5 Kebiasaan yang Perlu Tetap Dilakukan Walaupun Puasa Telah Berakhir

Tak terasa bulan puasa akan berakhir. Selamat ya, buat kamu yang bisa berpuasa selama 1 bulan penuh. Beberapa hal yang wajib dilakukan selama puasa juga tuntas dilakukan. Ada baiknya kamu enggak berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan baik itu walaupun memang sulit dilakukan ketika bulan puasa sudah meninggalkan kita dan kamu enggak harus melakukannya. Berikut adalah 5 kebiasaan yang perlu tetap dilakukan setelah puasa agar hidupmu makin produktif.

1. Bangun di Sepertiga Malam (Sahur)

via wikimedia.org

Ya, betul sekali. Bangun untuk sahur dalam Islam termasuk dalam sepertiga malam. Salah satu hadist Nabi menjelaskan waktu malam dibagi menjadi 3, yakni sepertiga malam pertama (Ba’da Isya – 22.00), sepertiga malam kedua (pukul 22.00 – 01.00) dan sepertiga malam terakhir (pukul 01.00 – Subuh). Berdasarkan penelitian, bangun di sepertiga malam terakhir itu bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kita. Bahkan ini dapat menjadi pilar utama kesuksesan kita dalam menjalankan berbagai macam diet. Tapi hal ini tidak berlaku lho buat kamu yang suka terbangun di malam hari.

2. Mengurangi Efek Negatif dalam Tubuh

via pixabay.com

Jika diibaratkan sebuah mesin, tubuh kita seperti mesin yang terus menerus bekerja. Dengan berpuasa maka kita sedang mengistirahatkan tubuh kita secara lebih banyak. Banyak penelitian yang membuktikan manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan ada juga yang menjelaskan bahwa puasa bisa memperpanjang umur kita. Jadi lebih baik kamu meneruskan puasa di hari biasa yah.

3. Berhenti Merokok

via pixabay.com

Bagi kamu yang kesulitan untuk berhenti mengingglkan kebiasaan buruk seperti merokok maka kamu disarankan untuk berpuasa. Tanpa disadari merokok akan berkurang lho ketika kamu sedang berpuasa. Namun ini tidak berlaku buat kamu yang akan membalaskan dendam merokok ketika saat berbuka.

4. Lebih Disiplin

via flickr.com

Buat kamu yang ingin disiplin dalam waktu maka jawabannya kamu harus rutin berpuasa. Dalam melakukan puasa ada jam-jam yang memang berpengaruh buat kamu yang sulit untuk disiplin dalam menggunakan waktu. Misalkan, jika kamu puasa kamu dibantu bangun pagi untuk melakukan sahur. Berpuasa diyakini juga dapat membuat kamu menjadi lebih sehat, jadi sebaiknya kamu terus berpuasa walau tidak lagi ramadhan.

5. Meluangkan Waktu

via pixabay.com

Benar banget! Buat kamu yang suka berpuasa dan tidak tidur setelah sahur kamu akan punya waktu yang banyak untuk melakukan hal positif. Setelah sahur kamu bisa berolahraga ringan yang dapat membantu kebugaran tubuh kamu. Selain olahraga kamu juga bisa mengerjakan tugas, membaca dan bahkan punya waktu mandi pagi yang lama jadi gak perlu terlambat masuk kantor.

Semoga dengan adanya bulan ramadhan ini kamu bisa membiasakan kebiasaan sehat dengan puasa. Jadi puasa tidak hanya kamu lakukan di bulan ramadhan yang memang sudah pasti wajib dilakukan.


 

Leave a Reply