7 Jenis Musik untuk Meningkatkan Produktivitasmu

Setiap orang mempunyai kesukaan akan jenis musik yang berbeda-beda. Musik dapat menemani kamu melakukan suatu kegiatan, memberikan kamu semangat saat sedih atau memberikan ketenangan. Jenis musik favoritmu juga dapat memberikan energi positif sehingga kamu bisa menggunakannya untuk meningkatkan produktivitasmu. Buat kamu yang senang mendengarkan musik, coba deh tujuh jenis musik yang dapat meningkatkan produktivitasmu berikut ini:

1.      Suara Alam

Apa yang kamu rasakan ketika mendengarkan suara alam seperti suara air mengalir, deburan ombak, hujan, atau keheningan suara alam beserta burung-burung yang berkicau? Pastinya yang kamu rasakan adalah ketenangan dan kedamaian kan?

Menurut para peneliti, mendengarkan suara alam dapat membuat seseorang menjadi tenang sehingga tingkat konsentrasi dan kemampuan kognitifnya meningkat. Kamu juga bisa menikmati suara alam ini untuk menenangkan pikiranmu pada saat weekend.

2.      Musik Instrumental

Lagu dengan lirik akan cenderung membuat orang berpikir. Akibatnya musik seperti ini dapat membuatmu terdistraksi. Pilihlah musik tanpa lirik atau musik instrumental ketika kamu ingin fokus karena jenis musik ini dapat membantumu meningkatkan konsentrasi. Musik instrumental yang dapat kamu pilih misalnya adalah musik dengan instrumen gitar akustik, piano, biola dan instrumen lainnya.

3.      Musik Klasik

Musik Klasik dapat memberikan banyak manfaat seperti  memberikan ketenangan, meningkatkan konsentrasi, kreativitas, mood dan semangat, serta dapat  mempertajam memori. Ketika kamu membutuhkan konsentrasi penuh dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau bersiap-siap untuk melakukan presentasi maka kamu harus mendengarkan musik klasik agar tetap fokus.

4.      Musik Pop-Upbeat

 

Ketika kamu sudah lelah tapi masih ada deadline yang harus kamu kejar, kamu bisa mainkan musik pop-beat yang dapat memberikan semangat. Musik pop-beat juga dapat kamu putar ketika kamu sedang melakukan pekerjaan yang enggak membutuhkan konsentrasi penuh seperti membersihkan rumah dan memasak.

5.      Musik Epik

 

Jika kamu sedang mencari inspirasi untuk membuat sesuatu yang kreatif seperti menulis buku atau mencari objek tulisan, kamu dapat mendengarkan musik epik. Musik epik ini dapat membawamu imajinasimu berkelana. Musik ini juga dapat kamu dengarkan ketika rehat dari kepenatan atau kesibukanmu.

6.      Musik Soundtrack

Mendengarkan musik soundtrack yang menenangkan bisa menjadi pilihan untuk kamu bersantai setelah lelah bekerja. Musik ini juga dapat membuatmu fokus untuk memberikan perhatian sepenuhnya ke alunan musik yang mengalir.

7.      Musik Jazz

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan Musik Jazz. Musik ini bisa menjadi alat untuk terapi untuk jiwa, memberikan rasa nyaman, meningkatkan fokus dan kreatifitas, dan untuk perkembangan syaraf otak.

Musikmu mungkin berbeda dengan jenis musik-musik di atas. Apa musik yang bisa membangkitkan semangatmu untuk tetap produktif?


 

Leave a Reply