Dari Lima Tipe Kepemimpinan Ini, yang Mana Tipemu?

Setiap orang adalah pemimpin untuk dirinya sendiri. Masing-masing orang juga memiliki potensi untuk menjadi pemimpin bagi orang lain. Namun menjadi seorang pemimpin untuk orang lain enggak mudah. Oleh karena itu setiap orang secara otomatis akan memiliki gayanya masing-masing untuk menjadi pemimpin yang sesuai dengan karakternya. Berikut adalah lima tipe kepemimpinan. Kamu tipe yang mana?

1.      Demokratis

via pixabay.com

Menurut para peneliti, pemimpin yang demokratis adalah pemimpin yang terbuka, pintar, jujur, berani, adil, dan kompeten. Keputusan yang ia ambil adalah berdasarkan nilai dan moral yang dianutnya. Dengan sifatnya yang terbuka ia memberikan kebebasan terhadap bawahannya untuk menjadi kreatif. Ia juga mendengarkan saran dan ide dari timnya tanpa mengacuhkan pendapat yang berbeda atau minoritas.

2.      Instruktur

via pixabay.com

Tipe kepemimpinan ini adalah tipe pemimpin yang memberikan instruksi, tapi bukan perintah yang cenderung agresif. Saat memberikan instruksi ia juga akan memberikan arahan atau penjelasan yang dapat dimengerti dan dilakukan oleh timnya.

Tipe ini tentunya akan sangat berguna untuk anggota tim yang belum berpengalaman. Mereka dapat belajar untuk melakukan suatu proses atau mengatasi suatu masalah dengan instruksi dari tipe pemimpin ini.

3.      Pembimbing

via pixabay.com

Tipe kepemimpinan ini adalah pemimpin yang tahu dengan kemampuan yang dimiliki oleh timnya. Ia juga percaya masing-masing anggota timnya dapat melakukan pekerjaannya dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Disamping memberikan kepercayaan, pemimpin yang menganut tipe ini sesekali akan memberikan saran, nasihat atau dukungan untuk memperlancar proses kerja anggota timnya.

4.      Penginspirasi

via pixabay.com

Pemimpin yang menginspirasi adalah pemimpin yang terbuka dan mengenal kemampuan timnya dengan baik secara individu ataupun kelompok. Dengan mengenal setiap individu dan kemampuannya, ia dapat memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

Ia enggak sungkan berdiskusi dengan para anggota timnya untuk membangun kepercayaan dan juga untuk mendukung pekerjaan mereka. Dengan memberikan kepercayaan dan dukungan maka ia membangun lingkungan kerja yang nyaman bagi para anggota timnya.

5.      Pendelegasi

via pixabay.com

Pemimpin yang memiliki tipe kepemimpinan ini adalah pemimpin yang mengetahui kemampuan setiap anggota timnya. Ia juga percaya bahwa setiap anggota tim akan melakukan pekerjaannya dengan baik sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dengan begitu ia akan membagikan tugas yang berbeda-beda ke setiap individu dan dengan cara yang tepat.

Pemimpin yang dapat mendelegasikan tugas ke anggota timnya tetap mengikuti setiap perkembangan atau tahapan suatu proses, ia juga enggak akan sungkan untuk turut membantu jika timnya membutuhkannya.

Dari  lima tipe pemimpin di atas, tipe pemimpin mana yang paling mendekati dengan karaktermu?


 

Leave a Reply