5 Keuntungan Bangun Pagi untuk Digital Nomad

Hi, digital nomad dan para pekerja kreatif! Jam berapa kalian bangun hari ini? Apa saja yang kalian lakukan setelah bangun pagi? Apa kalian merasa hari-hari kalian produktif baik kemarin atau hari ini? Jika tidak, apa yang menghalangi kalian untuk produktif?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul ketika saya merasa waktu terbuang sia-sia atau tidak maksimal. Ini dikarenakan semangat bekerja saya mulai kendor dan banyak tugas yang menumpuk dan tidak terselesaikan. Digital nomad dan para pekerja kreatif seperti saya memiliki waktu bekerja jauh lebih fleksibel jika dibandingkan karyawan yang bekerja di perusahaan.

Namun tentunya kita terkadang lalai terhadap waktu, padahal mendisiplinkan diri itu perlu. Bahkan bisa jadi di antara kita yang memutuskan mengambil jalan hidup sebagai digital nomad, pekerja kreatif, dan entrepreneur karena tidak suka bangun pagi. Padahal bangun pagi memiliki banyak sekali keuntungan. Berikut adalah keuntungan bangun pagi yang bisa kamu dapatkan:

1. Kita Semua Hanya Punya Waktu 24/7

5 Keuntungan Bangun Pagi
Time flies via pexels.com

Kita semua hanya punya waktu 24/7 setiap harinya. setiap orangnya sama, tidak kurang tidak lebih. Tantangan kita adalah bagaimana caranya memaksimalkan waktu yang kita punyai tersebut setiap harinya. Dengan bangun pagi kita bisa melakukan berbagai hal lebih awal dan melakukan hal-hal yang tidak bisa kita lakukan jika memutuskan bangun siang.

2. Kita Punya Kesempatan Untuk Memiliki Me Time

5 Keuntungan Bangun Pagi
via pixabay.com

Percayalah, tidak setiap saat kita memiliki me time kecuali kita betul-betul meluangkannya. Dengan bangun pagi kita punya kesempatan untuk diam, merenung, dan berpikir sejenak tentang kesalahan-kesalahan kita, pencapaian kita, apa yang kurang dari kita dan harus kita perbaiki, apa yang ingin kita capai hari itu.

3. Kita Punya Waktu Untuk Meditasi

5 Keuntungan Bangun Pagi
via pexels.com

Meditasi adalah pilihan, sesuatu yang bisa kamu lakukan jika mau. Meditasi dan mengatur pernapasan akan menenangkan pikiran. Jika kamu melakukannya di pagi hari, ini akan berdampak positif terhadap fokus pencapaian kerja kita hari itu.

4. Kita Memulai Lebih Awal

5 Keuntungan Bangun Pagi
via pexels.com

Tidak semua orang menyadari pentingnya waktu terhadap kehidupan yang kita jalani. Mungkin kita baru menyadari hal itu ketika sudah kehilangan kesempatan. Atau merasakan pengalaman yang erat sekali kaitannya dengan kematian seperti yang dialami oleh Steve Jobs ataupun Matt Sakaguchi.

Kematian adalah pasti untuk semua orang. Bagi orang-orang kreatif yang punya banyak sekali ide di kepalanya dan ingin merealisasikannya, jika boleh memilih mereka pasti tidak ingin mati tetapi ingin terus berkarya. Bahkan jika bisa kembali ke masa lalu, kita pasti akan memberi tahu diri kita di masa muda untuk mulai melakukan apa yang sekarang kita lakukan atau ingin kita lakukan lebih awal.

Nah dengan bangun pagi, kita bisa memulai lebih awal dengan skala yang berbeda. Tetapi jika kita berhasil mengulangi kebiasaan ini maka 5-10 tahun mendatang kita akan berterima kasih kepada diri kita karena tidak bermalas-malasan.

5. Kita Menyelesaikan Lebih Banyak Hal


Dengan memulai lebih awal, kita memiliki lebih banyak waktu bekerja. Kita juga bisa melatih fokus kita, tentunya dengan fokus kita juga bisa meningkatkan jumlah pekerjaan yang bisa kita selesaikan hari itu.

Ingin mendapatkan keuntungan-keuntungan bangun pagi dan meraih kesuksesan? Yuk dimulai dari sekarang!