Perhatikan 7 Hal Ini Saat Berwisata ke Cagar Alam

Apakah aktivitas liburan yang kamu sukai adalah berkemah, mendaki gunung, atau jalan-jalan ke tempat yang alamnya masih asri? Kalau iya, berarti kamu wajib tahu aturan main saat jalan-jalan ke tempat wisata alam. Terlebih kalau tempat itu merupakan cagar alam.

Memangnya apa saja sih hal-hal yang harus kita perhatikan saat berwisata ke cagar alam? Enggak perlu berlama-lama, simak pembahasannya di bawah ini.

1. Menjaga fasilitas umum

tips saat berwisata ke cagar alam
via wikimedia.org

Ketika berkunjung ke cagar alam, ingatlah selalu bahwa fasilitas seperti tempat berteduh, papan penanda, kursi, toilet, dan yang lainnya adalah fasilitas umum. Artinya, fasilitas tersebut diperuntukkan bagi kamu dan masyarakat umum.

Jagalah selalu fasilitas tersebut agar tetap dalam keadaan baik dan prima. Jangan merusak, mencoret-coret, atau membawa pulang fasilitas umum tersebut. Kalau fasilitas tersebut rusak atau hilang, kasihan orang lain di kemudian hari yang enggak bisa menggunakannya.

2. Tetap berada pada jalur yang telah disediakan

via staticflickr.com

Kalau kamu sedang berkunjung ke lokasi wisata cagar alam, ingat untuk selalu berada pada lokasi yang ditujukan bagi turis. Berjalanlah pada rute yang sudah disediakan. Jangan gunakan kendaraan kalau enggak dibolehkan. Parkir kendaraanmu di tempat yang disediakan. Jangan menyalakan api jika dilarang dan hanya berkemah jika memang diperbolehkan.

3. Jangan merokok di kawasan hijau

via pixabay.com

Merokok biasanya enggak diperbolehkan di wilayah cagar alam. Selain untuk menjaga agar enggak terjadi kebakaran, juga untuk meminimalisir sampah. Walaupun enggak ada tanda dilarang merokok, etikanya kamu sebagai pencinta alam perlu sadar diri.

4. Buanglah sampah pada tempatnya

via pixabay.com

Menjaga kebersihan di semua tempat adalah keharusan, apalagi di cagar alam. Membuang sampah sembarangan di cagar alam bukan hanya merusak keindahan namun juga membahayakan flora dan fauna di sana. Buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan. Kalau enggak ada tempat sampah, bawa semua sampahmu sampai kamu menemukan tempat pembuangan sampah.

5. Jaga flora dan fauna yang ada

via wikimedia.org

Hormati ekosistem yang ada di cagar alam yang kamu datangi. Lokasi alam tersebut menjadi cagar alam karena ada alasannya. Salah satunya adalah karena ekosistemnya perlu dilindungi. Sedikit perubahan yang bahkan kamu enggak sadari bisa membuat ketidakseimbangan ekosistem dan mengganggui flora fauna yang ada.

Jangan tinggalkan dan ambil apapun dari cagar alam walaupun kamu sudah gatal ingin mengambil binatang kecil atau tanaman untuk dibawa pulang. Biarkan mereka hidup dengan tenang di habitatnya.

Jaga jarakmu dengan fauna liar yang ada sesuai dengan anjuran jarak aman dari otoritas di sana. Kamu boleh ambil foto tapi jangan sebisa mungkin jangan berinteraksi apalagi memberi makan satwa liar karena hal ini dapat mengganggu dan mengubah sifat alami mereka.

Jangan membawa binatang peliharaan ke cagar alam. Anjing misalnya, suka menandai wilayah dengan bau mereka dan hal ini dapat mengganggu pergerakan hewan setempat. Selain itu mereka dapat mengganggu atau bahkan melukai hewan setempat.

6. Jangan polusi suara

via wikimedia.org

Enggak usah ikut-ikut film barat yang suka setel musik keras-keras sambil santai-santai di kehijauan alam. Selain bisa mengganggu hewan dan pengunjung lain, kamu juga menyumbang polusi suara. Lagi pula, enggak ada yang peduli kalau kamu bisa twerking di hutan.

7. Membantu membuang sampah

via pixabay.com

Menjaga agar diri sendiri menjaga alam memang baik, namun kalau kamu ikut membantu melestarikan alam dengan membuang sampah yang ada, itu baru hebat. Kalau kamu melihat ada sampah, luangkan waktumu untuk membersihkan dan membuangnya di tempat yang disediakan.

Kalau kamu melihat ada rokok atau api unggun yang masih ada bara apinya, segera matikan. Melakukan yang lebih untuk alam enggak ada ruginya kok.

Apakah kamu punya pengalaman berwisata ke cagar alam dan tahu hal lainnya yang harus diperhatikan oleh pengunjung lainnya? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini.


 

 

Leave a Reply