5 Tips Kerja Sampingan untuk Pegawai Kantor agar Enggak Keteteran

Semua butuh uang dan semua suka uang. Kamu suka uang kan? Itu sebabnya sekarang punya kerja sampingan bukan hal aneh lagi. Apalagi kalau kamu termasuk generasi milenial yang kreatif dan punya banyak impian. Bisa jadi kerja sampingan tersebut malah jadi karier utama yang menghasilkan uang dan sesuai dengan passion.

Namun, bukan berarti kerja sampingan segampang itu. Biar kamu makin makmur tapi enggak keteteran, yuk baca 5 tips kerja sampingan untuk pegawai kantor ini.

1. Pilih pekerjaan yang kamu suka dan kuasai

tips kerja sampingan untuk pegawai kantor
via staticflickr.com

Hal terpenting yang harus dipertimbangkan ketika melakukan pekerjaan sampingan adalah memilih pekerjaan yang kamu sukai. Kenapa? Karena ketika sudah capek dan stres dengan pekerjaan utama kita, tentu akan malas sekali untuk melakukan pekerjaan sampingan yang enggak kita sukai. Kamu perlu melakukan pekerjaan sampingan yang ketika kamu lakukan akan membuatmu senang dan bahkan menunggu-nunggu untuk mengerjakannya.

Kalau kamu enggak yakin pekerjaan apa yang perlu kamu lakukan, kamu bisa menanyakan 3 pertanyaan ini, “Apa keahlian yang kamu punya?”, “Keahlian apa yang sering dipuji oleh teman-temanmu?”, “Apa yang sering kamu lakukan pagi-pagi di akhir pekan?”. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini bisa menunjukkan apa yang suka dan mampu kamu lakukan.

2. Perbaiki pengelolaan waktumu

tips kerja sampingan untuk pegawai kantor
via pixabay.com

Memiliki pekerjaan utama apalagi ditambah dengan pekerjaan sampingan tentu saja akan membuatmu serasa ingin membelah diri. Belum lagi kalau ada ajakan teman-teman untuk ngumpul atau kalau sudah berkeluarga, waktu untuk keluarga. Waktu enggak akan nambah, jadi satu-satunya cara adalah memanfaatkan setiap saat waktumu dan mengelolanya dengan baik.

Kamu bisa menggunakan berbagai teknik dari pomodoro, delegasi tugas, menggunakan aplikasi atau jasa yang memudahkan kegiatanmu, sampai mengefektifkan kegiatanmu sehari-hari. Caranya segudang asal kamu mau mencoba dan disiplin menjalaninya.

3. Kelola waktu liburmu

via staticflickr.com

Kalau kamu punya pekerjaan sampingan, mau enggak mau kamu harus memiliki pola pikir baru dalam menggunakan waktu liburmu. Kalau hari-harimu sudah sibuk dengan pekerjaan utama, berarti kamu perlu memanfaatkan akhir pekan dan hari libur. Namun bukan berarti kamu harus kerja terus sampai kelelahan.

Kamu perlu melihat pekerjaan sampingan ini sebagai cara untuk menghabiskan waktu luang yang menyenangkan dan produktif. Kelola pikiranmu agar kamu bisa tetap senang mengerjakan pekerjaan sampingan sama seperti kalau kamu memilih main golf saat akhir pekan.

4. Jangan kucing-kucingan dengan kantormu

via pxhere.com

Salah satu hal terpenting yang harus dipikirkan sebelum mulai kerja sampingan adalah, apakah diperbolehkan oleh kantormu. Beberapa perusahaan akan meminta komitmen dari pegawainya untuk enggak terlibat dengan bisnis atau pekerjaan sampingan kecuali kegiatan non profit. Apalagi kalau kamu berada di jajaran manajemen dan direksi. Jadi, periksa dulu agar kamu enggak malah kehilangan pekerjaanmu.

5. Mulai pelan-pelan

via pexels.com

Saat pertama melakukan pekerjaan sampingan, hindari langsung ngoyo mengeluarkan banyak energi atau mengambil banyak proyek sekaligus. Kamu akan ngos-ngosan mengelola waktu dan energi karena kamu belum memahami ritme dan pola yang dibutuhkan.

Selain kamu jadi kelelahan fisik dan mental, kerjaanmu juga jadi kacau. Mulai pelan-pelan dan pelajari situasi. Kalau sudah mulai terbiasa, mulai naikkan beban kerja sampinganmu. Ingat untuk menentukan batasanmu ya. Jangan sampai kamu jadi malah terlalu banyak bekerja.

Menuutmu, kira-kira pekerjaan seperti apa yang bisa kamu ambil untuk pekerjaan sampingan kamu? Yuk share jawabanmu di kolom di bawah ini.


 

Leave a Reply