Tips Mengatur Biaya Perjalanan Liburan

Tips Mengatur Biaya Perjalanan Liburan

The world is a book, and those who do not travel read only a page. — Saint Augustine

Arti dari kutipan diatas adalah bahwa dunia ini adalah sebuah buku, dan mereka yang tidak melakukan perjalanan berarti hanya membaca satu halaman saja. Ketika sedang penat atau stress menghadapi pekerjaan tentu rasanya ingin sekali menyegarkan pikiran dengan traveling. Sedangkan pos biaya yang membutuhkan dana lumayan besar adalah biaya perjalanan. Untuk itu kamu perlu perencanaan yang matang untuk mengatur biaya perjalanan untuk berlibur.

Jadi, apakah kamu sudah merencanakan perjalanan untuk liburan di tahun ini? Banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk berlibur. Seperti daerah-daerah luar atau terpencil di dalam negeri atau mungkin kamu ingin bepergian keluar negeri.

Banyak persiapan yang harus kamu lakukan sebelum berlibur. Mulai dari bagaimana cara mengatur keuangan ketika akan berangkat dan selama liburanmu. Tentunya jangan lupa mempersiapkan dana cadangan jikalau nantinya ada hal-hal tidak diinginkan atau belanja yang tidak sesuai dengan budget awal.

Nah, hal yang paling mendasar dari traveling itu adalah biaya perjalanan. Di sini kita sedikit akan membahas tentang bagaimana cara mensiasati keuangan untuk biaya perjalanan agar pengeluaran untuk liburan tidak habis hanya untuk pulang dan pergi saja.

Hindari Berpergian Pada Weekend atau Hari Libur Panjang

Tips Mengatur Biaya Perjalanan Liburan
via pixabay.com

Libur panjang atau weekend biasanya memang menjadi salah satu pilihan yang menarik buat para wisatawan. Seperti libur hari raya Idul Fitri, Natal atau Tahun Baru dan lain sebagainya. Kalau sudah libur panjang pasti yang namanya daerah wisata itu akan ramai apalagi jika ditambah liburnya tersebut dengan hari di akhir pekan. Ini otomatis akan membuat harga tiket akan melambung.

Disini kamu dapat mensiasatinya dengan tidak pergi berlibur pada hari-hari tersebut (kecuali kalau kamu lagi pergi bareng keluarga dan bisanya hanya di akhir pekan saja). Ambillah jatah cutimu beberapa hari saja untuk berlibur pada hari biasa atau hari kerja, dengan begitu kemungkinan untuk mendapatkan tiket murah sangat besar.

Tentukan Moda Transportasi yang akan Digunakan

Tips Mengatur Biaya Perjalanan Liburan
via pexels.com

Sebelum membeli tiket, tentukan dahulu kemana tujuan liburanmu. Apakah daerah tersebut bisa dijangkau dengan hanya menggunakan transportasi udara saja atau juga bisa dengan transportasi darat. Setelah mengetahuinya baru susun pengeluarannya.

Jika kamu menganggarkan keuangan untuk biaya perjalanan tidak terlalu banyak, kamu bisa berhemat dengan pergi traveling dengan backpacking. Biasanya banyak tiket transportasi darat khususnya kereta atau bis kelas ekonomi yang menjual tiket dengan harga cukup terjangkau.

Kelemahan transportasi darat sendiri seperti bis adalah walaupun murah namun lamanya perjalanan tidak dapat diestimasi. Perjalanan ke daerah tujuan mungkin juga tidak mulus. Bisa saja macet atau mungkin jalannya rusak. Beda cerita jika menggunakan kereta api karena perjalanan kereta api bebas hambatan. Tapi jika ingin cepat sampai tujuan kamu bisa naik pesawat.

Sedikit tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah membeli tiket pesawat pada hari Selasa. Mengapa ? Berdasarkan pengamatan dari Skyscanner pada hari selasa biasanya sejumlah maskapai penerbangan ramai-ramai menurunkan harga tiket. Disamping itu sejumlah maskapai penerbangan juga memilih hari Selasa untuk memberikan promo tiket pesawat murah.

Manfaatkan Promo dari Situs Penyedia Jasa Perjalanan

Tips Mengatur Biaya Perjalanan Liburan
via pexels.com

via pixabay.com

Ada banyak situs penyedia jasa perjalanan sekarang ini.  Salah satu cara mereka untuk mendapatkan konsumen biasanya dengan memberikan potongan harga. Kamu bisa membandingkan harga biaya perjalanan dari situs-situs tersebut dan carilah yang memberikan diskonan lebih besar.

Pada hari-hari tertentu biasanya penyedia jasa tersebut banyak menawarkan potongan harga dengan syarat menggunakan kartu kredit untuk pembayarannya. Nah, bagi kamu yang punya kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan promo-promo tersebut untuk meringankan biaya perjalanan.

Menyewa Kendaraan

Tips Mengatur Biaya Perjalanan Liburan
via pixabay.com

via pixabay.com

Kamu kalau berlibur apakah kamu tipe penyendiri atau bareng-bareng dengan teman? Jika kamu penyendiri mungkin bisa mencoba ketiga tips yang diatas. Namun kalau pergi bersama teman-teman cobalah untuk menyewa kendaraan.

Jika biaya menyewa kendaraan lebih murah daripada transportasi umum mungkin ini adalah salah satu alternatifnya. Menyewa kendaraan sendiri pun terbilang sangat efisien dan tidak perlu repot-repot selama di perjalanan. Karena kita bisa berhenti dimanapun kita suka dan inginkan.

Apakah kamu punya tips lainnya untuk mengatur biaya perjalanan untuk liburanmu? Yuk share di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply