5 Hal Menarik dari Wisata Monas

Monumen Nasional atau lebih akrab dengan nama Monas merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Jakarta. Monas menjadi sebuah ikon wisata bagi Jakarta, sehingga bagi orang daerah yang jauh-jauh datang pastilah menyempatkan mengunjungi ke wisata sejarah ini. Meski begitu tetap saja wisata Monas kurang begitu di ekspos oleh pemerintah.

Banyak dari wisatawan yang hanya menghabiskan waktu untuk bersantai atau berfoto di halaman monas yang luas. Padahal monas memiliki hal menarik lainnya lho. Berikut lima hal menarik dari Wisata Monas yang wajib kamu ketahui.

Monas Memiliki Halaman Luas yang Bisa Digunakan Untuk Bersantai

5 Hal Menarik dari Wisata Monas
via wikimedia.org

Minggu pagi merupakan waktu yang tepat untuk kamu mengunjungi lokasi ini. Warga Jakarta biasanya mengunjungi Monas untuk melakukan olahraga di halaman yang luas ini. Selain itu banyak juga yang sengaja mengunjunginya untuk sekedar bersantai menghirup udara segar Jakarta yang belum tercemar polusi.

Selain untuk bersantai dan beroalahraga, biasanya halaman luas Monas ini sering dimanfaatkan brand-brand terkenal untuk melakukan acara promosi produk mereka. Bentuk acaranya biasanya seperti konser, senam bareng, dan acara yang lainnya.

Halaman Monas juga merupakan tempat yang pas untuk berfoto ria. Kamu bisa mengambil pose sedang memegang emas monas, atau gaya-gaya unik lainnya. Jangan khawatir, jika kamu tidak membawa kamera akan ada bapak-bapak tua yang menawarkan jasa foto langsung jadi dengan berbagai fose yang unik. Harganya pun masih cukup terjangkau untuk mengabadikan momen kamu di tempat wisata ini.

Nah kabar gembiranya untuk menikmati halaman Monas yang luas ini. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, alias GRATISSS. Mungkin hanya biaya parkir bagi kamu yang membawa kendaraan. Jadi tidak sampai merogoh kocek keuangan kamu yaa.

Ada Museum Cawan di Monas

5 Hal Menarik dari Wisata Monas
via wikimedia.org

Selain memiliki halaman yang luas untuk bersantai atau sekedar berfoto. Monas juga mempunyai museum yaitu Museum Cawan. Terletak di dalam bangunan Monas yang menyajikan sejarah-sejarah Indonesia termasuk saat proklamasi kemerdekaan.

Kali ini kamu harus membeli tiket masuk seharga Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak. Loket untuk membeli tiket masuknya cukup sulit ditemui bagi orang yang baru pertama kali ke sini. Kamu bisa menemukan loket tersebut dengan cara menuruni tangga untuk bisa membeli tiket masuknya.

Sebaiknya kamu mengunjungi Monas di hari senin dan libur hari besar karena loket masuknya tutup pada hari itu. Selain hari itu, kamu bisa membelinya dari pukul 8 pagi sampai 4 sore.

Menikmati Landscape Jakarta dari Puncak Monas

5 Hal Menarik dari Wisata Monas
Pemandangan dari atas Monas via flickr.com/photos/thisisinbalitimur/22658831770

Setelah kamu membeli tiket masuk ke gedung Monas, maka tidak sah rasanya jika tidak mencoba melihat pemandangan kota Jakarta dari atap Monas. Kamu bisa naik ke atap Monas dengan membeli tiket tambahan seharga Rp10.000 per orang.

Tapi untuk naik ke atap Monas, sebaiknya kamu sudah mengantri tiket sejak pagi ya. Hal ini dikarenakan liftnya hanya berkapasitas maksimal 10 orang. Saking banyak wisatawan yang ingin naik, biasanya antriannya sangat panjang untuk bisa naik ke atap Monas ini.

Setelah sampai puncak monas, akan ada teropong yang bisa kamu gunakan untuk bisa melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian Monas. Kamu bisa menikmati sudut demi sudut kota Jakarta dari teropong-teropong ini. Bagi kamu yang akan ke Monas maka wajib kamu mencoba yang satu ini.

Ada Museum Gajah di Dekat Monas

5 Hal Menarik dari Wisata Monas
via wikimedia.org

Selain museum Cawan, adalagi museum gajah yang lokasinya tidak jauh dari Monas. Meskipun bernama museum Gajah, bukan berarti di dalamnya disajikan tentang hal-hal mengenai gajah ya. Penamaan ini digunakan karena terdapat sebuah patung perunggu yang berbentuk gajah sumbangan dari Raja Chulaalongkorn (Rama V) yang berasal dari Thailand pada tahun 1817.

Di dalam museum ini memarkan banyak macam arca. Tidak heran jika museum ini juga sering disebut sebagai museum arca di kalangan para wisatawan. Sungguh sangat disayangkan jika kamu tidak bisa melihat koleksi arca dari museum ini saat sedang berkunjung ke Monas.

Monas dekat dengan Bangunan Penting di Jakarta

5 Hal Menarik dari Wisata Monas
via wikimedia.org

Selain Museum Gajah atau Arca, ada lagi beberapa bangunan penting lainnya seperti Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Juga Istana Negara. Dengan berkunjung ke Monas dan tempat-tempat yang menarik di sekitarnya bisa menambah koleksi fotomu di instagram. Jadi, sayang sekali jika tempat-tempat ini kalau terlewatkan.

Itulah tadi lima hal menarik dari wisata Monas. Bagi yang belum pernah ke atas Monas, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya dan naik ke atasnya? Yuk tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply