5 Tanda Orang Introvert yang Harus Kamu Ketahui

Mungkin kamu percaya bahwa semua orang yang introvert itu pemalu. Namun, ternyata tanda orang introvert itu enggak hanya pemalu. Kalau kamu selama ini berpikir kalau orang introvert susah bergaul, maka kamu perlu mempelajari lebih banyak lagi tentang mereka. Berikut adalah tujuh tanda seorang introvert yang harus kamu ketahui.

1.     Suka mengamati dan mendengarkan

5 Tanda Orang Introvert yang Harus Kamu Ketahui
Tanda orang introvert via pixabay.com

Orang introvert cenderung memperhatikan dan mengamati segala sesuatu. Aktivitas otaknya justru akan meningkat ketika ia diam mengamati sesuatu dengan seksama. Hal ini membuatnya mampu menyerap banyak informasi dan mengetahui hal-hal detail yang orang lain enggak perhatikan.

Selain itu introvert adalah pendengar yang baik karena ia mendengarkan untuk memahami. Ia memperhatikan bukan hanya secara verbal, tapi juga dari emosi, bahasa tubuh, perilaku ke orang lain dan sebagainya. Perilaku ini membuatnya pintar dalam menilai karakter orang lain, dan bukan sekedar dari apa yang terlihat.

2.     Merasa kesepian di keramaian

5 Tanda Orang Introvert yang Harus Kamu Ketahui
Dalam keramaian terasa sepi via pixabay.com

Tipe orang introvert enggak suka dengan keramaian. Kalaupun ia datang ke sebuah pesta, ia akan duduk tenang atau berkumpul dengan orang-orang yang dia kenal dan membuatnya nyaman. Basa-basi hanya akan membuatnya tersiksa. Pulang dari pesta ia akan menyendiri untuk mengisi tenaganya kembali.

3.     Sendirian? Ngga masalah!

5 Tanda Orang Introvert yang Harus Kamu Ketahui
Menikmati kesendirian dengan alam via pixabay.com

Ketika orang ekstrovert merasa bosan ketika sendirian, maka berbeda dengan orang introvert. Ia malah akan menikmati kesendiriannya dengan melakukan apa saja yang ia mau. Jadi jangan salah kalau sendirian itu membosankan. Bagi ia, kesendirian itu menyenangkan dan meningkatkan sisi kreativitasnya.

4.     Dekat dengan orang-orang tertentu saja

5 Tanda Orang Introvert yang Harus Kamu Ketahui
Orang introvert sangat selektif dalam memilih teman via pixabay.com

Introvert bukanlah orang yang anti-sosial, namun ia adalah orang yang enggak mudah dekat dengan orang lain. Mereka sangat menjaga privasinya. Dengan begitu ia akan sangat selektif dalam memilih teman-teman yang dia bisa terbuka.

Ketika ia menerimamu sebagai teman, ia bisa menjadi teman yang dapat kamu andalkan. Di media sosialnya, ia hanya akan menambahkan orang-orang terdekatnya dan mengunci akunnya.

5.     Lebih senang menulis dibanding berbicara

5 Tanda Orang Introvert yang Harus Kamu Ketahui
Mereka juga selektif dalam mengangkat telepon via pixabay.com

Dalam komunikasi, introvert lebih senang menulis dibanding berbicara. Hal ini yang membuatnya lebih pintar menulis dibanding berbicara. Dengan menulis, ia memiliki waktu yang banyak untuk berpikir. Salah satu contoh, ketika introvert mendapatkan pesan lewat gawai atau email, ia enggak akan langsung membalasnya melainkan membaca dengan baik terlebih dulu.

Nah itu tadi adalah lima tanda orang introvert. Apakah kamu salah satunya?


 

Leave a Reply