dirinya dengan informasi yang sangat lengkap. Enggak hanya mengenai produk yang ia minati saja, tapi juga informasi harga dan kualitas dari kompetitor lain.

Untuk menghadapi konsumen yang seperti ini, tentunya sebagai penjual atau produsen kamu wajib mengenal produk yang kamu tawarkan beserta kelebihannya. Ada baiknya, kamu juga mempelajari produk dari kompetitor agar kamu bisa meyakinkan bahwa produk yang kamu tawarkan lebih baik dari produk kompetitor.

3. Tipe Konsumen Cerewet

via media.defense.gov

Tipe konsumen yang cerewet biasanya sangat aktif berbicara seakan-akan sudah kenal lama dengan kita. Ia enggak akan sungkan untuk menanyakan segala hal yang berhubungan dengan produk yang kita tawarkan sampai dengan hal yang paling detail.

Berhadapan dengan tipe konsumen seperti ini, kamu harus menjadi pendengar yang baik dan menjawab dengan singkat dan cepat untuk mengikuti alurnya. Ketika kamu harus berbicara, jangan sungkan untuk memotong pembicaraan secara sopan dengan meminta izin untuk berbicara atau untuk menerangkan informasi mengenai produk tersebut.

4. Tipe Konsumen Pendiam

via pixabay.com

Tipe konsumen yang pendiam ini cenderung lebih tertutup dan jarang memulai suatu percakapan. Ia enggak banyak berbicara atau berbicara sebatas hal-hal penting saja. Ia akan lebih banyak mendengarkan apa yang akan kamu jelaskan dan hanya akan menanggapi dengan anggukan atau satu-dua kata saja.

Ternyata mereka bisa saja mempunyai informasi yang enggak kamu ketahui. Tipe seperti ini adalah tipe konsumen yang berhati-hati dalam membeli sesuatu. Jadi kamu perlu berbicara dengan jelas, singkat dan membaca keinginannya dari gerak tubuhnya.

5. Tipe Konsumen Plin Plan

via flickr.com

Ketika kamu bertemu dengan tipe konsumen seperti ini, mereka cenderung plin-plan dalam memutuskan sesuatu. Mereka membutuhkan waktu yang lebih banyak atau dukungan dari orang lain untuk mengambil keputusan.

Untuk menghadapi konsumen seperti ini, kamu perlu melakukan pendekatan personal agar kamu benar-benar mengetahui keinginannya. Setelahnya berikanlah informasi yang singkat, padat dan meyakinkan akan produk yang kamu tawarkan. Namun, hindari memberikan terlalu banyak pilihan agar dia enggak makin bingung.

Menurut kamu sendiri, mana tipe konsumen yang sesuai dengan kamu? Beri tahu kami di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply