Miliki Kartu Debit Mandiri Berlogo GPN dan Dapatkan Manfaatnya

Pada tanggal 9 April 2019 lalu Bank Mandiri menjadi bank pertama yang menerbitkan kartu debit mandiri berlogo GPN. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional yang berlogo Garuda Merah ini adalah sebuah program pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan sistem pembayaran nasional dan kedaulatan ekonomi Indonesia. Kalau kamu tertarik dengan sistem pembayaran yang aman, andal dan terpercaya, berarti kamu harus baca terus.

Miliki Kartu Debit Mandiri Berlogo GPN dan Dapatkan Manfaatnya
via bankmandiri.co.id

Apa itu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)?

Gerbang Pembayaran Nasional adalah suatu sistem yang mengintegrasikan sistem pembayaran antarbank di Indonesia. Tujuan dari GPN ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan menekan biaya transaksi antarbank di dalam negeri. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mendorong program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) di Indonesia.

Selama ini transaksi transfer, pembayaran dan penarikan dana antar bank di dalam negeri dikenakan biaya yang mahal. Hal ini dikarenakan proses transaksi tersebut masih dilakukan dengan menggunakan jasa pemrosesan atau prinsipal dari luar negeri. Prinsipal asing tersebut telah lama kita kenal yaitu Visa dan Mastercard.

Dengan adanya GPN maka seluruh pemrosesan transaksi secara domestik dengan berbagai bank dapat dilakukan di dalam negeri dengan mudah dan murah. Selain itu dengan menggunakan kartu debit GPN maka proses transaksi perbankan di dalam negeri juga akan lebih aman

 

Kartu Debit Mandiri berlogo GPN

Sesuai dengan peraturan pemerintah, para nasabah bank wajib memiliki satu kartu debit dengan logo GPN. Kamu bisa mendapatkan kartu debit Mandiri GPN ini dengan cara membuka rekening baru di Bank Mandiri atau menukar ATM/kartu debitmu yang lama. Di bank Mandiri ada 3 (tiga) desain kartu debit dengan logo GPN.

Miliki Kartu Debit Mandiri Berlogo GPN dan Dapatkan Manfaatnya
via bankmandiri.co.id

Perlu diingat, kartu ini hanya bisa digunakan di dalam negeri. Jika kamu suka traveling ke luar negeri, kamu masih membutuhkan kartu yang berlogokan Visa atau Mastercard. Kamu masih bisa memiliki kartu debit dengan prinsipal asing seperti Visa atau Mastercard, serta kartu debit GPN yang digunakan sesuai lokasi transaksi yang kamu lakukan.

Keuntungan-keuntungan Gerbang Pembayaran Nasional

Ada banyak keuntungan dengan adanya Gerbang Pembayaran Nasional dari segi keamanan, efisiensi dan kecepatan proses transaksi. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah:

  1. Terciptanya sistem pembayaran yang interkoneksi dan interoperatibilitas
  2. Tidak harus memiliki banyak rekening bank untuk kenyamanan bertransaksi antarbank
  3. Kartu debit dapat digunakan di mesin EDC, payment gateway, agen, dan ATM mana saja di dalam negeri
  4. Gratis cek saldo atau tarik tunai di ATM beda bank
  5. Biaya administrasi dan biaya transaksi antar bank lebih murah
  6. Meningkatnya keamanan data nasabah dalam melakukan transaksi
  7. Meningkatkan keuangan inklusif dan pengembangan e-commerce
  8. Menghemat devisa dengan tidak menggunakan prinsipal asing
  9. Meningkatnya efisiensi karena pedagang tidak memerlukan banyak mesin EDC
  10. Tarif Merchant Discount Rate (MDR) dari 2-3% turun menjadi 1%

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kartu debit Mandiri GPN dapat dilihat di sini. Tertarik untuk memiliki kartu debit Mandiri berlogo Garuda Merah? Datang saja ke cabang Bank Mandiri terdekat dan nikmati keuntungannya!


 

Leave a Reply