Rekomendasi 7 Wisata Edukasi dan Sejarah di Semarang

Destinasi wisata semarang tidak hanya dikenal dengan wisata kuliner khasnya saja. Tetapi banyak destinasi wisata edukasi dan sejarah di Semarang yang bisa menambah pengetahuan kita.

Semarang terletak strategis di tengah jalur-jalur Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Kota yang terkenal dengan nama Venetië van Java ini memiliki pusat bisnis yang hampir menyerupai dengan kota Jakarta yaitu Kawasan Bisnis Terpadu – Central Business Districts (CBD) dan Simpang Lima City Center (SLCC). Pusat bisnis ini membuat kota Semarang cukup berkembang di Indonesia.

Semarang juga cukup dikenal karena kuliner khasnya. Salah satu yang paling dicari adalah lumpia semarang. Tidak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi kota ini penasaran dan memborong kudapan khas Semarang ini untuk dibawa pulang.

Selain itu juga kota Semarang tidak saja memiliki tempat-tempat bersejarah, tapi juga tempat-tempat untuk wisata kuliner yang sudah dikenal oleh para wisatawan domestik dan juga mancanegara. Berikut ini adalah tujuh desinasi wisata edukasi dan sejarah yang bisa kamu kunjungi di Semarang.

1. Museum MURI

Saat traveling ke Semarang kamu bisa mengunjungi Meseum Rekor-Dunia Indonesia (Museum MURI). Museum ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No 275, Semarang, Jawa Tengah.

Di sini kamu bisa melihat data, foto dan juga benda bersejarah. Dibangun sejak 1990 oleh Jaya Suprana, lembaga ini adalah lembaga pertama yang menyimpan dan menjaga data-data rekor nasional sampai dengan rekor dunia

Kamu bisa mengunjungi museum ini secara percuma (tiket masuk gratis). Asiikk kan? Kamu bisa melihat rekor-rekor yang ada di Indonesia dan dunia di museum ini dengan puas mulai pukul 09.00 sampai 14.00.

2. Lawang Sewu


Pada awal pendiriannya lawing sewu atau yang artinya seribu pintu digunakan sebagai kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau disingkat NIS. Bangunan ini telah didirikan sejak tahun 1907 dan proyek pembangunannya sudah dibuat sejak 1904. Gedung ini berada di bundaran Tugu Muda yang dulu dinamakan Wilhelminaplein.

Meskipun namanya seribu pintu, tetapi Lawang Sewu tidak benar-benar memiliki seribu pintu. Bangunan ini dikenal sebagai seribu pintu karena memiliki banyak jendela besar dan juga tinggi yang sering dianggap sebagai pintu.

Selain sebagai kantor NIS, bangunan ini juga pernah digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DAKRI) atau sekarang ini lebih dikenal sebagai PT Kereta Api Indonesia. Gedung ini juga pernah dipakai sebagai kantor Badan Prasaran Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

3. Taman Budaya Raden Saleh (TBRS)

A post shared by dolan-dolan (@dolanmrene) on


Kota Semarang juga memiliki Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) atau dahulu dikenal sebagai Taman Hiburan Rakyat. TBRS pernah dijadikan sebagai Kebun Binatang Semarang, namun setelah pindah taman ini beralih nama menjadi Taman Budaya Raden Saleh (TBRS).

Saat ini TBRS dijadikan sebagai pusat kesenian dan kebudayan Jawa Tengah. Dinamakan TBRS karena terinspirasi dari seorang pelukis Indonesia yang cukup terkenal yaitu Raden Saleh Sjarif Boestaman.

3. Sam Po Kong

A post shared by Yoga Adhiatma (@yoga_adhiatma) on


Laksamana Tiongkok beragama islam yaitu Laksamana Cheng Ho pernah singgah di Kelenteng Gedung Batu atau Sam Po Kong. Tidak heran saat kamu mengunjungi kelenteng merah atau kelenteng gedung batu akan menemukan patung besar yang merupakan patung Laksamana Cheng Ho.

Patung tersebut berada di dekat pintu dan kuil. Saat kamu berkunjung ke sana, khususnya kamu yang beragama Buddha, selain berwisata juga bisa sekalian beribadah di sana.

4. Taman Marga Satwa Semarang

sumber : tribunnews

Bagi pecinta binatang, kota Semarang memiliki salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi yaitu, Taman Marga Satwa Semarang. Taman ini terdapat sedikitnya 40 jenis satwa dan jumlah ini akan terus bertambah setiap periodenya. Setiap jenisnya terdapat 2-6 satwa yang tinggal di taman ini.

Kamu bisa mengajak keluarga besar khusunya adik dan keponakan kamu untuk mengenalkan dunia satwa sejak dini secara langsung di Taman Marga Satwa Semarang.

5. Kota Lama Semarang

sumber: wikimedia

Selain kota tua di Jakarta, Semarang pun memiliki kota tua yang dinamakan Kota Lama. Di Kota Lama Semarang ini kamu akan menemukan banyak peninggalan sejarah dari zaman penjajahan yang dialami oleh Indonesia.

Kawasan ini memiliki banyak destinasi wisata disekitarnya yang juga bisa kamu kunjungi, seperti Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, Persimpangan di Tengah Kota Lama, Gereja Blenduk dan Polder Air Tawang. Destinasi tadi memiliki keunikan sejarahnya tersedniri lho.

6. Candi Gedong Songo

Semarang juga memiliki destinasi candi yang bisa kamu kunjungi yaitu Candi Gedong Songo. Berada di ketinggian 1.200 MDPL, suhu di kawasan candi ini cukup dingin yaitu sekitar 19-27 °C. Candi ini berlokasi di desa Candi, kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, lebih tepatnya di lereng Gunung Ungaran.

Raffles menemukan kawasan candi ini pada tahun 1804 yang ternyata merupakan peninggalan budaya Hindu di zaman Wangsa Syailendra abad ke 9 sekitar 927 masehi. Di lokasi ini terdapat sedikitnya 9 buah candi. Selain candi-candi, kamu juga bisa mengunjungi mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan juga wisata berkuda.

Semarang memang tidak hanya menyajikan wisata yang bisa menghibur para pengunjungnya. Melainkan juga terdapat destinasi wisata yang bisa menambah wawasan khususnya bagi adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah.

Saat liburan nanti dan berkunjung ke Semarang jangan lupa untuk semptakan berkunjung ke 7 wisata edukasi dan sejarang ini yaa. Selamat berlibur…


 

Leave a Reply