7 Masalah yang Bikin Bisnismu Kehilangan Profit

Kamu merasa bisnismu mandeg atau bahkan makin mundur padahal kamu merasa sudah melakukan semua cara? Ada baiknya kamu mulai melihat dengan lebih teliti lagi. Ada banyak masalah bisnis yang menghilangkan profit tanpa kita sadari. Yuk baca yang di bawah ini.

1. Proses yang tidak efisien

via pioneerrx.com

Kegiatan dan proses yang tidak efisien akan sangat merugikan bisnismu. Apakah kasirmu cukup cepat melayani pelanggan? Apakah bagian produksi sudah cukup efisien? Kamu perlu menemukan apa yang memperlambat aktifitas bisnismu dan membuat perubahan secepatnya.

Selain itu cermati apakah pengeluaranmu sudah dilakukan pada pos-pos yang tepat? Misalnya, apakah kamu mengeluarkan banyak uang untuk membayar pegawai penuh waktu, padahal kamu hanya perlu membayar pekerja freelance?

Perhatikan juga alur kerja atau workflow-mu. Terutama pada bisnis yang memerlukan kecepatan seperti restoran. Apakah alur komando sudah jelas? Apakah ada pos-pos yang memperlambat kerja tim, seperti komunikasi antara pelayan dan dapur yang kurang sigap?

2. Promosi dan marketing yang tidak sesuai

7 Masalah yang Bikin Bisnismu Kehilangan Profit
via pexels.com

Dari awal kamu perlu menentukan siapa segmentasi bisnismu dan menentukan arah promosi dan pelayananmu. Sehingga kamu tidak buang-buang waktu dan sumber daya untuk melakukan promosi kepada segmentasi yang tidak memiliki potensi.

Hindari juga terlalu nyaman dengan taktik marketing yang sudah ada. Terus update promosi dan marketing-mu agar mengikuti perubahan pasar dan jaman.

3. Akunting yang buruk

7 Masalah yang Bikin Bisnismu Kehilangan Profit
via pixabay.com

Dalam menjalankan bisnis, tidak ada alasan untuk malas dalam melakukan proses akunting yang baik dan terperinci. Tanpa kegiatan akunting yang baik, akan mustahil untuk mengawasi keluar masuk uang.

Kamu juga akan sangat kesulitan untuk melihat pembelian, proyek, klien, atau produk mana yang mengeluarkan lebih banyak daripada menghasilkan. Akhirnya pengeluaranmu akan lebih besar daripada pendapatanmu secara keseluruhan.

Selain itu, kamu tidak akan mampu melihat rincian transaksi dan pengeluaran-pengeluaran kecil yang sebenarnya sangat penting dalam meraih profit. Padahal, kalau kegiatan akuntansimu baik, kamu bisa melihat mana pembelian yang bisa dihemat atau dihentikan sama sekali.

4. Rekening bisnis yang tidak terpisah

via pixabay.com

Jangan pernah mencampur rekening bisnis dengan pribadi. Kalau kamu tidak memiliki rekening terpidah, bagaimana kamu tahu uang mana yang kamu gunakan? Sudah pasti uangmu akan tercampur. Hal ini akan membuat resiko bisnismu kehilangan keuntungan semakin meningkat.

5. Tidak memiliki akun media sosial

7 Masalah yang Bikin Bisnismu Kehilangan Profit
via pexels.com

Saat ini semua orang pasti memiliki akun media sosial, dari bisnis kecil sampai perusahaan multinasional. Media sosial, terutama untuk bisnis kecil, sangatlah penting karena mampu mempromosikan bisnismu dengan mudah dan murah.

Kalau kamu enggak punya media sosial, kamu sama saja kehilangan nilai kompetitif yang sangat besar. Kamu akan kehilangan pasar dan pelanggan potensial karena enggak bisa menemukan produkmu ataupun menghubungi bisnismu.

Berikan update secara reguler dari media sosialmu. Berinteraksilah secara personal dengan pelanggan dan calon pelangganmu. Umumkan promosi dan produk terbaru. Dorong agar pelangganmu memberikan rekomendasi dan komentar di akunmu. Hal ini akan semakin membangun nama baik bisnismu.

6. Harga produk yang tidak pas

via pexels.com

Penentuan harga produk atau jasamu juga sangat menentukan. Kalau kamu memberi harga terlalu tinggi atau terlalu rendah, besar kemungkinan kamu akan kehilangan keuntungan.

Biasanya orang menerapkan dua metoda penentuan harga ini: pertama adalah penentuan berdasarkan pengeluaran produksi ditambah dengan keuntungan yang ingin kamu dapatkan, atau harga yang ingin kamu tawarkan pada pelanggan dan sesuaikan biaya produksi serta profit berdasarkan harga tersebut.

Harga yang baik adalah yang berada di tengah-tengah. Tidak terlalu mahal sehingga pelanggan berpikir dua kali untuk membeli, namun tidak terlalu rendah sehingga kamu akan kehilangan profit.

Lakukan analisa pasar untuk segmentasi pelangganmu. Pelajari kompetitormu berapa harga yang mereka kenakan untuk produk yang sama. Serta tanyakan pelanggan atau calon pelanggan mengenai harga yang kamu kenakan untuk suatu produk.

7. Tidak memanusiakan pelanggan

via influitive.com

Seringkali kita berkutat terlalu banyak pada untung rugi dan hal-hal teknis lainnya sehingga kita melupakan bahwa kita sedang berurusan dengan pelanggan kita, yaitu manusia biasa. Mereka ingin diperlakukan dengan penuh perhatian dan bukan hanya sekedar penghasil uang.

Ciptakan koneksi yang personal dengan para pelangganmu. Berikan perhatian-perhatian kecil kepada pelangganmu. Panggil nama bagi pelanggan tetap. Simpan data seperti ulang tahun pelanggan sehingga kamu bisa memberika hadiah seperti kupon diskon saat mereka ulang tahun. Simpan catatan pembelian untuk melihat kebutuhan dan kesukaan pelangganmu.

Jika pelanggan atau calon pelanggan melayangkan pertanyaan atau keluha, segera tanggapi. Ciptakan alur kerja agar responmu cepat, tepat dan bebas kesalahan.

Apakah kamu punya tips lainnya agar suatu bisnis enggak kehilangan profit? Tulis tips kamu di kolom komentar di bawah ini ya.


 

Leave a Reply